Nama Domain dan Cara Mendapatkannya

Saat ini, internet sudah menjadi sebuah kebutuhan. Baik untuk bisnis atau hanya sekedar bermain media sosial. Dan sudah dipastikan, nama www.facebook.com atau www.google.com tidak asing lagi bagi pengguna internet saat ini. Namun, tahukah kalian ada rahasia apa dibalik nama tersebut?

Pengertian

Pengguna internet, khususnya di Indonesia amat sangat mengenal www.google.com, rajanya mesin pencarian atau search engine. Di dalam tulisan www.google.com ada beberapa istilah seperti domain, nama domain, subdomain, ada juga TLD atau Top Level Domain.

Nama domain (domain name)

Nama domain (domain name) yaitu sebuah nama unik untuk mengidentifikasi nama sebuah server komputer  atau virtual server (lebih sering disebut hosting) seperti web server di jaringan internet. Nama domain yang sebenarnya merupakan kumpulan angka-angka. Namun untuk mempermudah kita mengingat sebuah alamat maka dibuatlah nama domain. Dalam bahasa sederhananya domain adalah sebuah ‘alamat’ dari server atau hosting. Nama domain tidak bisa digunakan jika tidak ada server atau hosting. Namun sebuah server atau hosting sudah memiliki domain berupa deretan angka atau biasa disebut IP address.

Domain

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia adalah wilayah, lingkungan, daerah, ranah. Namun menurut pengertian dalam dunia internet, domain yaitu pembagian/pengelompokan dari penamaan untuk tiap-tiap tujuan. Misalnya untuk sekolah, komersial, organsisasi, negara dan lain-lain.

TLD (Top Level Domain)

Awalnya domain ini milik Amerika. Namun terlihat seperti domain standar karena sering digunakan. TLD atau domain level tinggi ini sangat disukai oleh para pengguna internet. Apabila kita menginginkan memiliki domain level tinggi ini, maka tak ada syarat yang rumit. Kecuali untuk domain level tinggi mil, edu, travel. Top level domain dibagi dua, pertama generic top level domain dan yang kedua country coded top level domains, yang dikhususkan untuk tiap negara.

Contoh gTLD (Generic Top Level Domain):

  1. .Com: dipakai untuk komersial atau perusahaan
  2. .Net: dipakai untuk network infrastruktur
  3. .Org: dipakai untuk kepentingan organisasi
  4. .Info: dipakai untuk kepentingan informasional website
  5. .Name: dipakai untuk kepentingan keluarga atau personal
  6. .Edu: dipakai terbatas hanya untuk pendidikan
  7. .Mil: dipakai terbatas hanya untuk militer
  8. .biz: dipakai untuk bisnis
  9. .tv: dipakai untuk entertainment atau hiburan, televisi, Radio, majalah
  10. .travel: dipakai untuk bisnis pariwisata

Contoh ccTLD’s (Country Coded Top Level Domains):

  1. .id digunakan untuk negara Indonesia
  2. .my digunakan untuk negara Malaysia
  3. .sg digunakan untuk negara Singapura
  4. .jp digunakan untuk negara Jepang

Dan ada juga subdomain untuk tiap-tiap negara. Misal subdomain yang digunakan di Indonesia contohnya:

  1. .or.id: dipakai untuk sebuah Organisasi
  2. .co.id : dipakai untuk Komersial
  3. .go.id : dipakai untuk  Pemerintahan
  4. .ac.id : dipakai untuk Pendidikan Tinggi
  5. .sch.id: dipakai untuk untuk Sekolah
  6. .net.id: dipakai untuk Internet Provider
  7. .web.id: untuk umum

Cara Mendapatkan Domain

Siapapun bisa mendapatkan domain yang diinginkan selama domain tersebut belum dimiliki orang lain. Cara mendapatkan domain biasanya dengan membeli. Ada pula yang bisa didapatkan dengan free atau gratis, namun biasanya domainnya terbatas atau hanya sebatas subdomain.

Langkah-langkah Mendapatkan Domain

Banyak sekali website yang menyediakan atau menjual nama domain. Salah satunya di www.domainesia.com.

Pertama, buka web domainesia.com, maka akan ada tampilan sebagai berikut:

Domain Name System Domainesia
Tampilan Awal Web Domainesia

Kemudian, ketik nama domain yang kita inginkan. Contoh:

Domain Name System Domainesia
Contoh Domain yang Tersedia

Gambar di atas memperlihatkan bahwa yang berwarna hijau adalah nama domain yang belum digunakan. Sedangkan yang berwarna abu-abu, sudah ada yang memiliki. Langsung saja pilih nama domain yang sesuai dengan yang kita inginkan namun masih tersedia. Pilih saja “Pesan domain saja”, kemudian akan muncul seperti berikut (catatan: jika kita sudah membuat akun di domainesia):

Domain Name System Domainesia
Pesanan Domain di Domainesia

Pilih “Masukan Troli” maka akan muncul daftar item yang kita beli, lanjutkan saja dengan mengklik “Selesaikan dan bayar”. Setelah itu kita tinggal bayar dengan cara transfer atau bisa pula dengan paypal. Jika berhasil, maka domain kita akan berstatus “aktif”

Domain Name System Domainesia
Contoh Domain Sudah Aktif

Domain sudah aktif namun belum bisa digunakan, karena jika domain saja itu hanyalah sebuah alamat “kosong”. Langkah selanjutnya adalah kita harus mempunyai hosting. Apakah itu hosting? Bagaimana cara mendapatkannya? Klik di sini!