Ini Dia, Cara Memilih Peluang Bisnis yang Tepat untuk Kamu

Bosan menjadi pekerja kantoran? Atau kamu bermimpi menambah penghasilan di luar gaji bulanan? Berbisnis bisa jadi solusinya.

Sayangnya, kebanyakan berpikir dan rasa khawatir akan gagal membuat orang justru akan sulit memulai bisnis. Padahal, tidak jarang ide atau peluang bisnis malah muncul dari hal-hal yang sederhana. Hal yang mungkin luput dari perhatian kita, sedangkan pasarnya ada.

Di sisi lain, memutuskan untuk berbisnis tanpa pertimbangan yang matang pun bisa berbuah malapetaka. Tidak sedikit orang yang kemudian menyesal berbisnis. Nah, supaya kamu tidak salah melangkah, ada baiknya menyimak beberapa tips memilih peluang bisnis yang paling cocok buat kamu.

#1. Kenali Kebutuhan Pasar

cara memilih peluang bisnis dengan melihat kebutuhan pasar

bisnisukm.com

Jangan memulai bisnis yang ga laku di pasaran. Lho, cara tahu laku atau tidaknya bagaimana? Caranya simpel saja. Kamu harus melakukan riset kecil-kecilan tentang produk atau penawaran bisnis yang kamu temukan.

Hati-hati, jangan terjebak testimoni cepat kaya, ya. Banyak multilevel-marketing yang ternyata kurang prospektif, meski tidak sedikit yang bagus dan berpeluang sukses. Risetnya tidak perlu ribet. Cukup rajin tanya-tanya ke orang sekitarmu, browsing tentang peluang bisnis tersebut, atau cari sumber lainnya. Waspadalah, jangan termakan informasi hoax.

Jika kebutuhan pasar memang tinggi, tidak ada salahnya kamu mencoba memasukkan peluang bisnis tersebut dalam catatan kecilmu. Siapa tahu, kamu bisa meraih pemasukan dari situ. Beberapa bisnis yang memang selalu ramai adalah produk busana, kecantikan, dan makanan. Industri kreatif pun tak pernah kekurangan permintaan. Tinggal kamu yang menentukan pilihan.

#2. Kenali Passion Kamu

passion kamu merupakan salah satu peluang bisnis

youtube.com

Sebelum mulai berbisnis, kenali minat kamu. Beberapa kasus kegagalan berbisnis disebabkan oleh kurangnya minat. Akibatnya, produk kurang dipahami. Ujungnya, kamu tidak bisa memasarkan produkmu dengan baik.

Minat yang tinggi akan membantu kamu untuk bersemangat dalam berbisnis. Entah dalam hal fashion, kuliner, toys, atau apapun itu, minat akan membuat kamu bertahan dalam menghadapi tantangan bisnis. Karena perlu kamu sadari, tidak ada bisnis yang langsung sukses, semua membutuhkan proses. Kadang untung, kadang merugi. Passion-lah yang pada akhirnya akan membuat kamu bertahan hingga berhasil memperoleh keuntungan.

#3. Buat Perencanaan Bisnis

Setelah tahu peluang bisnis dan mengenali minatmu, tahap selanjutnya adalah menyusun perencanaan bisnis. Tuliskan setiap detil proses bisnismu. Mulai dari modal yang dibutuhkan, target pasar, keunikan produk, kompetitor, hingga perhitungan laba yang akan diperoleh. Bahkan, kamu perlu memperhitungkan kerugian yang mungkin terjadi.

#4. Bangun Jaringan

Jangan bekerja sendiri. Terlebih di era serba daring sekarang ini, membangun jaringan bisa dengan mudah kamu lakukan. Berbagai akun toko daring bisa jadi pilihanmu dalam membangun jaringan untuk berbisnis.

Tapi jangan lupa, mulai membangun jaringan dari lingkaran terdekatmu. Kawan sejawat, teman masa sekolah, serta sanak saudara. Mereka yang bisa menjadi sasaran pertama dalam mengembangkan sayap bisnismu.

#5. Bertukar Pikiran dengan Orang Lain

ngobrol atau diskusi dengan orang lain

http://tenntlc.utk.edu

Terakhir, kamu harus membuka diri. Biasakan bertukar pikiran dengan orang lain. Karena bisa saja apa yang kamu kira baik ternyata malah berpeluang merugikan bisnismu.

Berdiskusi dengan sahabat yang telah mulai berbisnis atau anggota keluarga yang dipercaya, bisa jadi opsi yang baik. Luangkan waktu untuk berpikir dan catat perkembangan proses kamu dalam memulai bisnis. Jangan segan untuk merevisi kembali pilihanmu.

Jangan terburu-buru dalam mengambil peluang bisnis yang mampir di hadapanmu. Meski tidak baik pula terus menunda memulai bisnis. Pertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Mulailah dari langkah kecil sehingga secara bertahap dapat berkembang menjadi besar. Siapa tahu, bisnismu mampu membuka banyak peluang kerja yang baru. Selamat berbisnis.

Leave a Reply