Pengertian dan Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Perhatikan benda-benda yang ada di sekitarmu! Dan manakah asal bahan-bahan untuk membuat meja, kursi, semen, pasir, kapur, besi, baja, bensin, minyak tanah, dan benda-benda lainnya?

Manusia memerlukan air. Air digunakan untuk mandi, minum, keperluan industri (pabarik-pabrik), tenaga listrik, transportasi, perikanan dan sebagainya.

Semua itu merupakan bahan-bahan yang didapatkan dari kekayaan alam yang disebut juga sumber daya alam. Sumber daya alam merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Apakah Sumber Daya Alam Itu?

Siapakah di antara kalian yang mengetahui apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? Sumber daya alam ialah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan bagi kepentingan hidup manusia. Oleh sebab itu, kita harus dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan sebaik-baiknya, demi kelangsungan hidup kita dan keturunan kita pada masa yang akan datang.

Dilihat dari jenis kegunaannya, sumber daya alam ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung, ada pula yang harus diolah terlebih dahulu sebelum digunakan. Apa saja jenis-jenis sumber daya alam itu?

Tanah air kita sangat kaya akan sumber daya alam. Kekayaan alam itu ada yang terdapat di dalam dan di permukaan bumi, serta di dalam laut. Kekayaan alam yang kita miliki juga bermacam-macam jenis dan kegunaannya. Sebagian besar kekayaan alam kita telah dapat dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan bangsa dan negara.

Kertas buku yang biasa kamu baca dan tulis, merupakan salah satu hasil kekayaan sumber daya alam. Kertas terbuat dari selulose. Selulose diambil dari kayu yang tumbuh di hutan. Pintu dan jendela rumah, serta perabot rumah tangga yang ada di rumah kita terbuat dari kayu. Kayu diambil dari hutan. Dengan demikian hutan merupakan salah satu kekayaan alam.

Apakah kalian pernah makan ikan? Ikan dan mutiara banyak terdapat di laut. Air laut juga merupakan bahan pembuat garam dapur. Selain hasil yang dapat diperoleh dari dalamnya, laut juga berguna sebagai lalu lintas pengangkutan barang dan orang. Oleh karena itu, laut termasuk salah satu sumber daya alam.

Di rumah, kita memiliki lampu penerangan listrik. Tenaga listrik juga dipergunakan untuk menyetrika pakaian, kebutuhan industri, dan keperluan-keperluan lain. Tenaga listrik antara lain, diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), melalui proses air sungai yang dialirkan ke dalam waduk.

Kemudian dialirkan lagi melalui saluran hingga dapat memutarkan turbin. Turbin menggerakan generator sebagai pembangkit tenaga listrik. Dengan demikian air juga merupajan salah satu sumber daya alam.

Minyak tanah, bensin, solar, minyak pelumas, dan aspal dihasilkan dari dalam bumi. Bensin dan solar digunakan untuk mesin-mesin kendaraan bermotor dan mesin disel pembangkit listrik. Minyak tanah dipergunakan sebagai bahan bakar kompor, bahkan di desa-desa pedalaman, minyak tanah dipakai untuk lampu penerangan. Namun kini minyak tanah sudah tidak beredar.

Selain minyak bumi, di dalam perut bumi juga terdapat bahan-bahan tambang lain seperti batu bara, emas, timah, tembaga, bijih besi, perak dan lain-lain yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Jika sumber daya alam itu diambil secara terus menerus maka lama-kelamaan akan habis.

Sumber daya alam (kekayaan alam) dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu:

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Kedua golongan sumber daya alam itu merupakan karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia untuk dimanfaatkan. Akan tetapi manusia sebagai pemakai kekayaan alam harus dapat menjaga dan mempergunakan dengan sebaik-baiknya supaya tidak cepat habis. Selain itu, kekayaan alam itu hendaknya dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat banyak.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

sumber daya alam yang dapat diperbarui tetap harus dipakai dengan hemat

cayangsamultian.blogspot.com

Apa saja kekayaan alam yang dapat diperbarui? Seperti yang sudah diuraikan, bahwa sumber kekayaan alam ada yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Kekayaan alam yang dapat diperbarui contohnya: tumbuhan, hewan dan air.

Kita mengambil kayu di hutan. Supaya kayu di hutan tidak habis kita harus menanam kembali pohon-pohon pengganti. Pengambilan kayu di hutan secara sembarangan dapat membuat hutan menjadi gundul. Hal itu, dapat membuat kita kehilangan salah satu sumber kekayaan alam serta dapat menimbulkan tanah longsor dan bahaya banjir. Tumbuhan penghasil bahan pangan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, harus dibudidayakan dengan baik agar tidak punah atau terserang hama dan penyakit.

Hewan merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui, karena hewan dapat diternakan. Melalui peternakan yang baik, hewan dapat berkembang biak. Sehingga persediaannya tidak akan habis.

Perlindungan dan Pelestarian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

reboisasi merupakan satu usaha menyelamatkan alam dari kerusakan

okipolinema.wordpress.com

Tumbuhan dapat tumbuh di atas tanah. Oleh sebab itu, tanah sangat erat hubungannya dengan tumbuhan. Jika tanah subur maka tumbuhan dapat hidup subur dan manusia akan memanfaatkan tumbuhan itu. Oleh sebab itu, kesuburan tanah harus dijaga.

Pengolahan tanah pertanian juga harus diperhitungkan dengan baik. Erosi dapat menghanyutkan lapisan tanah yang subur. Untuk mencegah erosi dapat dilakukan dengan membuat sengkedan swah dan membuat saluran irigasi yang baik. Pada tanah yang kurang subur, dapat diberikan pupuk kandang atau pupuk buatan untuk menyuburkan tanah.

Tanaman-tanaman seperti padi, sayur, dan buah-buahan terkadang ada yang mati karena diserang hama. Hama dapat dibasmi dengan menggunakan racun hama yang disebut pestisida. Penyemprotan pestisida harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan kematian bagi hewan (burung) pemangsa hama itu.

Pohon-pohon yang tumbuh subur juga sangat berguna untuk menyerap air hujan ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini ada yang mengalir dan tersimpan di dalam tanah yang disebut air tanah, tetapi ada juga yang muncul ke permukaan tanah yang disebut mata air. Air tanah dan mata air ini merupakan sumber air bersih bagi manusia untuk minum, mandi, dan mencuci.

Sumber air itu harus dijaga kelestariannya. Kita tidak boleh semaunya menyedot air yang ada di dalam tanag sampai persediaannya menjadi habis, sebab hal itu dapat menyebabkan air laut merembes ke fondasi bangunan yang terbuat dari besi sehingga bangunan itu dapat ambruk. Air sungai juga harus dilindungi dari pencemaran sampah dan limbah industri serta limbah rumah tangga karena pencemaran air sungai dapat membuat kita kehilangan sumber bahan baku air minum.

Air sungai dan air laut yang tercemar juga dapat menyebabkan ikan-ikan banyak yang mati. Pohon-pohon di hutan tidak boleh ditebangi semaunya sampai gundul, karena hutan yang gundul tidak dapat menahan curahan air hujan. Akibatnya akan terjadi erosi dan tanah longsor. Lapisan tanah subur yang hanyut terbawa kikisan air akan membuat tanah itu menjadi kering, tandus, dan tidak subur lagi.

Dengan rusaknya hutan, hewan-hewan akan kehilangan tempat tinggal dan sulit mencari makan. Akibatnya hewan menjadi punah. Oleh sebab itu, kita harus melakukan reboisasi (penanaman kembali hutan yang gundul).

Untuk melindungi tanaman dan hewan langka, kita membuat cagar alam dan suaka margasatwa, serta melarang perburuan liar.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui misalnya emas

cina.panduanwisata.id

Apa saja kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui? Kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui adalah kekayaan alam yang jika telah habis digunakan tidak dapat diperbarui lagi. Misalnya minyak bumi, batu bara, emas, bijih besi, dan barang tambang lain.

Barang-barang tambang itu merupakan hasil proses alam selama jutaan tahun yang lalu. Minyak bumi berasal dari fosil hewan yang terpendam jutaan tahun yang lalu. Batu bara berasal dari fosil tumbuhan yang terpendam jutaan tahun lalu. Apabila kedua bahan tambang itu telah habis dipakai, mungkin baru jutaan tahun yang akan datang dapat timbul kembali.

Barang-barang tambang lain seperti aluminium merupakan logam ringan dan tahan karat. Aluminium merupakan logam penghantar panas yang baik. Sebab itu, aluminium banyak digunakan untuk membuat alat-alat dapur seperti panci dan lain-lain. Karena aluminium adalah logan yang ringan maka banyak dipergunakan dalam industri pesawat terbang.

Besi merupakan logam yang paling banyak dipergunakan untuk bahan bangunan, mesin-mesin, kendaraan, dan lain-lain. Besi dapat diolah menjadi baja yang tahan karat dengan mencampurkan nikel dan krom. Benda-benda yang terbuat dari baja, antara lain: sendok, garpu, arloji.

Emas adalah logam mulia karena sifatnya tahan karat. Orang menggunakan emas sebagai barang perhiasan, seperti: cincin, gelang, dan kalung. Kadar emas yang terkandung dalam suatu barang dinyatakan dengan karat. Kadar emas murni adalah 24 karat.

Tembaga juga merupakan logam penghantar listrik dan panas yang sangat baik. Oleh sebab itu, tembaga banyak digunakan untuk pembuatan kawat listrik, kawat telepon, dan alat masak. Tembaga jika dicampur dengan logam lain seperti seng atau timah akan menghasilkan perunggu. Bahan perunggu itu banyak digunakan untuk membuat medali, patung, dan barang-barang kerajinan.

Nikel merupakan logam yang tahan karat. Sebab itu, nikel digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat logam yang tahan karat. Nikel juga digunakan untuk menyepuh/melapisi barang-barang dari besi agar terlihat indah dan tidak mudah berkarat.

Barang-barang tambang itu semuanya merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jika diambil dan dipakai secara terus-menerus tanpa perhitungan, akan menjadi habis. Manusia tidak dapat memperbanyaknya karena barang tambang itu tercipta melalui proses alam yang berlangsung lama.

Perlindungan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

energi matahari merupakan alternatif energi masa depan

energitoday.com

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui harus dikelola secara hemat dan berdaya guna untuk melestarikan sumber daya alam itu. Pemakaian yang terus-menerus dan tidak terkendali kelak dapat menimbulkan kerugian.

Pada masa sekarang, keperluan akan bahan mineral seperti minyak bumi, aluminium, dan barang tambang lain semakin banyak.

Minyak bumi, batu bara, dan gak sekarang ini banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan memasak, kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, dan industri lain. Jika sumber daya alam ini digunakan terus-menerus, tentu persediaan bahan bakar itu akan habis dan menimbulkan krisis energi. Oleh sebab itu, kita harus melakukan penghematan penggunaan energi. Selain itu, harus dilakukan usaha mencari sumber energi pengganti minyak bumi dan batu bara.

Tenaga cahaya matahari sekarang ini telah dapat digunakan sebagai sumber enegeri untuk menghasilkan tenaga listrik, menggerakan mesin, dan lain-lain. Sumber energi matahari merupakan sumber daya alam yang hampir tidak akan habis.

Add Comment