memaafkan pasangan membuat hubungan kita terjaga

Tips Menjaga Hubungan Dengan Cara Memaafkan Pasangan

Memaafkan adalah salah satu kunci untuk menjaga hubungan, baik hubungan pertemanan, hubungan dengan kerabat kerja, terlebih hubungan dengan pasangan. Di bawah ini kamu dapat menemukan tips menjaga hubungan dengan cara memaafkan pasangan Anda.

Memaafkan pada arti sebenarnya adalah melepaskan hasrat, kebutuhan, dan ‘hak’ untuk membalas atau pemulihan dari kesalahan yang dilakukan. Dalam memaafkan, kita menolak hak untuk menyimpan kebencian; kita berhenti menghembuskan api kemarahan, dan justru mencari cara mengembalikan yang sudah hilang.

Makna alternatif pada memaafkan adalah untuk mengizinkan sedikit benih kemarahan ditanam, melihat mereka berakar dalam bentuk kebencian yang pada akhirnya menyebabkan terbentangnya jarak dan dinding dalam relationship Anda. Saat ini, Anda mungkin memiliki situasi yang telah mengakar pada hubungan Anda dalam bentuk kebencian, kemarahan, atau merasakan ketidak-adilan. Saat Anda mengalami implikasi dari keadaan ini, pertimbangkan beberapa aspek memaafkan ini:

  • Memaafkan adalah tentang Anda – pilihan Anda untuk melepaskan pengalaman disakiti dan rasa sakit yang ditimbulkan.
  • Memaafkan bukan tentang persepsi orang lain tentang situasi atau hubungan Anda.
  • Memaafkan menawarkan keikhlasan – perasaan ketidaklayakan, ketidakpantasan, dan bebas dari ekspektasi.

Inilah sedikit tips menjaga hubungan dengan cara memaafkan pasangan Anda.

Memaafkan memberikan cara yang unik untuk memperdalam hubungan Anda dan menguatkan apa yang Anda miliki bersama. Saat kita tersakiti, respon alami kita adalah melindungi diri kita untuk memastikan kerugian lebih lanjut tidak terjadi. Ini terjadi lewat pelepasan adrenalin yang menempatkan kita ke respon fight or flight.

Ini dapat mengambil bentuk dari seorang istri/suami yang menarik diri secara emosional, menyembuyikan siapa diri mereka, perasaan cinta mereka, dalam usaha untuk memperkecil kerapuhan mereka akan luka di masa mendatang, usaha untuk melarikan diri dari potensi dilukai. Seseorang mungkin melindungi diri mereka dengan cara menjadi senjata, dengan memiliki gudang senjata berisikan kritik yang siap saat mereka perlu berjuang saat mengantisipasi sesuatu yang dapat memicu luka di masa yang akan datang.

Alternatif dari cara di atas adalah bertahan dengan rasa sakit dan melindungi diri mereka dari luka di masa mendatang dengan memilih untuk memberikan hadiah memaafkan dan melepaskan rasa sakit hati. Nelson Mandela menjelaskan kebencian secara visual, “Kebencian seperti meminum racun dan berharap itu dapat membunuh musuh Anda.”

Tidak ada pemenang saat rasa sakit tidak terselesaikan. Rasa sakit adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang salah dan dalam sebuah hubungan dimana rasa sakit datang melalui kekurang-pekaan, kurangnya dukungan, kesalahpahaman, atau harapan yang tidak terpenuhi, memaafkan menawarkan penawar yang memiliki manfaat berlipat.

Memaafkan membuat kita dapat bergerak melebihi luka kita, untuk menyembuhkan, dan untuk tumbuh. Memaafkan juga memberikan keikhlasan pada pasangan Anda untuk kesalahan yang telah dialami. Memaafkan tidak mencari cara untuk menyamakan keadaan, tidak melihat apakah situasinya adil, dan menghentikan rasa sakit berakar di diri Anda.

Memaafkan adalah tentang membuat diri Anda tetap rapuh dengan harapan dapat tumbuh dalam hubungan Anda. Itu memerlukan hati yang secara suka rela melihat melebihi rasa sakit dan melihat seseorang yang Anda cintai, yang impiannya merupakan impian Anda juga, dan untuk melihat rasa sakit mereka sendiri yang sekarang menjadi milik Anda.

Demikian tips menjaga hubungan dengan cara memaafkan pasangan Anda. Karena memaafkan adalah salah satu anugerah terhebat yang dapat Anda berikan kepada pasangan Anda. Anda melepaskan hak Anda untuk mengambil keadilan terhadap situasi yang Anda hadapi, dan justru menghilangkan perasaan sakit, dengan melihat jauh melebihi rasa sakit itu.

2 thoughts on “Tips Menjaga Hubungan Dengan Cara Memaafkan Pasangan

Leave a Comment