penyebab anak menjadi nakal yaitu kurang kasih sayang orang tua

6 Penyebab Anak Tumbuh Menjadi Nakal

Penyebab Anak Menjadi Nakal – Orang tua manapun tentu tidak ingin anaknya tumbuh menjadi anak nakal. Ketika mereka masih kanak-kanak mungkin itu suatu tanda bahwa anak adalah pribadi yang pintar dan berbeda dengan anak-anak yang lain. tapi ketika beranjak remaja atau dewasa anak yang tumbuh menjadi pribadi yang akal akan membuat orang tua kebingungan sebab bisa saja ia terjerat dalam tindakan kriminal.

Misalnya banyak dijumpai di sekolah-sekolah anak muda tawuran, membawa senjata tajam, narkoba dan masih banyak lagi. sebenarnya kita tidak boleh menghakimi orang dari sampul luarnya saja misalnya kita mengatakan bahwa ia adalah anak yang nakal, padahal ada sisi lain yang sebenarnya membuat mereka menjadi seperti ini. bahkan banyak anak-anakĀ  nakal sewaktu sekolah dan ketika dewasa mereka menjadi pribadi yang sukses karena keinginanya untuk mencapai sesuatu sangat besar (baca: Kelebihan Anak Nakal).

Penyebab Anak Menjadi Nakal

penyebab anak menjadi nakal yaitu kurang kasih sayang orang tua
tadikatunasilmu.blogspot.com

Anak Memiliki Kontrol Diri Lemah

Penyebab pertama adalah anak memiliki kontrol diri yang lemah. Anak sebenarnya tahu bahwa tindakan yang ia lakukan adalah salah namun mereka tidak mampu mengontrol dirinya untuk tidak melakukan tindakan yang salah. Orang tualah yang dapat mengontrol anak tersebut dengan menggunakan berbagai macam pendekatan.

Anak Tidak Mendapat Kasih Sayang

Apakah anda saat ini terlalu sibuk dengan pekerjaan anda sehingga anda terkadang tidak perhatian kepada anak anda? anda selama ini mungkin tidak mengenalkan anak dengan norma-norma agama, sehingga ia di sekolah berulah menjadi anak yang nakal demi mendapatkan perhatian banyak orang terutama kepada gurunya.

Orang Tua Tidak Harmonis atau Bercerai

bersamadakwah.net
bersamadakwah.net

Suasana di rumah yang nyaman akan menciptakan anak yang baik dan berbudi santun. Sedangkan anak yang terlahir dari keluarga tidak harmonis atau bercerai maka ini akan membuat anda menjadi frustasi karena tidak ada yang melindungi dan memberikan contoh yang baik untuk dirinya.

Anak Mendapatkan Tekanan dari Orang Tua

Orang tua terlalu menekan anak untuk menjadi anak yang berprestasi di sekolah atau adanya peraturan terlalu ketat di rumah yang membuat anak menjadi tertekan. Anak yang mendapatkan tekanan terlalu kuat akan membuat anak menjadi pendiam tapi ingin nakal dan merasa ingin bebas.

Anak Mendapatkan Kekerasan di Lingkungan Keluarga

Banyak hal yang menyebabkan anak menjadi sasaran kekerasan keluarga misalnya karena faktor ekonomi. Maka ketika di sekolah ia terkesan memberikan sikap memberontak atau malah akan melakukan kekerasan terhadap teman-temannya seperti apa yang pernah ia alami.

Anak Salah Bergaul

Lingkungan anak juga menjadi penyebab anak tumbuh menjadi anak nakal. Pergaulan yang salah maka akan menjerumuskan anak anda kepada perilaku yang menyimpang.

Tentu anda tidak ingin anak anda tumbuh menjadi anak dengan catatan kriminal yang banyak. Mulai dari sekarang cobalah didik anak sebaik mungkin.

Leave a Comment