Tips Merawat Bayi Prematur yang Harus Ibu Tau

Bayi adalah ciptaan tuhan yang diberikan kepada pasangan yang saling mencintai. Tuhan menciptakan bayi untuk dirawat dan disayangi dengan penuh kasih. Bayi sehat adalah bayi yang lahir dengan keadaan normal dan dapat tumbuh dengan sehat. Akan tetapi ada saja pasangan yang melahirkan bayi dengan prematur.

Bayi prematur sangat berbeda dengan bayi normal. Bayi prematur kondisinya sangat jauh berbeda dengan bayi-bayi normal pada umumnya sehingga tips dan perawatan bayi prematur harus diketahui ibu dengan sangat baik.

Bayi prematur harus melawan dan berjuang agar dirinya dapat hidup karena biasanya bayi ini rentan mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bayi prematur mengalami kesempatan hidup yang sangat kecil berbeda dengan bayi-bayi normal pada umumnya.

Tips Merawat Bayi Prematur yang Harus Ibu Tau

Bayi prematur harus dirawat sebaik mungkin

anitanet.staff.ipb.ac.id

Bayi yang lahir normal ataupun prematur semuanya sudah pasti harus selalu dirawat dan dijaga dengan sebaik mungkin. Merawat bayi dengan baik akan membuat bayi menjadi sehat dan proses pertumbuhannya pun akan semakin lebih baik lagi. namun untuk bayi prematur ini harus mendapatkan perawatan yang esktra karena kondisinya yang lemah daripada bayi normal pada umumnya.

Biasanya pihak rumah sakit akan memperbolehkan bayi yang telah memenuhi kriteria sehat untuk dibawa pulang, namun orang tua tetap harus melakukan perawatan khusus. Apabila anda bingung serta takut bagaimana merawat bayi prematur, maka inilah tips dan perawatan bayi prematur yang harus diketahui. Anda tidak boleh cemas dan lakukanlah beberapa cara tepat.

Melakukan beberapa perawatan ini akan melindungi bayi anda agar tetap sehat dan terbebas dari masalah kesehatan.

  • Perhatikan untuk selalu menjaga kebersihan kamar karena bayi prematur akan lebih mudah terserang berbagai macam infeksi. Oleh karena itu anda harus memastikan bahwa anak harus terhindar dari debu, bahan kimia dan orang sakit.
  • Aturlah suhu kamar bayi anda menjadi 26 sampai 27 derajat celcius agar suhu bayi tetap stabil.
  • Saat anda menggendong bayi maka usahakan untuk meletakkan bayi di dada ibu agar nantinya kulit bayi dan kulit ibu bersentuhan sehingga akan menjaga suhu tubuh tetap stabil dan mempererat hubungan antara ibu dan anak.
  • Anda harus memastikan bahwa kamar benar-benar nyaman untuk anak anda, sebab bayi prematur harus memiliki jam tidur yang lebih panjang daripada bayi normal.
  • Coba konsultasi ke dokter untuk melakukan penanganan yang tepat.
  • Anda dapat memberikan program ASI eksklusif.
  • Jaga juga kebersihan pakaian bayi dan pastikan terbebas dari debu.
  • Berikanlah obat dan vitamin sesuai dengan aturan agar anak tetap sehat.
  • Mandikan anak setiap hari dan jemur bayi sekitar 15 menit agar nantinya kulit bayi tidak kuning.

Itulah tips dan perawatan bayi prematur yang harus diketahui. Semoga membantu.

Add Comment