bayi mendengarkan musik

Perkembangan Otak Bayi Akan Pesat dengan Cara Ini

Perkembangan otak bayi terjadi begitu pesatnya di tahun pertama kehidupannya. Di masa ini, mereka bisa mempelajari hal-hal baru dengan lebih cepat, mulai dari emosi, bahasa, kemampuan motorik, sosial, dan sebagainya. Nah, inilah waktu yang sangat tepat bagi para orang tua untuk merangsang buah hatinya agar perkembangan otaknya bisa lebih optimal.

CARA MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN OTAK BAYI

Saat Anda sedang berusaha untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi, berarti Anda juga sedang mengoptimalkan kecerdasannya. Agar bisa mengoptimalkan kecerdasannya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Memberikan Gizi Terbaik

orang tua wajib memberikan asupan gizi terbaik
gigisusu.net

Untuk bisa mengalami perkembangan otak yang optimal, bayi membutuhkan asupan gizi yang cukup. Selain bertujuan untuk menunjang perkembangan otaknya, nutrisi ini juga dibutuhkan agar bisa menunjang perkembangan fisiknya secara keseluruhan.

Bagi bayi berusia 0-6 bulan, sebaiknya berikanlah ASI eksklusif, karena ini merupakan makanan terbaik untuknya. ASI sangat mudah diserap bagi bayi serta memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sempurna dalam menunjang tumbuh kembang bayi. Setelah memasuki usia 6 bulan ke atas, maka bayi sudah bisa diberikan makanan tambahan lainnya.

Lingkungan yang Nyaman

avatarzetar.blogspot.com
avatarzetar.blogspot.com

Sebagai orang tua, sudah sewajibnya untuk memastikan bahwa anak-anak mereka berada di dalam lingkungan yang aman, baik, dan nyaman. Anak-anak yang tumbuh besar di dalam lingkungan yang seperti ini akan membuat perkembangan otaknya menjadi lebih optimal.

Sebisa mungkin jauhkan dia dari lingkungan yang bisa membuatnya merasa stres, sering diabaikan, kurang mendapatkan kasih sayang, dan lingkungan yang bisa menimbulkan trauma. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa bayi dan anak yang terbiasa berada di lingkungan yang kurang diperhatikan, traumatik, stres, dan kurang mendapatkan rasa nyaman, maka bagian otaknya (utamanya yang berkaitan dengan emosi) berkurang hingga 30%.

Interaksi dengan Lingkungan

bayi belajar berinteraksi dengan lingkungan
bumblebeemum.net

Pada dasarnya, bayi juga membutuhkan interaksi dan sosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Untuk itu, jangan membiarkan bayi Anda merasa terabaikan, karena bisa berdampak buruk bagi perkembangan otaknya.
Jika ia terlalu sering diabaikan, maka bagian membran otaknya, yaitu korteks dan limbik yang memiliki fungsi untuk mengontrol kemampuan berpikir dan mengatur respon emosi bisa berkembang secara tidak normal.

Memberikan kesempatan bagi bayi Anda untuk berinteraksi dengan lingkungannya akan membantunya untuk menjadi lebih gembira dan bahagia, serta memaksimalkan kemampuan sosialnya.

Perkenalkan dengan Sesuatu yang Baru

www.funathomewithkids.com
www.funathomewithkids.com

Cara mengoptimalkan perkembangan otak bayi selanjutnya adalah dengan mengenalkan ia kepada hal-hal yang baru. Biarkan bayi Anda bereksplorasi dengan lingkungannya. Hal ini akan membuat otaknya belajar banyak hal-hal yang baru.

Jika ia sering melakukannya, maka koneksi sel-sel otaknya bisa menjadi lebih kuat dan merangsang sel-sel otaknya sehingga bisa terbentuk sinaps-sinaps otak yang baru. Meski demikian, jangan mengenalkan bayi Anda kepada hal-hal yang baru secara berlebihan. Pasalnya, overstimulasi bisa membuat bayi merasa stres yang justru akan menghambat perkembangan otaknya.

Sering Bermain Bersama

biasakan ajak bayi bermain bersama untuk perkembangan otak bayi lebih baik
gigisusu.net

Mengajak bayi bermain ataupun berbicara juga bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan otaknya. Lebih seringlah mengajak bayi Anda bercerita sekalipun ia tidak mengerti mengenai apa yang Anda bicarakan. Selain itu, respon segala celotehannya dan pastikan untuk selalu melakukan kontak mata dengan sang bayi.

Anda bisa juga melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan seperti tertawa bersama, bernyanyi, membacakan buku, mendengarkan musik, memeluk, dan sebagainya. Interaksi seperti ini dapat membantu untuk membangun koneksi antara sel-sel otak yang memang dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan bahasa dan emosional bayi.

Batasi Televisi

www.nyiptoroso.com
www.nyiptoroso.com

Sebisa mungkin, batasi televisi bagi bayi dan anak Anda. Jangan menjadikan tontonan televisi sebagai alat untuk membuat ia tenang. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa paparan televisi yang berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi perkembangan otak bayi.

***

Melihat anak-anak kita tumbuh dengan sehat dan cerdas adalah kebahagiaan yang luar biasa. Untuk itu, sudah sewajibnya bagi kita para orang tua untuk terus mendukung sang anak agar bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna.

Nah, semoga informasi mengenai cara mengoptimalkan perkembangan otak bayi di atas bisa menjadi referensi bagi Anda dalam mendidik dan mengasuh anak.

Leave a Comment