kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan

4 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

Semua ibu pasti akan senang ketika janin sudah tumbuh di dalam rahimnya. Seketika itu ibu berusaha menjaga kesehatan agar janin tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. cara kita menjaga kesehatan dan janin akan mempengaruhi cerdas atau tidaknya ia kelak.  Walaupun di keadaan ini ibu kadang kesulitan karena kondisi fisik dan psikologis berbeda dengan keadaan normal namun ibu harus benar-benar menjaga kesehatan dengan baik.

Cara menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan memang harus diperhatikan ibu agar nantinya janin tumbuh dan berkembang dengan normal. Misalnya ibu tidak boleh stres ketika hamil sebab ini juga akan mempengaruhi atau membebani anak dan ini juga akan menghambat tumbuh kembang bayi yang ada di dalam rahim.

Cara Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin dalam Kandungan

Ada 4 tips sederhana yang dapat ibu lakukan demi menjaga kesehatan janin dan ibu selama masa hamil. Apa saja tips tersebut?

Rutinlah Periksa Kandungan

Ketika anda hamil sebaiknya rutinlah memeriksakan kandungan anda sebab hal ini sangat penting dan jangan diabaikan. Hal ini bermanfaat untuk tindakan pencegahan atau berhati-hati ketika nantinya hal tidak diinginkan terjadi. Selain itu rutin memeriksakan kandungan juga dapat mencegah atau meminimalisir kematian pada bayi.

Jaga Pola Makan

Cara menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan. Pola makan yang baik ialah dengan memenuhi tubuh akan asupan vitamin, mineral dan beberapa gizi lainnya yang diperlukan demi tumbuh kembang janin. Anda dapat juga berkonsultasi mengenai apa saja makanan-makanan yang baik dan cocok dikonsumsi agar anak dan janin selalu sehat. Anda jangan pernah menjalankan program diet ketika hamil.

Rutinlah Senam Selama Kehamilan

Anda juga harus rutin menjalani senam selama masa hamil hal ini bermanfaat dalam menjaga dan membantu tubuh agar selalu bugar dan anda pun tidak terlihat lemas. Senam hamil memang sangat membantu dalam proses persalinan anda nantinya. Oleh karena itu sebisa mungkin anda harus mengusahakan untuk rutin melakukan senam kehamilan. Saat ini ada banyak tempat yang sudah menyediakan jasa senam hamil.

Jangan Berpikir Berat atau Sstres

Anda sebaiknya membiasakan diri untuk lebih tenang dan santai. Janglah berpikir berat yang akhirnya membuat anda stres dan ini memperburuk kesehatan janin. Banyak sekali jenis penyakit yang terjadi oleh wanita saai ia sedang mengandung. Selain itu berpikir dengan tenang juga akan membuat bayi ikut merasa tenang di dalam kandungan. Selain itu, ini juga akan membuat janin tumbuh dengan bayi yang sehat dan cerdas di kemudian hari.

Sebenanya masih banyak cara menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan yang dapat ibu lakukan. Paling penting ibu hamil jangan stres dan selalu mencukupi asupan gizi agar janin tumbuh menjadi janin yang sehat.

Leave a Comment