Peran ayah bagi anak perempuan sangat vital

Peran Ayah dalam Perkembangan Anak Perempuan

Peran Ayah – Pada dasarnya, Ayah dan Ibu memiliki peranan yang penting sebagai orang tua dalam menciptakan kepribadian seorang anak. Secara umum, pengasuhan akan lebih banyak dilakukan oleh Ibu, sementara sang Ayah lebih memiliki peranan dalam mencari nafkah. Meski demikian, peranan Ayah juga tetap dibutuhkan dalam mendidik anak, tak terkecuali untuk anak perempuan.

PERAN AYAH DALAM PERKEMBANGAN ANAK PEREMPUAN

Umumnya, seorang Ayah memiliki peranan yang tidak terlalu menonjol dalam mengasuh anak karena kesibukannya dalam bekerja. Bahkan banyak Ayah yang harus berangkat kerja sebelum anak-anaknya bangun, dan pulang ke rumah setelah sang anak tertidur. Kondisi seperti ini jelas sangat disayangkan, karena membuat intensitas sang Ayah dalam berinteraksi dengan anaknya sangat sedikit. Akhirnya, sang Ayah tidak memiliki banyak peranan di dalam tumbuh kembang anaknya.

Nah, mengenai perkembangan seorang anak perempuan, ada beberapa manfaat jika seorang Ayah terlibat aktif di dalam tumbuh kembang anaknya. Apa sajakah itu?

Menunjukkan Rasa Cinta

Peran ayah salah satunya menunjukkan rasa cinta kepada anak perempuan
www.sweetsharing.com

Kunci utama untuk menjadi seorang Ayah yang baik adalah dengan menunjukkan rasa cinta kepada putrinya. Tidak perlu malu untuk menunjukkan rasa sayang kepada putri Anda, baik itu melalui sebuah senyuman, pelukan, sentuhan, atau lewat kalimat yang mengisyaratkan bahwa Anda benar-benar mencintainya. Perilaku seperti ini akan mempengaruhi perilaku putri Anda saat memiliki suami suatu saat nanti.

Menunjukkan Rasa Hormat

Satu hal yang sangat penting dalam mengembangkan karakter putri Anda menjadi seorang gadis dewasa adalah dengan belajar untuk menghormati orang lain. Hal ini bisa Anda mulai dengan menunjukkan rasa cinta kepadanya dan juga pada sang Ibu, istri Anda sendiri. Ingat, anak-anak akan belajar dari apa yang ia lihat saat masih kecil.

Sang anak akan mengamati keharmonisan yang diperlihatkan oleh Ayah dan Ibunya. Jika sang Ayah tidak bisa menghormati istrinya, seperti suka memerintah, tidak mau mendengarkan pendapat istri, hingga melakukan kekerasan, maka hal ini akan memberikan efek buruk terhadap perkembangan psikologis sang anak perempuan.

Rasa hormat yang ditunjukkan oleh sang Ayah ini bukan hanya kepada istri dan anaknya saja, tapi juga kepada setiap perempuan yang berada di dalam keluarga dan di lingkungan luar. Hubungan yang penuh kasih sayang antara Ibu dan Ayah menjadi pondasi dasar dalam membangun kepribadian anak-anak yang seimbang. Sang anak akan melihatnya sebagai hubungan yang memberikannya rasa nyaman sehingga memiliki kesan baik terhadap pernikahan itu sendiri.

Memberikan Pelajaran Asmara

Peran Ayah dalam perkembangan anak perempuan selanjutnya adalah dalam urusan asmara. Hal ini dikarenakan seorang anak perempuan akan menggunakan sosok Ayahnya sebagai tolak ukur untuk melihat kualitas dari seorang pria. Apakah ia bisa diandalkan seperti Ayahnya? Apakah ia bisa jujur dan memberikan kasih sayang seperti Ayahnya? Apakah pria tersebut bisa menghargai seorang wanita layaknya yang dilakukan oleh Ayahnya?

Selain itu, seorang Ayah juga memiliki peranan sebagai sumber informasi yang bisa dipercaya oleh anaknya, utamanya dalam urusan asmara. Anda tidak perlu malu untuk menjawab hal-hal yang sensitif seperti bahaya s*ks bebas ataupun penyakit s*ks menular. Jika seorang anak perempuan tidak memiliki petunjuk dan bimbingan seperti ini dari Ayahnya, maka ia akan kehilangan arah dan berpotensi menjadi liar.

Menghargai Waktu

Peran ayah bagi anak perempuan sangat vital
www.corlettajvaughn.com

Jika Anda memang termasuk Ayah yang tidak memiliki banyak waktu bersama putri Anda, misalnya karena pekerjaan yang mengharuskan Anda tidak tinggal di rumah, maka usahakan agar Anda bisa hadir pada hari-hari pentingnya.

Untuk yang sudah bercerai, tidak peduli apa yang terjadi terhadap Anda dan sang mantan istri, tidak ada alasan yang bisa membuat Anda memutuskan hubungan dengan putri Anda. Ingat, tidak ada yang namanya mantan anak. Bagaimanapun juga, mendidik anak sudah menjadi tanggung jawab Ayah dan Ibu, sekalipun mereka tidak tinggal satu atap.

***

Sekian informasi mengenai peran Ayah dalam perkembangan anak perempuan. Semoga hal ini bisa membuat Anda menjadi sosok yang baik bagi perkembangan putri Anda.

Leave a Comment