Semua Tentang Hosting

Sekarang ini merupakan jaman digital. Internet sudah sangat mudah kita akses, terutama di kota-kota besar. Namun tahukah kalian, bagaimana sebuah website bisa diakses di belahan bumi manapun? Salah satunya karena adanya hosting.

Pengertian Hosting

Hosting merupakan tempat atau jasa penyewaan untuk membuat website agar menjadi online dan dapat diakses oleh orang banyak. Hosting bisa diibaratkan sebuah gedung mall.

Sebuah perusahaan hosting ibarat manajemen mall yang menyewakan ruangan, listrik, infrastruktur, telepon dan fasilitas lainnya supaya orang-orang bisa membuka usaha. Pengelola setiap kios dapat berbeda, begitu pula dengan tampilannya akan berlainan dan cara mengoperasikannya berbeda-beda. Tiap kios sewaan tersebut memiliki batasan ruangan.

Perusahaan Hosting seperti HostGator menyediakan hardware, jaringan, email, dan yang lainnya. Itu semua agar klien dapat membuat website. Server hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jenis – Jenis Hosting

Jenis – jenis hosting yang ada saat ini adalah sebagai berikut:

Shared Hosting

Sesuai namanya, shared Hosting merupakan server hosting yang digunakan bersama-sama dengan pengguna lain. Jadi satu server digunakan oleh banyak nama domain. Artinya ada beberapa account dalam satu server tersebut. Karena digunakan oleh banyak akun maka dibuatkanlah username dan password untuk membedakan antara account satu dan lainnya.

VPS (Virtual Private Server)

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server atau dikenal juga sebagai Virtual Dedicated Server. VPS merupakan server yang menggunakan proses virtualisasi dari software sistem operasi. Karena ini merupakan lingkungan virtual, maka kita bisa menginstall sistem operasi dan dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

Dedicated Server

Dedicated Server adalah server khusus untuk aplikasi besar dan tidak dapat dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Perusahaan hosting biasanya bekerja sama dengan vendor untuk menanggung penyediaan server.

Colocation Server

Colocation Server adalah tempat yang disewakan untuk meletakkan server yang akan dipergunakan untuk hosting. Pelanggan yang bekerjasama dengan vendor yang menyediakan server.

Semua Tentang Hosting Ruang Penyimpanan Server

Ruang Penyimpanan Server

Mengapa Blogger Memerlukan Hosting?

Sudah dijelaskan di atas bahwa hosting merupakan layanan untuk membuat website menjadi online dan dapat diakses oleh siapapun di seluruh dunia. Jadi sudah jelas seorang blogger sangat memerlukan hosting. Misalkan kita mempunyai blog di Blogger.comWordPress.comDagDigDug.com, Multiply.com, dan jasa blog lainnya, secara otomatis kita telah memakai jasa hosting yang disediakan mereka. Namun jika kita memilih untuk self-hosted seperti WordPress.org, maka kita harus sewa hosting sendiri.

Tips Memilih Jasa Web Hosting

Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa sewa web hosting. Mulai dari server lokal hingga server luar negeri. Mana yang lebih baik? Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan saat memilih jasa web hosting untuk website kita adalah:

  1. Space dan bandwidth. Semakin banyak tulisan kita terlebih banyak mengunggah berkas seperti gambar, suara, dan video, maka space yang dibutuhkan akan semakin besar. Sedangkan bandwidth disesuaikan dengan pengunjung website kita. Semakin banyak pengunjung, maka bandwidth kita harus yang besar agar tidak full load. Saat ini sudah banyak yang menawarkan space dan bandwidth yang besar bahkan unlimited. Namun harganya pun sudah pasti lebih mahal.
  2. Layanan dan fitur. Ini juga sangat penting. Kita harus tahu tempat hosting website kita bisa mencakup software apa saja. Jangan sampai kita tidak dapat menginstall apa yang kita butuhkan, sedangkan kita telah membayar sewa. Dan juga support dari jasa hostingnya. Barangkali kita menemui kendala atau adanya gangguan dari server, kita bisa mengadukannya.
  3. Target pembaca. Jika target pembaca website kita dari dalam negeri lebih baik menggunakan server lokal, agar lebih bisa menghemat bandwidth. Tetapi jika target website kita global, maka memilih server luar negeri tak ada salahnya. Namun hal ini tidak mutlak.
  4. Harga. Pada prinsipnya harga tidak dapat dikatakan terlalu mahal atau murah. Namun harga di sini haruslah sesuai dengan kualitas hosting yang kita sewa dan bisa memenuhi kebutuhan kita.
Semua Tentang Hosting HostGator

Homepage HostGator

Cara Menyewa Web Hosting

  1. Pilihlah tempat menyewa hosting yang bisa memenuhi kebutuhan website kita. Namun tetap perhatikan hosting tersebut tersedia di tempat kita. Misalkan HostGator.
  2. Di halaman utama HostGator, klik pesan web hosting. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan website kita. Klik sign up.
  3. Ikuti langkah selanjutnya, seperti memilih nama domain (apa itu domain?), mengisi form pendaftaran dan selesaikan pembayarannya.
  4. Jika hosting sudah online akan ada email masuk dari admin HostGator. Atau jika ada officer sedang online dichat saja.
Kuliner
Banyak quote-quote unik di Puncak Becici
Dilarang Melempar Mantan di Puncak Becici!
lawang sewu yang dianggap angker
Serunya Wisata Tiga Budaya di Semarang Bersama Keluarga
Patung Maung di Tangkuban Parahu
Semacam Jalan-Jalan ke Tangkuban Parahu Bareng Genk Paracetamol Plus Adu Kamera OPPO vs Xiaomi
Kesehatan Parenting Relationship
Foto pengantin bersama para tamu spesial
Selamat Menempuh Hidup Baru
banyak hal yang dilakukan jomblo di malam minggu, kalian harus tau
Kegiatan Jomblo di Malam Minggu Selain Bermain Game, Kamu yang Mana?
Untukmu yang Sedang Galau Menanti Jodoh