NFC adalah Teknologi Canggih untuk Mempermudah Aktivitas Manusia

Kecanggihan teknologi memang tidak dapat dipungkiri sangat membantu segala aktivitas manusia. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika berbagai inovasi diluncurkan untuk meningkatkan berbagai perangkat teknologi yang ada guna memenuhi kebutuhan manusia. Salah satu teknologi canggih yang hadir saat ini adalah NFC.
NFC adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memiliki jarak pendek. Perangkat ini menggunakan antena yang dapat menghasilkan medan magnetik. Medan magnetik inilah yang akan ditangkap oleh perangkat lain yang ada di sekitarnya.

Apa Itu NFC?

squareup.com

Perangkat NFC merupakan salah satu alat komunikasi canggih, namun hanya dapat menjangkau jarak tertentu saja. Gelombang sinyal NFC memiliki panjang gelombang yang lebih pendek bila dibandingkan dengan panjang gelombang yang di pancarkan olah antena operator sebuah provider. Sehingga tidaklah mengherankan jika jangkauan jaraknya cukup pendek.

Perangkat NFC adalah perangkat yang dapat difungsikan dengan optimal pada berbagai benda. Cara kerja NFC ini adalah dengan menggunakan bantuan tag. NFC tag ini memungkinkan perangkat NFC dapat dioperasikan dengan hanya satu kali tap saja.

NFC adalah perangkat yang bekerja pada frekuensi 13,56 MHz, perangkat yang satu ini dapat membuat penggunanya lebih mudah dalam melakukan berbagai aktivitasnya. Oleh karena itu, perangkat yang satu ini telah digunakan di berbagai perangkat seperti smartphone, kamera printer dan perangkat lainnya.

NFC Adalah Perangkat Kecil dengan Segudang Manfaat

NFC saat ini telah digunakan di berbagai perangkat. Dengan didukung oleh NFC tag kerja perangkat ini akan lebih efektif. Hal ini dikarenakan kerja perangkat dapat dilakukan hanya dengan sekali tap. Misalkan Anda ingin menghubungi seseorang maka Anda tinggal menekan foto orang tersebut yang telah dilengkapi oleh NFC.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari NFC untuk sebuah smartphone. Berikut adalah beberapa manfaat NFC yang dapat digunakan pada smartphone :

Mengoperasikan sebuah aplikasi secara otomatis

Perangkat NFC dapat membantu kerja smartphone Anda menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah dapat mengoperasikan sebuah aplikasi secara otomatis tanpa harus membuka smartphone Anda.

Perangkat NFC ini dapat dipasang di berbagai tempat sehingga Anda dapat dengan mudah mengoperasikan smartphone Anda. Misalkan Anda dapat menjalankan aplikasi music player hanya dengan men-tap smartphone Anda dengan NFC yang ada di meja kerja Anda.

Melakukan Pembayaran

youtube.com

Manfaat lain yang paling banyak digunakan adalah untuk melakukan pembayaran. Anda hanya tinggal men-tap NFC yang ada di smartphone Anda pada alat pembayaran saat melakukan transaksi tertentu. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi membayar tagihan Anda dengan uang tunai.

Manfaat ini telah banyak digunakan oleh berbagai provider ternama di Indonesia. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan teknologi ini seluruh transaksi dapat dilakukan dengan sangat efektif, cepat dan aman

Menginformasikan lokasi

Manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari teknologi NFC ini adalah ‘check-in’. Dengan teknologi chek-in NFC Anda dapat mengetahui lokasi atau letak beberapa tempat atau benda yang Anda cari.

Melakukan tugas tertentu

Perangkat NFC juga dapat diprogram untuk menjalankan tugas tertentu. Dimana Anda dapat menyetting perangkat smartphone Anda untuk melakukan tugas tertentu tersebut. Misalkan tugas untuk mengirimkan pesan tertentu pada waktu tertentu.

Itulah sekilas informasi tentang perangkat NFC. Dengan menggunakan perangkat ini Anda akan semakin mudah dalam melakukan berbagai aktivitas keseharian Anda. Kecanggihan teknologi saat ini memang sangat membantu semua aktivitas manusia.

Leave a Comment