Membuat Website .Com dengan CMS WordPress

Membuat website bisa dikatakan mudah bisa pula dikatakan sulit. Bagi para webmaster tentu saja membuat website sangat mudah. Namun bagi para newbie (pemula) yang baru mencicipi dunia internet akan terasa sulit dan ribet. Untuk itu tulisan ini dibuat, semoga bisa membantu bagi para newbie yang ingin membuat website pribadi ber-TLD .com (dot com).

Persiapan Membuat Website

Pada dasarnya membuat website hampir sama dengan membuat blog. Hanya saja ketika membuat blog, kita hanya membutuhkan sebuah alamat email aktif untuk daftar di Blogger atau WordPress.comSedangkan membuat website pribadi ber-TLD .com (dot com) kita harus menyiapkan domain dan hosting. Secara sederhananya, jika kita akan membuat rumah, maka hosting merupakan sebuah tanah pekarangan untuk membangun sebuah rumah. Sedangkan domain merupakan alamat rumah tersebut sehingga memudahkan orang lain untuk berkunjung ke rumah kita.

Sewa Hosting

Hosting bisa kita dapatkan dengan cara menyewa ke salah satu provider. Memang ada hosting gratisan, namun sangat terbatas space dan bandwidth-nya. Jadi alangkah baiknya kita menyewa hosting yang sekiranya mampu memenuhi kebutuhan website kita. Untuk caranya baca semua tentang hosting. Misal kita menyewa hosting di HawkHost. Nanti akan ada pesan masuk ke email kita berisi username dan password cPanel serta NS (Name Server) dari HawkHost.

Membeli Domain

Banyak tempat untuk membeli domain. Salah satunya di Domainesia. Pertama tentukan nama domain apa yang akan digunakan untuk website yang akan kita buat. Kemudian cek ketersediaannya. Dianjurkan untuk memakai TLD (Top Level Domain) .com (dot com). Memang secara teknis tidak ada keistimewaan apa-apa. Namun TLD .com lebih mudah diingat dan lebih familiar dibandingkan TLD lainnya. Cara membeli domain bisa baca di sini.

Membuat Website

Setelah berhasil menyewa web hosting dan sebuah 1 nama domain, maka kita sudah dapat memulai membuat website pribadi dengan menggunakan CMS wordpress. Untuk menginstall wordpress kita harus masuk ke cPanel.
Secara sederhana, langkah-langkahnya sebagai berikut:
Pertama buka cPanel dengan cara: buka browser kemudian ketik di address bar: namadomain.com/cpanel
Tampilan Log In cPanel

Tampilan Log In cPanel

Jika username dan password yang dimasukan benar, makan akan masuk ke cPanel milik HostGator.

Membuat Website .Com dengan CMS WordPress cPanel HostGator

Tampilan cPanel HostGator

Selanjutnya arahkan kursor ke kolom software dan pilih aplikasi fantastico de luxe

Membuat Website .Com dengan CMS WordPress Tab Software

Tampilan cPanel Tab Software

 

Kemudian akan ada tampilan fantestico de luxe. Pada opsi blogs yang ada di sebelah kiri, pilihlah wordpress. Kemudian masukkan data yang diperlukan. Pilih nama domain yang telah kita beli. Jika semua data yang diminta telah diisi, maka klik tombol install. Contoh sebagai berikut:

Membuat Website .Com dengan CMS WordPress Fantastico

Tampilan Fantastico di cPanel

Tunggulah beberapa saat hingga instalasi selesai. Kemudian klik finish installation

Membuat Website .Com dengan CMS WordPress Fantastico Finish

Tampilan Fantastico Setelah Selesai Penginstallan WordPress

 

WordPress sudah selesai diinstall. Ingat baik-baik username dan password yang telah kita buat. Karena itu untuk masuk ke wordpress.

Membuat Website .Com dengan CMS WordPress Proses Install Selesai

Tampilan CMS WordPress Berhasil Diinstall

 

Website sudah selesai dibuat. Selanjutnya ketik saja nama domain kita di address bar browser. Maka tampilannya akan seperti ini

Membuat Website .Com dengan CMS WordPress Tampilan Homepage

Tampilan Homepage Website yang Baru Selesai Dibuat

 

Itu merupakan tampilan awal website kita dengan CMS WordPress. Untuk membuat konten, memasang plugin, edit tema dan lain sebagainya kita mesti masuk ke dashboard. Tidak seperti blogspot yang ada pilihan log in, di website dengan hosting pribadi kita mesti mengetikan URL seperti berikut: namadomain.com/wp-admin maka akan muncul tampilan log in seperti ini:

Membuat Website .Com dengan CMS WordPress Dashboard Login WP

Tampilan Login WordPress

Masukanlah username dan password yang telah kita buat. Maka akan muncul tampilan dashboard wordpress sebagai berikut

Membuat Website .Com dengan CMS WordPress Dashboard

Tampilan Dashboard WordPress

 

Proses pembuatan website sudah selesai. Namun proses tidak sampai di sini. Artikel berikutnya kita akan belajar tentang bagaimana cara mengganti tema, membuat konten, membuat laman statis, memasang plugin dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.