Pupuk urea memiliki jenis yang banyak sekali

Pupuk Urea, Jenis dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Pupuk Urea – Sejatinya Pupuk Urea merupakan salah satu pupuk berjenis anorganik layaknya yang dibuat di pabrik – pabrik dari bahan kimia. Dengan tingginya kadar nitrogen di dalam pupuk tersebut, sangat jelas sekali memiliki peranan besar untuk menjaga kesuburan tanaman.

Pasti kamu juga tahu bahwa pupuk ini termasuk pupuk higroskopis dimana lebih mudah menguap ketika terkena udara sehingga amat cepat terlarut atau diserap oleh tanaman. Maka dari itu, kamu haruslah berhati – hati ketika menyimpanya. Setidaknya butuh tempat khusus yang kering serta tertutup rapat agar kandungan nitrogenya tidak menguap. Selain itu karena bersifat gampang terbakar, tentu saja harus terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Biasanya, para petani menggunakan pupuk urea untuk disemprotkan ke bagian tanaman tertentu karena lebih efektif demi menghindari penguapan yang terlalu tinggi. Di sisi lain, penggunaan terlalu banyak juga beresiko terhadap kematian tanaman.

Jenis Pupuk Urea

Pupuk urea memiliki jenis yang banyak sekali
karangnongko.klaten.info

Menurut sumber, jenis pupuk urea ini terbagi menjadi 4 bentuk yakni urea prill, nonprill, urea super granule (USG) dan urea ball fertilizer. Pertama, urea prill adalah seperti butiran kecil yang halus, warnanya nampak putih tapi terkadang ada warna merah muda juga.

Pada dasarnya, penggunaan jenis prilll bisa langsung ditebar ke tanah maupun dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu. Seperti dikatakan sebelumnya, jika jenis pupuk urea tersebut memang sangat rentang terjadi penguapan dan oleh sebab itu sebaiknya simpan ditempat kering, serta tertutup rapat. Namun, bila pupuk prill mencair akibat penguapan, maka otomati kandungan nitrogennya sudah terlepas dari ikatan yang artinya tak bisa digunakan lagi.

Kedua, urea nonprill adalah jenis pupuk yang sudah mengalami beberapa proses pengempaan tekanan tinggi sehingga berubah menjadi bentuk tablet. Dengan begitu, pupuk ini dikatakan memiliki tingkat efisiensi 2 kali lipat lebih baik daripada jenis prill.

Ketiga, USG adalah pupuk yang memiliki kemiripan bentuk terhadap urea prill tapi ukuranya agak besar serta penguapanya lebih lambat daripada prill. Jadi, kamu bisa menjadikanya pilihan alternatif ketika tidak ada jenis prill atau nonprill.

Keempat, urea ball fertilizer adalah Pupuk Urea berbentuk bola – bola kecil dimana responya cukup tinggi terhadap pertumbuhan tanaman. Kandungan nitrogenya mampu terikat oleh partikel – partikel pada tanah yang nantinya gampang diserap lewat akar tanaman.

Manfaat Pupuk Urea

banyak sekali manfaat dari pupuk urea untuk tanaman
benyaminlakitan.com

Diantara manfaat pupuk urea, kegunaannya memang sangat penting bagi tanaman atau tumbuhan. Adanya unsur nitrogen didalamya memberikan pengaruh besar untuk mempercepat pertumbuhan, pembuahan serta mencukupi kebutuhan nutrisi.

Disamping itu,ternyata masih banyak kandungan lain yang menyempurnakan proses fase vegetatif maupun fase generatif tanaman misalnya amoniumnitrat, pupuk ZA, chilisalpeter, ammonium sulfat, ammonium klorida, ASN (Amoinum Sulfat Nitrat) dan masih banyak lagi.

Secara langsung, penggunaan pupuk urea terhadap tanaman mampu menujukkan pertumbuhan signifikan yang bercirikan tanaman lebih kokoh terhadap gangguan hama atau gulma, daun nampak lebih hijau segar serta perkembangan tanaman menjadi tambah subur.

Defisiensi Pupuk Urea

Ketika tanaman kekurangan unsur pupuk urea maka otomatis pula akan berakibat pada kepucatan daun, mengeringnya pembuluh di sekitar batang sampai akhirnya mengerdilkan pertumbuhan tanaman. Selain itu, terdapat gejala – gejala lain misalnya pembentukan buah kurang sempurna atau pun terlalu cepat masak sebelum waktunya.

Demikianlah pembahasan menarik terkait Pupuk Urea yang memang punya peranan amat penting dalam menjaga kualitas tanaman. Semoga menambah pengetahuanmu serta dapat mengenal lebih dekat kandungannya.

Leave a Comment