5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Marah

Anak anda sering marah-marah? Maka besar kemungkinan ini adalah pengaruh dari kebiasaan anda sendiri. Coba anda lihat apakah selama ini anda sering marah-marah dengan anak atau anda sering marah dengan orang lain di depan anak anda? Maka tanpa anda sadari anak pun belajar atau terpengaruh untuk melakukan hal yang sama.

Cara mengatasi anak yang mudah marah adalah salah satu cara yang harus diketahui orang tua sebab ketika anak mudah marah atau ngambekan maka ini adalah hal yang sangat menjengkelkan. Sebab banyak orang tua yang tidak pandai mengatasi anak yang mudah marah bahkan beberapa dari mereka malah balik memarahi anak dan cenderung tidak dapat menahan emosi.

Tapi ketika anda mengikuti tips yang kami berikan di bawah, maka mudah-mudahan ini dapat membantu anda dalam mengatasi anak yang ngambekan.

Cara Mengatasi Anak yang Suka Marah

Anda Harus Memberi Contoh

Anda sebagai orang tua harus memberi contoh atau menjadi teladan untuk anak-anak anda. jadi, ketika anda memiliki kebiasaan yang sering marah atau tidak dapat menahan emosi maka sebaiknya anda harus meninggalkan kebiasaan ini.

Jangan Gugup dan Tetap Tenang

Selanjutnya dalam cara mengatasi anak yang mudah marah adalah jangan gugup dan tetap tenang. Apalagi ketika anak anda marah di tempat umum, anda jangan memarahnya atau bahkan memukulnya di hadapan banyak orang.

Kenali Perasaan Anak

Biasanya anak-anak memiliki kemauan yang sangat tinggi tapi tidak memiliki kemampuan yang sekuat dengan keinginannya. Oleh karena itu anda sebagai orang tua harus dapat memahami keinginan dan perasaan anak. Anak yang tidak dapat mencapa apa keinginannya kerap akan frustasi dan menjadi anak yang nakal.

Menjaga Komunikasi

Apakah saat ini komunikasi anda sudah berjalan dengan baik antara anda dan anak anda? mungkin selama ini kita mengabaiknya sehingga ketika ia menginginkan sesuatu ia terkesan seperti protes padahal ia hanya tidak dapat menyampaikannya dengan baik. oleh sebab itu bangunlah komunikasi yang baik antara anda dan anak, jangan membuat jarak jadilah sahabat untuk mereka.

Peluk Dia

pelukan meredakan amarah

www.popsugar.com

Terkadang anak ngambek atau marah dikarenakan hal sepele misalnya saja kurang diperhatikan atau kurang kasih sayang. Apabila anak tumbuh menjadi orang dewasa maka dan andak masih sibuk dengan pekerjaan anda maka nantinya anda dan dia tidak mendapatkan kedekatan fisik. Alhasil anak menjadi anak yang nakal karena ia tidak mendapatkan perhatian. Ketika ia marah peluklah anak dan katakan bahwa anda menyayanginya.

Tidak sulit untuk menjadi ibu yang baik untuk keluarga dan anak-anak anda. tips cara mengatasi anak yang mudah marah di atas bukan hanya ditujukan untuk ibu saja namun juga ayah.

Leave a Reply