pertumbuhan gigi bayi dimulai dengan 7 tanda ini

7 Tanda Adanya Pertumbuhan Gigi Bayi

Pertumbuhan gigi untuk setiap bayi berbeda-beda tergantung dari kondisi kesehatan bayi. Pada umumnya bayi yang sehat akan mengalami pertumbuhan gigi di usia mereka 4 bulan sampai dengan 6 bulan. Akan tetapi ada juga bayi yang mengalami pertumbuhan dengan cepat atau terlalu lambat, semua orang tidak dapat memprediksi dengan mudah mengenai hal ini.

Akan tetapi orang tua dapat melihat tanda pertumbuhan gigi pada bayi. Bayi yang mengalami tumbuh gigi biasanya akan memberikan beberapa tanda, hal ini dikarenakan saat tumbuh gigi bayi akan merasa tidak nyaman sehingga membuat mereka cenderung lebih sering menangis. Tapi ada juga bayi yang mengalami proses pertumbuhan dengan sangat cepat sehingga mereka sama sekali tidak merasa terganggu dengan hal tersebut.

Pertumbuhan Gigi Bayi

pertumbuhan gigi bayi dimulai dengan 7 tanda ini
www.firdaus45.com

Ada beberapa tanda pertumbuhan gigi pada bayi yang harus orang tua ketahui, yaitu :

Menolak Untuk Makan

Tanda yang pertama adalah anak akan menolak ketika diberi makan. Hal ini dikarenakan rasa sakit yang dialami bayi sehingga ia menolak makan dan bahkan menolak menyusu karena gusinya mengalami peradangan. Walaupun demikian anda harus mengusahakan bayi agar tetap minum ASI setiap hari.

Anak Demam Rendah

Selanjutnya anak mengalami demam rendah hal ini biasanya disebabkan oleh imunitas bayi yang sedang rendah ketika mengalami pertumbuhan gigi bayi. Apabila demam ini sudah lebih dari 3 hari maka sebaiknya anda harus membawa anak ke dokter demi mendapatkan penanganan yang tepat.

Menarik Telinga atau Menggosok Pipi

Bayi akan menarik telinganya dan mengosok-gosok pipi, hal ini dikarenakan bayi merasa gatal di bagian gigi dan ini responnya.

Hematosa Gusi

Hematosa gusi ini akan membuat beberapa gusi mengalami pembengkakan dengan warna kemerahan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan kompres dingin.

Sering Mengeluarkan Air Liur

Pertumbuhan gigi pada bayi memang merangsang air liur lebih banyak dari biasanya. Biasanya bayi akan banyak mengeluarkan air liur ketika mereka berusia 10 minggu.

Munculnya Ruam di Bagian Badan

Air liur yang keluar akan kontak langsung dengan beberapa bagian tubuh misalnya bagian wajah, leher dan lain-lain. maka inilah terkadang yang menyebabkan ruam di bagian tubuh bayi. Cara mengatasinya anda dapat mengusap air liur tersebut dengan menggunakan sapu tangan. Atau anda juga dapat memberikan krim kulit yang dikhususkan untuk membantu ruam di bagian kulit bayi.

Bayi Sering Menggigit

Selanjutnya adalah bayi terkadang menggigit puting saat ia diberi ASI. Maka anda jangan memarahkan bayi karena ini pertanda bahwa bayi sedang mengalami pertumbuhan pada giginya. Kebiasaan menggigit ini disebabkan rasa gatal di bagian gusi sehingga ia lebih suka menggigit benda di sekitarnya.

Itulah beberapa tanda pertumbuhan gigi pada bayi yang harus ibu ketahui. semoga membantu dan bermanfaat.

Leave a Comment