Resep dan Cara Mudah Membuat Ayam Bakar ala Warga Gaza Palestina

Siapa yang tidak suka ayam bakar? Pastinya kamu suka, kan? Apalagi jika ada aroma smoky, pastinya bakalan menggugah selera makan kamu. Yang jelas ayam bakar lebih terasa nikmat dibandingkan dengan ayam goreng. Namun tahukah kamu, bagaimana cara membakar ayamnya?

Umumnya, orang membakar ayam dengan cara dipanggang di atas bara api. Masak atau tidaknya, biasanya dilihat dari tingkat kegosongan daging ayam. Cara ini terbilang ribet, juga hasilnya kurang bagus. Kalau tidak mentah, ya dagingnya gosong. Dengan begitu, kamu sendiri yang akan kecewa ketika memakannya.

Membakar Ayam ala Palestina

Keterbatasan tidak berarti mematikan kreativitas. Itulah yang ditunjukan warga Gaza Palestina. Dalam setiap hal, ada saja yang membuat kita berdecak kagum kepada mereka yang hidupnya kita tahu sangat memprihatinkan. Namun semangat mereka patut kita tiru. Tiada keluh apalagi putus asa. Setiap hari mereka jalani dengan penuh semangat, tetap berkarya dan pastinya terus berjuang agar terlepas dari penajajahan Israel. Terus apa hubungannya dengan ayam bakar? Sabar! Orang sabar kan disayang Tuhan, hehe.

Beberapa hari yang lalu, ketika membuka facebook, di beranda ada yang membagikan postingannya Abdillah Onim. Siapa tuh Abdillah Onim? Wah, kamu sungguh terlalu jika tidak tahu Abdillah Onim. Itu loh relawan asal Indonesia yang tinggal di Gaza sebagai reporter. Kembali ke laptop (ala Tukul Arwana). Nah Abdillah Onim di akun facebook-nya memposting tentang cara membakar ayam dengan mudah tanpa takut gosong namun dagingnya masak.

Siapkan Wadah dari Stainless Steel

facebook.com/ismael.abulnasabdillahonim
facebook.com/ismael.abulnasabdillahonim

Siapkanlah wadah atau piring yang terbuat dari stainless steel agar tahan ketika dibakar. Bahan bumbunya ditaruh ke wadah tersebut. Bahan yang diperlukan:

  • 10 biji lombok merah panjang
  • 10 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 10 biji tomat merah segar
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kecap secukupnya
  • Saus pedas secukupnya

Taruh Ayam di Tempat Pemanggangan

facebook.com/ismael.abulnasabdillahonim
facebook.com/ismael.abulnasabdillahonim

Ayam yang telah dipotong dan dibersihkan disimpan di tempat pemanggangan seperti gambar. Ayam tidak perlu di belah. Langsung saja tusuk tubuh ayam tersebut.

Siapkan Ranting-ranting untuk Pembakaran

facebook.com/ismael.abulnasabdillahonim
facebook.com/ismael.abulnasabdillahonim

Langkah selanjutnya yaitu, tutup ayam yang telah ditusukan di atas wadah stainless steel tadi dengan kaleng. Baiknya memakai kaleng bekas minyak goreng. Aturlah sedemikian rupa, agar ayam tertutup rapat oleh kaleng. Kemudian taruhlah ranting-ranting secukupnya disekitar kaleng-kelang yang di dalamnya ada ayamnya tersebut. Bakarlah ranting-ranting tersebut. Biarkan hingga ranting-ranting tersebut habis terbakar.

Ayam Bakar ala Palestina Siap Saji

facebook.com/ismael.abulnasabdillahonim
facebook.com/ismael.abulnasabdillahonim

Ketika ranting-ranting telah menjadi abi, biarkan sejenak hingga asap dan debu menghilang. Bukalah kaleng tersebut. Dan, tadaaaa…ayam sudah masak. Sajikan dengan sambal yang ada di wadah stainless steel. Awas, hati-hati. Dijamin nikmat dan ketagihan, loh.

Demikian resep dan cara membuat ayam bakar ala Palestina. Resep ini telah dicoba langsung oleh Abdillah Onim. Silakan langsung saja kepo-in akun facebook-nya.

Baca juga: Resep Homemade Pizza dari Peter Reinhart

Leave a Comment