6 Penyakit yang Kerap Terjadi Pada Anak-Anak

Anak-anak adalah usia di mana mereka mudah sekali terserang berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuhnya yang terlalu lemah ditambah lagi jika anak kerap melakukan kebiasaan buruk misalnya malas membersihkan tangan setelah makan atau lain sebagainya. Anak-anak memang kerap mengalami berbagai macam penyakit.

Penyakit pada anak yang kerap terjadi sangat beraneka ragam, biasanya disebabkan oleh virus dan juga bisa disebabkan oleh bakteri. Nah, anda sebagai orang tua sudah sewajibnya mengetahui apa saja penyakit-penyakit tersebut agar anda dapat melakukan tindakan pencegahan agar nantinya anak tidak terserang penyakit tersebut.

Penyakit Pada Anak – Anak

  1. Penyakit Radang Amandel

Penyakit pertama yang biasanya dialami oleh anak-anak adalah penyakit radang amandel. Penyakit ini dikarenakan adanya virus atau bakteri, namun biasanya penyakit ini disebabkan karena adanya virus. anak yang mengalami penyakit ini akan ditandai dengan pembengkakan di bagian amandel.

  1. Gatal-gatal

Penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak selanjutnya adalah gatal-gatal yang disebabkan oleh bakteri ataupun dikarenakan biang keringat. Penyakit ini biasanya akan menyerang bagian tangan, kaki dan mulut anak. Anak yang mengalami masalah gatal-gatal juga akan merasakan tidak enak badan atau sedikit demam.

  1. Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit selanjutnya yang kerap terjadi pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk aides aygepty yang membawa sejumlah bakteri yang akan menyebabkan tubuh terinfeksi virus demam berdarah. Anak yang mengalami masalah demam berdarah akan merasakan demam tinggi, wajah memerah dan bintik-bintik di bagian kulit.

  1. Flu

Flu adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus ini nantinya akan menginfeksi telinga, hidung dan tenggorokan anda. akibat dari penyakit ini anak anda akan menderita beberapa tanda seperti sakit tenggorokan, pilek dan sakit di bagian persendian.

  1. Cacar Air

Penyakit menular seperti cacar air adalah penyakit yang dapat menyebabkan anak demam, sakit kepala dan di bagian kulit akan anda benjolan-benjolan yang isinya cairan. Penyakit satu ini disebabkan oleh virus, jadi jika ada teman anak yang mengalami cacar maka nantinya ia juga dapat menular dengan mudah.

  1. Panas Dalam

Anak-anak malas minum air putih mana ditambah lagi dengan cuaca yang panas membuat anak mudah sekali terserang panas dalam. Ternyata makanan yang dijual di kantin sekolah dapat berpengaruh juga terhadap kesehatan anak. Suruh anak untuk dapat mengonsumsi makanan yang sehat saja dan jangan terlalu sering makan pedas. Biasakan anak untuk minum air putih 8 gelas per hari dan bila perlu suruh anak bawa minum dari rumah.

Setidaknya itulah penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak. Semoga apa yang kami berikan membantu.

Leave a Comment