8 Tanaman Obat yang Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit

Berbagai jenis tanaman mampu tumbuh dengan baik di negara kita. Hal ini lah yang membuat tanah air Indonesia semakin kaya dan dijuluki sebagai negara yang agraris. Seperti Tanaman Obat atau tanaman herbal dapat tumbuh suatu tempat tertentu bahkan kegunaanya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Namun pada kenyataannya banyak yang tidak tahu manfaat dari tanaman yang mampu menyembuhkan beragai penyakit sehingga banyak orang yang memilih untuk berobat keluar negri untuk mengobati penyakit mereka.

Padahal, jika kamu menilik khasiat dari jenis tanaman yang ada di Indonesia, jauh lebih banyak obat yang lebih manjur dari pada berobat keluar negri dan tak terlalu membutuhkan biaya yang tidak semahal jika anda berobat keluar negri. Maka dari itu, kini kamu dapat mengenali macam – macam tanaman obat atau tanaman herbal yang dapat menyembuhkan bebeapa macam penyakit dari kelas yang ringan hingga penyakit yang kelas berat.

Jenis Tanaman Obat

1. Jarak (Ricinus communis)

wikipedia.org

wikipedia.org

Pada dasarnya tanaman jarak memiliki khasiat untuk mengobati rematik dan menenangkan kondisi tubuh. Sedangkan bijinya sendiri dipercaya sebagai obat hernia, kanker rahi dan TBC. Namun bila kamu ingin mengkonsumsinya sebaiknya tetap waspada dan jangan terlalu berlebihan ketika diminum karena bisa saja malah menjadi racun bagi tubuh.

2. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

infopeluangusaharumahan.com

infopeluangusaharumahan.com

Jenis rempah – rempah yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kamu. Biasanya temulawak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu herbal. Menurut kesehatan, tanaman tersebut memiliki kandungan kurkumin tinggi yang mampu berperan penting dalam anti peradangan sampai keracunan empedu. Disamping itu, temulawak juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit hepatitis B yang menjadi faktor utama timbulnya penyakit kanker hati.

3. Daun Dewa (Gynura divaricata)

resep-no1.blogspot.com

resep-no1.blogspot.com

Dibalik namanya, ternyata daun dewa punya khasiat khusus untuk kesehatan. Pasti kamu pernah menemukan berbagai macam produk seperti minyak atsiri, saponin dan lain – lain berbahan dasar daun dewa. Dari situlah peranannya biasa digunakan untuk mengobati stroke, pencegah luka memar bahkan sampai penurun darah tinggi (hipertensi). Kamu juga dapat memanfaatkanya untuk dikonsumsi demi meningkatkan imunitas tubuh.

4. Belimbing (Averrhoa carambola)

cara.media

cara.media

Siapa yang tak kenal belimbing? Tanaman Obat yang satu ini sudah diakui tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Terkenal dengan kandungan vitamin komplitnya mulai vit A, B dan C serta protein hingga kalium. Tidak heran, bila manfaatnya mampu menjaga kesehatan tubuh seperti mengatasi kolesterol tinggi, penurun tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa memakan buah belimbing setiap hari atau secara berkala.

5. Lidah Buaya (Aloe vera)

www.1000macammanfaat.com

www.1000macammanfaat.com

Sudah sejak dulu bahwa lidah buaya digunakan sebagai perawatan kecantikan dan obat tradisional. Berdasar sumber, di negara Jepang telah mengembangkan penelitian terhadap lidah buaya sebagaia obat kanker herbal. Nah, bagi kamu yang ingin memanfaatkanya bisa lewat ekstrak lidah buaya atau mengolahnya jadi menu makanan atau minuman.

6. Buah Makasar (Brucea javanica)

togapuri.com

togapuri.com

Jangan tanya rasanya, tentu saja buah makasar memiliki rasa yang amat pahit. Tapi disisi lain perananya begitu penting untuk mengobati diabetes mellitus utamanya untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Tak hanya itu, buah yang satu ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk kanker serviks. Caranya, siapkan buah makasa kering secukupnya (bisa didapat dari toko – toko herbal) lalu sedu ke dalam setengah cangkir dan konsumsi 1-2 kali sehari.

7. Mengkudu (Morinda Citrifolia)

buah mengkudu adalah tanaman obat

reps-id.com

Tanaman mengkudu ternyata punya julukan – julukan unik di setiap daerah. Misalnya di jawa disebut dengan kudu, di aceh disebut keumeude sedangkan di sunda disebut cangkudu. Disamping banyak nama, tanaman tersebut juga banyak khasiatnya yang salah satunya adalah menjadi obat tradisional untuk jantung koroner. Bahkan bila dikonsumsi secara teratur, dapat pula membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit jantung. Caranya, ambil mengkudu secukupnya lalu haluskan ke dalam blender. Kemudian saring untuk ditambahkan madu dan minumlah sehari 2 kali (setelah makan).

8. Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia)

sungaiwain.org

sungaiwain.org

Tanaman ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Biasnya disebut juga dengan tongkat ali. Kegunaanya adalah dapat membantu untuk memperbaiki kadar testosteron pada pria disamping mengatasi masalah ejakulasi dini. Jadi bagi kamu para pria, bisa memanfaatkanya demi menambah gairah seksual saat berhubungan bersama istri tercinta.

Sekian dulu beberapa jenis Tanaman Obat yang bisa kamu gunakan sebagai bahan tradisional untuk mengatasi permasalahan kesehatan. Terima kasih.

Add Comment