Peran Ayah dalam Perkembangan Anak Laki-laki

Peran Ayah dalam Perkembangan Anak Laki-Laki

Perkembangan Anak Laki-Laki – Selain bertugas sebagai kepala keluarga, seorang Ayah juga menjadi sosok teladan bagi para anak-anaknya. Sudah menjadi hal yang sangat penting bagi para anak-anak untuk mendapatkan pengasuhan dari Ayah mereka sejak lahir. Ini merupakan awal yang penting mengingat peran Ayah sangatlah dibutuhkan oleh anak, baik itu dari aspek psikologis, finansial, hingga emosional.

PERAN AYAH DALAM PERKEMBANGAN ANAK LAKI-LAKI

Ada kalanya akibat kesibukan kerja atau tidak pulang selama berhari-hari karena tugas kerja ke luar kota, seorang Ayah tidak punya banyak waktu bertemu dengan anak-anaknya. Hasilnya, segala sesuatu dibebankan kepada istri, karena sang Ayah sudah sibuk dengan pekerjaannya. Padahal, sosok Ayah sangat dibutuhkan agar bisa terlibat aktif di dalam proses membesarkan anak, utamanya anak laki-laki.

Lantas, apa saja manfaat dan peran dari seorang Ayah di dalam tumbuh kembang seorang anak laki-laki? Mari disimak:

Mengajarkan Kemandirian

Secara umum, seorang Ayah memang memiliki peranan yang lebih besar sebagai sumber keuangan bagi keluarga. Maka dari itu, peran Ayah dalam mendidik anak laki-laki sangatlah penting mengingat sang anak kelak akan menjadi kepala keluarga juga.

Sejak kecil, sebaiknya sang Ayah mendidik anaknya agar mau mandiri, terutama dalam hal finansial. Anda bisa memulai hal ini dengan mengajarkan ia untuk menabung dan tidak menjadikan Anda sebagai ‘mesin ATM’.

Sang anak harus paham bahwa uang hanya bisa didapatkan setelah bekerja keras. Jika sejak kecil sang anak selalu dimanjakan dan dibantu dengan memberikan uang, maka ia akan berpikir bahwa untuk mendapatkan uang itu ternyata sangatlah mudah, yaitu dengan meminta pada orang tuanya.

Mengajarkan Untuk Menghormati Lawan Jenis

Di dalam sebuah keluarga, harus ada keseimbangan dalam urusan saling menghormati antara suami dan istri. Nah, perilaku seperti ini akan memberikan contoh yang baik pada perkembangan anak. Umumnya, seorang anak laki-laki akan menjadikan Ayahnya sebagai sosok ideal untuk dicontoh.

Seorang Ayah yang kasar tentu saja bukanlah contoh yang baik bagi anak-anaknya. Jika sang anak sudah sering melihat perilaku kekerasan di dalam rumah tangga, maka ia akan berpikir bahwa hal tersebut sangat wajar. Jika sudah demikian, maka besar kemungkinan sang anak akan melakukan kekerasan atau berselingkuh saat memiliki istri kelak.

Mengajarkan Untuk Tegas

Peran Ayah dalam perkembangan anak laki-laki selanjutnya adalah mengajarkan ketegasan, sebagaimana seorang Ayah yang memang harus tegas dalam mendidik anak-anaknya. Jika memang dibutuhkan, maka berikanlah hukuman kepada anak laki-laki Anda jika terbukti berbuat salah. Hukuman seperti ini dibutuhkan untuk membuat ia jera dan mengurangi potensi untuk mengulanginya kembali.

Namun pastikan untuk tidak menghukum sang anak dengan cara yang keras. Pasalnya, semakin keras seorang Ayah menghukum anaknya, maka akan semakin keras pula sang anak dalam meresponnya. Seorang anak yang dibesarkan dengan cara yang kasar berpotensi menjadi kasar pada orang lain juga.

Dalam mendidik anak laki-laki, seorang Ayah sebaiknya memiliki kontrol. Jangan memberikan kebebasan secara berlebihan. Namun jangan pula mengekang anak secara berlebihan, karena seorang anak laki-laki berpotensi menjadi pemberontak saat dibatasi atau dikekang.

Perlunya Waktu Dalam Mendidik

Pada akhirnya, sesibuk apapun seorang Ayah dalam mencari nafkah, tetap saja ia wajib untuk memberikan waktu bagi anak-anaknya. Ada banyak Ayah yang terlalu asik dengan dunia kerjanya sehingga tidak terlalu memperdulikan perkembangan anak-anaknya. Dalam artian lain, urusan mengasuh anak hanya dibebankan pada sang istri saja.

Saat seorang Ayah bisa meluangkan waktu yang lebih untuk mendidik anaknya, maka ia juga memiliki banyak kesempatan dalam mengamati seperti apa kelakukan anaknya dan mengoreksi jika sikapnya tersebut ternyata menyimpang. Dengan kata lain, seorang Ayah bisa melihat kelemahan seorang anak laki-laki dan membantunya untuk memperbaiki.

***

Nah, itulah sejumlah peran Ayah dalam perkembangan anak laki-laki yang sebaiknya diperhatikan mulai dari sekarang. Semoga Anda bisa memiliki anak laki-laki yang tumbuh mandiri, tegas, dan bisa menghargai wanita.

Leave a Comment