Tips Agar Balita Tidak Takut ke Dokter Gigi

Anak usia dini yang takut ke dokter adalah hal yang wajar, biasanya mereka akan menangis saat diajak ke dokter. bukan hanya kunjungan pertama kali saja anak terkadang takut dan menangis untuk balik, tapi juga setelah kunjungan kedua kalinya pun mereka masih sering merasa takut.

Cara agar balita tidak takut ke dokter gigi memang harus anda pelajari agar anak paham bahwa ke dokter gigi adalah hal baik agar giginya tetap sehat. Memeriksa gigi semenjak usia 1 tahun memang harus dilakukan. Tapi anda harus punya trik agar anak mau diajak ke dokter gigi. apa saja trik-trik tersebut?

TipsĀ Agar Balita Tidak Takut ke Dokter Gigi

balita tidak takut pergi ke dokter gigi

www.formulaoralcare.com

Berikan Informasi

Tips pertama adalah anda harus memberikan informasi kepada anak bahwa merawat gigi adalah hal yang baik. Caranya dengan melakukan permainan tentang gigi, ada aplikasi unik yaitu Toothsavers yaitu game yang mengharuskan pemainnya menyelamatkan tokoh dari mantra pembusuk gigi dari penyihir jahat. di game tersebut juga menyuruh pemainnya untuk menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit. Nah ini adalah cara efektif memberikan informasi kepada anak bahwa gigi harus selalu sehat dan bersih agar tidak busuk.

Bersikap Biasa

Anda berniat mengajak anak ke dokter gigi karena anda ingin memeriksa gigi anda. maka cobalah untuk santai ketika bergegas menuju dokter. apabila anda terlihat cemas dan gusar maka ini akan membuat anak merasa takut pergi ke dokter gigi. ketika diperiksa juga anda harus santai, coba meminta bantuan kepada dokter bahwa anda ingin anak anda melihat bahwa pergi ke dokter gigi tidak menyeramkan.

Bermain Peran-peranan

Anda dapat bermain peran-peranan dengan anak anda misalnya anda dapat menjadi dokter gigi dan anak menjadi pasien. Gunakan kaca dan cobalah memeriksa gigi anak sambil ditunjuk-tunjuk. Anda dapat mengatakan bahwa giginya sudah bersih pasti rajin gosok gigi dan cobalah katakan juga sebaiknya harus diperiksa ke dokter agar giginya tidak berlubang.

Percayakan Dokter Gigi Anak

Anda harus membawa anak ke tempat sesuai dengan usianya. Misalnya ketika anda ingin memeriksa gigi maka bawalah anak ke dokter gigi. dokter gigi anak tentu mengetahui semua hal penting agar anak menjadi nyaman. Tenaga medis dokter anak juga telah dilatih mengenai perawatan gigi. maka tidak jarang jika dokter gigi anak rela bertingkah lucu agar anak tidak menangis lagi.

Cara agar balita tidak takut ke dokter gigi di atas dapat menjadi panduan untuk ibu agar anak tidak takut melakukan perawatan ke dokter gigi. silahkan share ke akun sosial anda jika menurut anda informasi ini bermanfaat dan dapat membantu.

Add Comment