Tata Cara Sholat Tahajud dan Beberapa Keutamaannya

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah terbangun dari tidur. Sholat tahajud juga biasa disebut dengan qiyamul lail atau sholat malam. Sholat tahajud termasuk sholat sunnah mu’akad atau sholat sunnah yang sangat dianjurkan.

Syarat utama sebelum mengerjakan sholat tahajud yaitu tidur. Walaupun sebagian pendapat membolehkan mengerjakan sholat tahajud walaupun belum tidur, namun lebih afdhol jika kita sebelumnya tidur walau hanya sebentar.

Tata Cara Sholat Tahajud

Cara mengerjakan sholat tahajud sama seperti mengerjakan sholat lainnya. Diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Hanya berbeda niat saja.

Niat

Semua amal bergantung kepada niatnya. Maka niatkanlah sholat tahajud ini semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah. Untuk bacaan niat bisa dengan bahasa yang dipahami masing-masing.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Selesai sholat tahajud, dianjurkan untuk memperbanyak beristighfar dan memohon ampun kepada Allah. Karena di waktu tersebut, Allah mengabulkan doa hamba-hambaNya. Dan berdoalah meminta kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta minta dilindungi dari siksa neraka.

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka” (QS. 2:201)

Keutamaan Sholat Tahajud

dedi5611.blogdetik.com
dedi5611.blogdetik.com

Sholat tahajud memiliki banyak sekali keutamaan. Maka dari itu sangat rugi jika kita tidak melaksanakannya. Apa saja keutamaan sholat tahajud? Yuk disimak!

Penghapus Dosa dan Mencegah dari Berbuat Dosa

Orang-orang sholeh selalu melaksanakan sholat tahajud. Karena ibadah ini dapat mendekatkan diri seorang manusia kepada sang kholiq, Allah SWT. Sholat tahajud merupakan salah satu media penghapus dosa. Mereka yang melaksanakan pastinya akan semakin kuat imannya dan mampu untuk menjauhkan diri dari perbuatan dosa besar maupun kecil.

Jaminan Masuk Surga

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali silaturrahim, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah ke surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

Melancarkan Aliran Darah di Tubuh

Sholat tahajud biasanya dilakukan pada sepertiga malam terakhir atau sekitar pukul 03.00 pagi. Sehingga apabila seorang muslim terbangun pada jam tersebut untuk mengerjakan sholat tahajud dan beribadah pada Sang Pencipta, maka tak hanya sekedar berbagi keluh kesah, namun juga memberikan udara segar ke seluruh organ tubuh. Gerakan sholat membuat seluruh otot bergerak sehingga badan menjadi segar dan seluruh aliran darah terasa lancar.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Secara bio-teknologi, shalat tahajud mampu meningkatkan imun atau daya tahan tubuh seseorang. Bagi para penderita kanker yang melaksanakan sholat tahajud akan merasakan manfaat lainnya, yaitu hilangnya rasa nyeri yang kerap melanda. Pada bidang ini, shalat tahajud bermanfaat dalam meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anastesi pra-bedah. Inilah alasan mengapa shalat tahajud sangat baik dilaksanakan oleh penderita penyakit berat.

Shalat yang Paling Afdol Setelah 5 Waktu

Kewajiban setiap muslim di dunia ini yaitu beribadah. Salah satunya yaitu mengerjakan shalat 5 waktu. Allah SWT sangat menyukai makhlukNya yang selalu mengingatNya baik dalam keadaan senang maupun sedih. Tiada tempat mengadu yang lebih baik selain kepada Allah SWT. Sholat tahajud merupakan ibadah yang paling afdol setelah shalat 5 waktu. Shalat di waktu malam memberi kesempatan kepada kita untuk beribadah lebih khusyu’. Waktu ini juga sangat tepat bagi kita untuk berkeluh kesah dan memohon ampunan kepada Sang Pencipta.

4 thoughts on “Tata Cara Sholat Tahajud dan Beberapa Keutamaannya

  1. min kalo seumpamanya kita dalam keadaan junub, terus malem-malem kebangun dan langsung sholat tahajud, setelah dapat satu rakaat kita baru sadar dalam keadaan junub. itu lanjut sholat apa lanjud tidur? thanks..

Leave a Comment