7 Jenis Tanaman Obat Keluarga yang Seharusnya Ada di Pekarangan Rumah Kamu

Tanaman Obat Keluarga – Apa yang terbesit di pikiranmu setelah mendengar kata Tanaman Obat Keluarga? Jenis tanaman ini tergolong penting utamanya sebagai obat tradisional sekaligus alternatif untuk kamu yang kurang cocok mengkonsumsi obat – obatan kimiawi. Perlu diketahui bahwa tidak semuanya tanaman mengandung zat – zat penting untuk kesehatan tubuh.

Oleh karenanya, kamu harus tahu mana diantara tumbuhan atau tanaman yang mengandung zat efektif untuk kesehatan tubuh. Mungkin kamu pernah mengenal beberapa produk herbal dari ekstrak tanaman tertentu yang berkhasiat menyembuhkan penyakit pada umumnya.

Nah, seperti halnya obat herbal, tanaman di bawah ini sebenarnya bisa digunakan langsung untuk mengatasi masalah penyakit sehingga dengan mengetahuinya paling tidak kamu sudah mampu mengenal mana yang cocok digunakan sebagai TOGA. Baiklah, daripada penasaran simak ulasan berikut

Tanaman Obat Keluarga

1. Daun Kemangi

daun kemangi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita

s3hat-only.blogspot.com

Pasti kamu pernah mengkonsumsinya bukan? Lalapan yang satu ini ternyata berguna sekali untuk mencegah bau mulut, sariawan, diare, nyeri payudara serta mengatasi masalah flu. Berdasar penelitian, didapatkan hasil bahwa kegunaanya terbukti mampu mengobati perut kembung, masuk angina, kejang sampai badan lesul. Disisi lain, aroma kemangi sangat efektif sebagai obat nyamuk. Jadi cocok bila digunakan sebagai toga (tanaman obat keluarga).

2. Jeruk Nipis

jeruk nipis juga termasuk tanaman obat keluarga

obatsakit2011.blogspot.com

Bau harum dan rasanya yang sedap tidak hanya berperan dalam mengharumkan makanan tertentu tetapi juga berguna sekali untuk mengatasi beberapa penyakit ringat seperti sakit tenggorokan, peradangan maupun menghilangkan bau mulut. Selain itu, banyak orang menggunakanya sebagai obat disentri, batuk, vertigo, suara serak, menambah nafsu makan, mengatasi flu, demam, amandel hingga penyakit anyang – anyangen (kencing sedikit, terus – menerus dan terasa sakit).

3. Ciplukan

siapa sangka jika ciplukan adalah tanaman obat keluarga

updateterbaruu.tk

Siapa yang tak kenal dengan tanaman ini? Bentuknya nampak terbungkus dengan daun tipis dengan warna hijau muda. Adapun peranannya bisa dijadikan obat herbal demi mengatasi batuk rejan, gondongan, kencing manis, ayan, bronchitis, serta influenza. Namun jangan terlalu banyak jika kamu ingin mengkonsumisnya karena ditakutkan malah membuat kepala terasa pusing.

4. Brokoli

biasanya brokoli dijadikan sayur tetapi juga bisa sebagai tanaman obat keluarga

cakrariau.com

Tanaman Obat Keluarga selanjutnya yakni brokoli. Diketahui bahwa brokoli memiliki kandungan vitamin C, kalsium dan beberapa elektrolit lainya. Dari situlah manfaatnya sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama dalam meningkatkan daya kerja otak. Disamping itu, kamu juga dapat mengkonsumsinya secara berkala sebagai pengganti serat alami yang tinggi daripada harus mengkonsumsi roti (berserat rendah).

5. Daun Dewa

seperti semak belukar biasa, akan tetapi daun dewa merupakan tanaman obat keluarga

resep-no1.blogspot.com

Dari beberapa sumber mengatakan kalo daun dewa memilliki kandungan anti koagulan tinggi. Dengan begitu perananya begitu penting dalam hal pembekuan darah atau menghentikan perdarahan. Jadi, cocok sekali digunaka untuk mengatasi luka – luka seperti tersayat atau terpukul, perdarahan haid (pada wanita) muntah darah dan sebagainya. Selain itu ada peranan lain yang diyakini dapat bekerja efektif yaitu mengatasi kejang, kanker dan menurunkan panas.

6. Belimbing Wuluh

walaupun belimbing wuluh rasanya asem banget, namun buah ini termasuk tanaman obat keluarga

www.bahanalamiobat.com

Rasanya yang asam dan sepah sepertinya membuat setiap orang enggan mengkonsumsi belimbing wuluh. Padahal jika kamu tahuk, ekstrak dari buah tersebut ternyata berperan penting untuk mengobati penyakit – penyakit ringgan seperti rematik, penyakit kulit, sakit gigi, gusi berdarah serta obat tradisonal pegel linu. Jadi tidak ada salahnya bila kamu memelihara tanaman belimbing wuluh di sekitar lingkungan rumah bukan?

7. Jahe

jahe memiliki banyak khasiat, sehingga tidak aneh dijadikan tanaman obat keluarga

7alami.blogspot.com

Jenis rempah – rempah ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Banyak sekali kandungan penting di dalam tanaman jahe mulai dari senyawa oleoresin (gingerol) yang bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dari bahaya zat – zat oksidan tinggi. Terdapat pula sejenis komponen bioaktif sebagai anti penuaan. Tak hanya itu, peranannya pun cukup efektif untuk meningkatkan imunitas, mengatasi mabuk kendaraan, sakit kepala sebelah (migran) dan masuk angina.

Itulah diantara sekian banyak Tanaman Obat Keluarga yang bisa kamu olah serta berguna dalam mempertahankan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Add Comment