Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Penyebab Anak Susah Makan – Anak anda susah makan dan bingung bagaimana cara mengatasi anak susah makan? Maka di sini kami akan coba berikan kepada anda informasi mengenai hal ini semoga ini dapat membantu anda.

Orang tua manapun akan kesulitan ketika anaknya tidak mau makan. Ketika anak tidak mau makan maka sudah pasti kesehatan tubuhnya juga akan ikut terganggu. Selain itu mereka juga akan rentan terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya. Anda orang tuanya sebaiknya mengetahui apa saja penyebabnya dan mengambil solusi yang tepat dalam mengatasinya.

Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

penyebab anak susah makan bermaca-macam
www.eunikefamily.org

Hilangnya Selera Makan

Anak kecil atau anak bayi biasanya memang relatif mengalami kurang nafsu makan atau selera makannya berkurang. Mereka senang mengembut atau menyemburkan makanan yang diberikan oleh orang tua. Tapi kurang nafsu makannya anak bersifat relatif jadi tidak semua anak mengalami hal ini. Tugas anda adalah memberikan anak cemilan yang sehat dan menarik, apalagi anak di usia 2 tahun suka bereskplorasi dengan lingkungannya. Banyak cemilan unik yang dapat anda coba agar anak lebih tertarik saat mengonsumsinya misalnya bola-bola kentang yang isinya wortel dan daging cincang.

Anak Sedang Tumbuh Gigi

Mungkin tanpa anda sadari anak sedang tumbuh gigi sehingga membuatnya tidak mau makan. Gigi memang mempengaruhi minatnya ketika makan oleh karena itu tumbuh gigi akan membuatnya tidak nafsu makan atau sakit ketika makan. Anda dapat membawa anak ke dokter gigi nantinya dokter gigi tahu tindakan seperti apa yang cocok diberikan kepada anak.

Anak Sedang Pilek dan Batuk

Anak susah makan selanjutnya ialah ia sedang pilek atau batuk. Kondisi seperti ini akan membuat tubuhnya tidak stabil sehingga membuatnya susah makan. Anda cukup memberinya obat dan suruh istirahat yang cukup, jika anak tidak nafsu makan dikarenakan demam anda jangan terlalu khawatir sebab kondisi ini akan membaik nantinya.

Anak Terlalu Banyak Mengonsumsi Cemilan

Selanjutnya adalah anak terlalu banyak mengonsumsi cemilan sehingga ketika ia disuruh makan nasi ia tidak nafsu lagi. apabila cemilan yang dikonsumsinya itu sehat atau cukup gizinya maka ini tidak masalah namun jika sembarangan ini tidak baik untuk kesehatan anak. Anda dapat membuat sendiri cemilan di rumah dengan menggunakan bahan dasar yang dapat membuat anak kenyang. Atau anda dapat membagi jadwal kepada anak kapan waktu mengonsumsi cemilan dan kapan waktu makan nasi.

Bosan dengan Makanan dan Cara Makan

Anak adalah orang yang ingin tahunya sangat besar maka mungkin saja ia merasa bosan dengan makanan yang selalu dihidangkan ibunya atau ia bosan dengan cara makan selama ini yang selalu disuapi. Maka kembangkanlah kemampuan anda untuk memasak hidangan yang berbeda dan disukai anak. Selain itu ubahlah kebiasaan makan yang selalu disuapi anda dapatĀ  membiarkan anak makan sendiri sehingga ini juga akan membuatnya tumbuh menjadi orang yang lebih mandiri.

Leave a Comment