Bus Berbahan Bakar Kotoran Manusia

Wow! Bahan Bakar Bus Ini dari Kotoran Manusia dan Limbah

Bus merupakan angkutan umum yang dapat mengangkut banyak penumpang. Di negara-negara maju, angkutan umum seperti ini sangat diperhatikan. Banyak pakar-pakar yang meneliti efisiensi bahan bakar, meminimalisir polusi, sehingga biaya operasional bus murah dan ramah terhadap lingkungan.

Bio-Bus

Bus Diisi Gas Hasil dari Limbah
www.keepo.me

Biometana yang dihasilkan dari limbah lumpur dan limbah makanan memiliki komposisi yang sama dengan gas alam, yang merupakan bahan bakar fosil. Oleh karena itu dapat digunakan sebagai pengganti gas alam, baik untuk pasokan dalam negeri atau sebagai bahan bakar transportasi. GENeco Bio-Bus menunjukkan adanya kemungkinan transportasi yang menggunakan gas. Setelah sukses menjalankan rute percobaan antara Bath dan Bandara Bristol, GENeco Bio-Bus digunakan dalam layanan reguler dalam kota Bristol.

Rute yang dioperasikan oleh First West of England sepanjang rute nomor 2 dari Cribbs Causeway ke Stockwood. 41 seater Scania Enviro 300 panjangnya adalah 12,2 meter dan menawarkan desain yang menarik, menggambarkan sumber bahan bakar yang menjadi bahan bakar untuk bus! Bahan bakar gas disimpan di atas bis dan memiliki tekanan 200 Bar; pada saat tangki penuh bahan bakar mampu membuat bus menempuh jarak sekitar 300 km.

Bus 'Kotoran Manusia' Sedang Beroperasi dari Cribbs Causeway ke Stockwood
wonderfulengineering.com

Dalam kurun waktu satu bulan, setiap rumah tangga di sepanjang rute layanan 2 ini diharapkan dapat mengkontribusikan sampah yang cukup untuk bahan bakar bus menempuh perjalanan sekitar 10,5 km (6,5 mil). Rute layanan 2 ini sekitar 15 mil di setiap arah, berarti itu akan membuat setiap rumah tangga membutuhkan sekitar dua bulan untuk menghasilkan cukup sampah untuk bahan bakar selama perjalanan di atas. 32.674 rumah tangga  di sepanjang jalan bersama-sama dapat menghasilkan cukup limbah dalam kurun waktu satu tahun untuk menjalankan bus dalam menempuh jarak 4,1 juta km (2,5 juta mil).

Peluncuran Bio-bus mengikuti kesuksesan uji coba kendaraan kami, Bio-bug-UK’s First VW Beetle yang digerakkan oleh sampah manusia.

Manfaat untuk lingkungan

Bus Keluar dari Garasi
ap-st.ru

Maraknya penggunaan kendaraan bertenaga gas ini memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan secara signifikan.Pembuangan emisi bahan bakar menawarkan peningkatan kualitas udara yang signifikan dibandingkan dengan diesel.

  • Kurang dari 97% pengurangan emisi partikulat berbahaya ( pm2.5 pm10 ); materi kecil yang bisa melewatil paru-paru ke dalam darah dengan mudah. Penelitian baru-baru ini oleh public health di inggris menunjukkan bahwa 1 dari 20 penduduk di pusat kota akan mengalami kematian dini secara langsung yang disebabkan oleh emisi partikulat.
  • 80-90% pengurangan nitrogen oksida (NOx ). Gas nox tingkat tinggi yang memberikan andil dalam pembentukan hujan asam dan kabut asap kota , dan ada yang berakibat negatif pada pertumbuhan tanaman.
  • Biometana menghasilkan 95% lebih sedikit CO2 dibandingkan diesel;, emisi co2 adalah 20- 30 persen lebih rendah daripada dari kendaraan diesel. Oleh karena itu, dalam jangka panjang, biometana menunjukkan sebuah alternative sumber daya yang berkelanjutan dan dapat diperbaharui untuk bahan bakar fosil.

Armada Bus ‘Kotoran Manusia’ Pertama Inggris Raya

Penumpang Menaiki bus
www.bristol-business.net

Pada kenyataannya, transportasi umum yang ditenagai oleh sampah dan limbah yang dihasilkan manusia bisa menjadi trend besar berikutnya dalam hal energi yang berkelanjutan.

Bio-Bus Inggris memulai peluncuran hari ini, mengandalkan sepenuhnya pada gas biometana yang diproduksi oleh pengolah sampah dan limbah di tanaman yang dijalankan oleh perusahaan bioteknologi GENeco. Bus yang memiliki 40 tempat duduk yang dioperasikan oleh perusahaan Bath bus akan mengantarkan penumpang antara Bath dan bandara Bristol. Dapat menempuh jarak 186 mil di satu tangki gas, yang membutuhkan kira-kira limbah tahunan dari lima orang untuk mengisinya.

Pengisian Bahan Bakar
www.roadgas.co.uk

Yang dikeluarkan oleh bus sebenarnya bisa meningkatkan kualitas udara, karena biometana menghasilkan emisi lebih sedikit dibandingkan dengan bahan bakar diesel. Dalam sebuah peluncuran, general manager GENeco Mohammed Saddiq mengatakan bahwa bio-bus sebenarnya didukung oleh orang yang tinggal di daerah setempat, termasuk sangat mungkin oleh orang-orang di bus itu sendiri.

Keberadaan bio-bus tidak hadir tanpa adanya contoh. Pada 2010, perusahaan Greenfuel Volkswagen mengubah sebuah Volkswagen Beettle agar bisa berjalan dengan biogas. Pada 2009, kota oslo, Norwegia mengubah 80 angkutan umum berjalan menggunakan biometana. Dan beberapa negara eropa seperti Swedia, telah menggunakan biogas untuk bahan bakar kendaraan selama beberapa tahun.

Bus baru keluar dari garasi
www.watson.ch

Gas biometana adalah sumber energi  sah yang dapat diperbaharui. Pemerintah seharusnya tidak boleh mempersulit upaya untuk memperkenalkan bentuk-bentuk baru dari energi kepada sistem angkutan umum. Benar-benar harus ada hasil pembakaran bus di setiap jalan.