tanaman pengusir nyamuk paling ampuh tanpa efek samping

16 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh dan Aman Tanpa Efek Samping

Tanaman Pengusir Nyamuk – Setelah seharian beraktivitas, tentu saja tubuh harus istirahat. Dan istirahat terbaik yaitu dengan tidur berkualitas. Ya, berkualitas. Karena dengan tidur berkualitas, tubuh akan terasa segar kembali. Namun, jika di rumah kita banyak nyamuk, tentu saja tidur akan terganggu.

Permasalahan nyamuk bukan hanya mengganggu tidur. Tetapi lebih bahaya lagi mengganggu kesehatan kita. Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah, malaria, kaki gajah dan sebagainya. Untuk itu, perlu upaya dalam memelihara rumah kita dari nyamuk.

Di musim peralihan dari kemarau ke musim hujan, akan banyak sekali nyamuk. Upaya pertama tentu saja dengan menajaga kebersihan rumah kita dari sampah, tempat air yang terbuka dan pakaian-pakaian yang digantung. Selain itu ada upaya lain yang harus kita lakukan yaitu dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Di pasaran mungkin sudah banyak produk pengusir nyamuk, mulai dari lotion, spray dan bakar. Namun obat anti nyamuk yang demikian tentu saja memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Untuk itu, tanaman pengusir nyamuk menjadi pilihan utama dalam upaya mengusir nyamuk. Berikut ini beberapa tanaman pengusir nyamuk yang dapat kamu tanam di rumah.

Lavender

tanaman pengusir nyamuk paling ampuh tanpa efek samping
www.pewangilaundry.co.id

Lavender merupakan tanaman pengusir nyamuk yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak sekali produk-produk anti nyamuk yang sering muncul di iklan televisi menggunakan Lavender sebagai bahannya. Sehingga tidak salah jika kita menyebut bunga lavender sebagai bunga anti nyamuk.

Bunga asal Laut Tengah ini sangat tidak disukai nyamuk. Karena bunga Lavender memiliki kandungan linalool dan lynalyl. Dengan kandungan tersebut, nyamuk yang menciumnya akan langsung kabur.

Penggunaan bunga lavender biasanya dijadikan lotion dengan cara menyulingnya. Namun jika kamu yang tidak ingin ribet, kamu dapat menggosokan bunga lavender secara langsung ke area kulit yang terbuka. Cara ini sangat cocok bagi kamu yang hendak pergi ke hutan atau ketika naik gunung.

Bunga Lavender juga disarankan untuk ditanam di sekitar rumah. Selain dapat mengusir nyamuk, bunga lavender juga cukup indah. Aroma wanginya cukup menyegarkan terutama di pagi hari.

Geranium

www.almanac.com
www.almanac.com

Geranium atau biasa disebut Tapak Dara cukup banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman yang mengandung zat geraniol dan sitronelol ini tidak disukai nyamuk. Terlebih lagi kedua zat tersebut sangat mudah terbawa angin, sehingga wanginya menyebar ke sekitarnya.

Geranium biasa dijadikan tanaman pengusir nyamuk indoor. Tempatkanlah Geranium di jendela atau tempat yang dilalui angin. Sehingga aromanya menyebar ke seluruh ruangan. Kita akan merasakan aroma yang cukup menyegarkan dan membuat ruangan bebas dari nyamuk.

Serai Wangi

www.khasiatherba.com
www.khasiatherba.com

Jika kamu suka masak, tentu tidak akan asing dengan tanaman satu ini. Ya, serai wangi biasa dijadikan sebagai bumbu dapur. Namun siapa sangka, jika serai wangi juga mampu mengusir nyamuk. Dalam serai wangi terdapat kandung zat geraniol dan Sitronelal yang sudah kita ketahui kedua zat tersebut tidak disukai nyamuk.

Apabila kamu berpikir akan menanamnya di pot, maka urungkan hal demikian. Karena Serai Wangi hanya cocok ditanam di pekarangan rumah. Tanaman pengusir nyamuk satu ini cukup bandel. Karena tidak perlu perawatan khusus sudah dapat tumbuh dengan subur.

Tanaman Pengusir Nyamuk Lainnya

Selain ketiga tanaman di atas, berikut ini beberapa tanaman pengusir nyamuk yang dapat kamu tanam di rumah, yaitu:

  • Rosemary
  • Zodia
  • Citrarosa Mosquito
  • Akar Wangi
  • Kecombrang
  • Mintrosa of Lady Diana
  • Selasih
  • Suren
  • Lidah Buaya
  • Marigold
  • Lemon Balm
  • Catnip
  • Bunga Tahi Ayam

Itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang tidak memiliki efek samping yang membahayakan tubuh. Artikel ini akan terus diupdate dengan memberikan penjelasan-penjelasan pada setiap tanaman di atas.

Leave a Comment