melatih anak mandiri

Melatih Anak Mandiri Sejak Dini Sangat Dianjurkan

Melatih Anak Mandiri Sejak Dini – Sikap yang mandiri haruslah ditanamkan pada anak sedini mungkin. Saat seorang anak bisa mandiri, maka ia akan memiliki kepercayaan diri serta lebih pandai dalam melakukan berbagai hal. Namun kendala yang dihadapi oleh orang tua saat mengajarkan anaknya untuk mandiri adalah mengenai kesabaran.

Seringkali orang tua tidak sabar saat melatih anak-anaknya dalam mandiri. Akhirnya, keterbatasan yang dimiliki oleh anaknya kemudian membuat orang tua tanpa sadar membantu anaknya dalam melakukan berbagai hal. Inilah yang menjadi penyebab sehingga sang anak tidak bisa mandiri.

TIPS MELATIH ANAK MANDIRI

Padahal, ada banyak cara sederhana untuk mengajarkan kemandirian pada anak. Kuncinya adalah dengan tidak terburu-buru, karena segalanya memang membutuhkan proses.

Nah, apa sajakah cara untuk mengajarkan anak agar bisa mandiri? Silahkan disimak:

Merapikan Kamar Sendiri

merapikan tempat tidur membuat anak menjadi mandiri
riskaayupurnama.wordpress.com

Pada pagi hari, biasakan anak Anda untuk merapikan kamarnya sendiri. Hal ini sendiri biasanya hanya membutuhkan waktu selama 10 menit. Sebagai langkah awal, berikanlah contoh bagaimana caranya untuk menyusun bantal dan merapikan selimut. Begitu pula dengan alat-alat tulis yang ada di mejanya juga harus dirapikan.

Langkah selanjutnya adalah meminta sang anak agar mau melakukan semua itu dengan sendiri. Pada awalnya, ia tentu tidak bisa melakukannya dengan baik. Maka dari itu, dampingan dari orang tua sangatlah dibutuhkan. Tapi ingat, sebisa mungkin minimalkan bantuan Anda kepada anak. Biarkan ia melakukan sesuai dengan kemampuannya.

Bersih-Bersih Bersama

Jika memasuki hari libur, ajaklah anak Anda untuk melakukan kegiatan bersih-bersih rumah bersama dengan Anda. Mengikutsertakan anak dalam kegiatan seperti ini bertujuan untuk membuatnya terbiasa dan mengerti mengenai arti kebersihan. Tidak harus memberikan ia tugas yang berat, cukup minta ia membersihkan hal-hal ringan yang memang sesuai dengan usianya.

Menyiapkan Keperluan Sekolah

Biasakan pula agar anak Anda mau ikut terlibat dalam urusan menyiapkan peralatan sekolah. Supaya tidak terlalu terburu-buru, lakukanlah hal ini pada malam hari. Mintalah supaya ia mau memasukkan buku dan peralatan tulisnya ke dalam tas. Sementara itu, pakaian dan sepatu untuk sekolah juga sudah harus disiapkan. Dengan semakin seringnya ia terlibat, maka ia akan semakin terlatih untuk menyiapkan kebutuhannya sendiri.

Meletakkan Barang Pada Tempatnya

Tips melatih anak mandiri selanjutnya adalah dengan mengajarkan ia untuk meletakkan barang-barangnya di tempatnya, misalnya mainan atau buku. Jangan sampai ia membiarkan mainan dan barang-barangnya berserakan dan tidak disusun kembali setelah digunakan. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan sebuah tempat khusus untuk menyusun barang-barangnya. Tempat ini sendiri haruslah mudah dijangkau oleh anak Anda.

Menyiapkan Makanan

Kemandirian seorang anak bisa juga dilatih dengan mengajaknya untuk menyiapkan makanan bersama dengan Anda. Namun pastikan bahwa barang-barang yang ia pegang bukanlah yang berat, mudah pecah, tidak panas, dan tidak membahayakan sang anak. Setelah makan, minta ia untuk membawa peralatan makannya ke tempat cuci piring.

Meletakkan Pakaian Kotor Pada Tempatnya

Ingatkan ia untuk selalu memasukkan pakaian kotornya ke tempat yang sudah disediakan. Peringatkan anak Anda bahwa jika pakaian kotornya tidak dimasukkan ke tempat tersebut, maka pakaiannya tidak akan dicuci. Untuk itu, selalu sediakan tempat untuk pakaian kotor dan pastikan agar ia selalu memasukkan pakaian kotornya ke tempat tersebut.

***

Nah, itulah beberapa tips melatih anak mandiri yang bisa diterapkan di dalam kesehariannya. Selain bisa membantu anak untuk mandiri, cara-cara di atas juga bisa membuatnya menjadi lebih rapi, disiplin, dan memiliki rasa tanggung jawab.

Leave a Comment