8 Tanda Anak Cerdas, Orang Tua Harus Tahu!

Banyak hal dapat menjadi patokan atau tanda anak cerdas yang sebaiknya diketahui orang tua. Orang tua memang harus mendidik anak sejak usia dini agar ketika dewasa ia sudah tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berbakat. Tapi apakah anda tahu ternyata ada anak yang dari kecil sudah terlahir dengan cerdas? Apa saja tanda-tanda yang membuktikan bahwa anak anda sudah terlahir sebagai anak yang cerdas?

8 Tanda Anak Cerdas

Tanda anak cerdas banyak sekali
razibkanimaulidan.blogspot.com
  1. Mampu Membaca di Usia Dini

Tanda yang pertama adalah anak anda sudah mampu membaca di usia dini. Daya ingatnya terlihat sangat baik dan ia memiliki kemampuan belajar degan sangat cepat padahal usianya masih dini. Maka orang tua harusnya bangga dengan hal ini teruslah bimbing anak agar menjadi anak yang lebih cerdas lagi.

  1. Mampu Berjalan dan Bicara di Usia Dini

Selanjutnya adalah anak mampu berjalan dan berbicara di usia dini. Kemampuan akan kordinasi tubuhnya berkembang sangat cepat sehingga membuat mereka lebih cepat berjalan dan berbicara. Melihat orang tuanya berbicara ia akan melihat dan mencontohnya.

  1. Aktif Bertanya

Anak yang cerdas tidak akan pernah diam, ada saja pertanyaan yang terlontar dari mulutnya. Ia ingin mengetahui semua hal-hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Mereka getol akan bertanya terus-terusan dan bahkan ia sangat kritis sehingga anda harus mampu memberikan penjelasan yang cukup rinci.

  1. Aktif Beragumentasi

Selanjunya adalah ia aktif beragumentasi, mungkin ini dikarenakan pikirannya yang selalu analitis dan selalu berkembang dengan pesat. Ia sangat senang mengemukakan pendapat atau gagasan serta mereka juga mampu mengekspresikan dirinya menjadi lebih baik.

  1. Tulisan Tanganya Tidak Rapi

Tanda anak cerdas selanjutnya adalah tulisan tangannya tidak rapi. Hal ini dikarenakan jalan pikirannya yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan kemampuan gerakan tangannya dalam menuliskan semua hal yang ada di dalam pikirannya.

  1. Sangat Sensitif

Anak cerdas akan lebih sensitif dalam menunjukkan reaksi atas semua hal yang ada di lingkungannya, bahkan ia memberikan reaksi yang berlebihan. Hal ini dapat menyangkut masalah emosional atau fisik.

  1. Mereka Berpikir Lebih Kreatif

Mereka juga lebih cenderung senang melakukan tantangan yang membuatnya berusaha menciptakan sesuatu baru demi menyelesaikan masalah yang terkadang tidak ada di pikiran orang lain. Ia mampu berpikir sangat kreatif dan ini terkadang membuat orang terpukau karena pikirannya yang lebih dalam.

  1. Dia Sangat Energik

Mereka tidak pernah mengenal lelah, ia sangat suka melakukan semua aktifitas. Maka inilah yang membuat anak cerdas tidak mau tidur siang dan susah tidur walaupun sudah larut malam.

Itulah setidaknya 8 tanda anak cerdas sejak lahir, jadilah orang tua yang pandai memahami keinginan dan bagaimana kemampuan anak.

Leave a Comment