Sakit Punggung Penyakit Akibat Duduk Terlalu Lama

Penyakit Akibat Duduk Telalu Lama dan Cara Pencegahannya

Tak sedikit orang yang menginginkan kerja di perkantoran. Selain lebih keren, kerja di perkantoran juga, menurut kebanyakan orang, lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan kerja di lapangan. Namun tahukah anda, ada satu masalah yang sering diabaikan oleh mereka yang bekerja di perkantoran? Ya! Terlalu lama duduk. Terlebih ketika mereka sedang dikejar deadline dari bos. Sehingga dalam sekali duduk bisa lebih dari 5 jam.

Bukan hanya pegawai kantoran, tetapi juga mereka para programmer, internet marketer atau siapapun yang diharuskan bekerja dengan komputer mempunyai resiko yang sama, terganggunya kesehatan. Terlebih maniak game atau mereka yang kecanduan media sosial, yang menghabiskan hari-harinya duduk di depan komputer atau laptop, sangat beresiko terkena berbagai penyakit.

Penyakit-penyakit yang Ditimbulkan Akibat Duduk Terlalu Lama

Beberapa resiko akibat terlalu lama duduk, yaitu sebagai berikut:

1. Sakit Punggung

Tak dapat dielakkan lagi ketika kita duduk dalam waktu yang lama maka punggung akan terasa sakit. Bahkan tidak hanya punggung, namun seluruh bagian tulang belakang terasa sakit. Itu karena duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan otot menjadi kaku.

2. Fungsi Metabolisme Tubuh Terganggu

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa duduk terlalu lama apalagi sampai berjam-jam dapat membuat sistem metabolisme dalam tubuh terganggu. Efeknya adalah kolesterol dalam tubuh meningkat. Ini akan menjadi masalah bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Meningkatnya Resiko Diabetes

Yang duduk selama atau bahkan lebih dari 7 jam sehari, terlebih seorang wanita, maka akan memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 lebih tinggi dari mereka yang lebih banyak beraktivitas.. Bila kebiasaan duduk dalam waktu yang lama tidak diubah, maka bersiaplah untuk terkena diabetes. Duduk dalam waktu yang lama membuat kerja tubuh kita berkurang sehingga gula yang seharusnya dijadikan tenaga malah ditumpuk di dalam tubuh. Tumpukan gula berlebih inilah yang menyebabkan kita terkena diabetes.

4. Leher Terasa Nyeri

Rasa nyeri pada leher ditimbulkan salah satunya akibat duduk dalam posisi tegak dalam waktu yang lama. Rasa sakit ini karena di bagian sendi tulang belakang terjadi peradangan atau pengapuran.

5. Mati Muda

Menurut sebuah penelitian semakin lama duduk, maka akan memperpendek usia. Ini disebabkan duduk dalam waktu yang lama akan mengembangkan lemak darah dan kadar kolesterol akan meningkatkan. Resiko yang akan terjadi adalah terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Pencegahan

Beberapa tips agar bisa terhindar dari gangguan kesehatan yang diakibatkan duduk terlalu lama adalah sebagai berikut:

1. Perbanyak Minum Air Mineral

Banyak minum air sangat baik bagi kesehatan kita. Hal ini juga akan membuat kita lebih sering berdiri dan bergerak walau hanya sekadar mengambil air. Dengan banyak minum akan memungkinkan kita untuk sering pergi ke toilet.

Minum Mencegah Penyakit Akibat Duduk Terlalu Lama
Banyak Minum Air Putih

2. Biasakan Berdiri dari Tempat Duduk Tiap 25 Menit

Menurut “teknik Pomodoro” pikiran akan ngelantur jika bekerja lebih dari 25 menit. Sehingga akan sangat baik jika setelah 25 menit bekerja dalam keadaan duduk, segera istirahat beberapa menit dengan cara berdiri dari tempat duduknya. Buatlah tubuh menjadi rileks dengan meregangkan bagian-bagian tubuh yang tertekuk saat duduk.

3. Gunakan Tangga

Biasakan menggunakan tangga untuk naik atau turun dari gedung. Hal ini membuat tubuh lebih bugar karena secara tidak sadar kita telah melakukan olahraga ringan.

4. Gunakan Meja yang Fleksibel

Salah satu alternatif yaitu menggunakan meja fleksibel yang ketinggiannya bisa diatur. Sehingga bisa digunakan saat kita duduk ataupun saat kita berdiri.

5. Biasakan Hampiri Rekan Sekantor

Alat komunikasi memang sudah canggih, namun sangat disarankan jika ada perlu dengan rekan kerja yang satu kantor menghampirinya langsung.

Kesimpulan

Siapapun kita, apapun pekerjaan kita, jangan pernah melakukan duduk hingga berjam-jam. Karena itu dapat mengganggu kesehatan. Untuk menghindari terkena penyakit-penyakit di atas, maka perbanyaklah berdiri dan bergerak. Biasakan berolahraga secara teratur.