Ayo Konsumsi Putih Telur dan Rasakan Manfaatnya!

Menurut Dr. Don Mc Namara dari America’s Egg Nutrition Center, “Telur dalam makanan Anda akan mengurangi resiko sakit jantung, kanker payudara dan usus, penyakit mata dan kehilangan massa otot pada manula serta membantu menjaga berat badan Anda”.

Telur merupakan pangan sumber protein yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Tak hanya protein, telur mengandung zat-zat gizi yang lengkap bagi pertumbuhan makhluk hidup. Maka tak heran jika telur dianggap bahan pangan yang sempurna. Telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, telur juga baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam kondisi sakit untuk mempercepat penyembuhan.

Telur tersusun atas tiga bagian utama, yaitu kulit telur, kuning telur, dan putih telur. Putih telur atau albumen merupakan bagian telur yang berbentuk seperti gel, mengandung air dan terdiri atas empat fraksi yang berbeda-beda kekentalannya. Putih telur terdiri atas protein yang memiliki kemampuan anti bakteri.

Putih Telur Sebagai Sumber Protein Alami

chefjays.com

chefjays.com

Putih telur mengandung protein, fosfor, kalsium, zink, dan pottasium. Protein dalam telur dipecah menjadi asam amino di dalam tubuh. Asam amino inilah yang akan membantu dalam pembentukan otot. Tak heran banyak binaragawan mengonsumsi telur untuk merawat ototnya.

Perawatan Kulit

agenberasmerah.com

agenberasmerah.com

Protein pada putih telur sangat bermanfaat bagi kulit. Protein tersebut dipercayai dapat menghaluskan kulit. Selain itu, protein pada putih telur juga dapat menghilangkan jerawat diwajah. Protein juga berfungsi untuk meregenerasi sel kulit mati. Sehingga, apabila kulit terbakar matahari, cukup gunakan putih telur sebagai obatnya.

Selain protein, vitamin E juga terdapat dalam kandungan putih telur. Seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin E  dapat menghilangkan minyak pada wajah. Putih telur juga dipercayai dapat menghilangkan jerawat diwajah.

Lingkaran mata yang berwarna hitam, yang dikarenakan kurang tidur ternyata dapat hilang dengan menggunakan putih telur. Masker putih telur juga dapat mengencangkan dan melembabkan kulit wajah, juga membuat pori-pori wajah menjadi lebih kecil.

Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

ytimg.com

ytimg.com

Pada rambut, putih telur berfungsi sebagai pelembab, mengurangi rambut rontok, dan menghilangkan minyak pada rambut. Sedangkan pada kulit kepala, putih telur dipercaya dapat menghilangkan ketombe. Masalah-masalah tersebut sering dialami perempuan dan juga tidak sedikit laki-laki, yang akhirnya dapat menurunkan kepercayaan diri.

Dengan menggunakan putih telur rambut dapat menjadi lebih lembab dan sehat. Rambut rontok dapat diatasi dengan putih telur, karena putih telur mengandung zat besi yang dapat memperkuat rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Selain itu, ternyata putih telur juga dapat menghilangkan minyak berlebih pada rambut.
Hanya dengan mengoleskan putih telur pada kulit kepala kemudian bilas, dan bila perlu tambahkan shampoo, kulit kepala akan terbebas dari nakalnya ketombe yang bisa membuat malu.

Folat dan Vitamin B pada Putih Telur

www.wanista.com

www.wanista.com

Kedua kandungan tersebut sangat penting bagi kehamilan. Penting dalam perkembangan otak janin. Serta bermanfaat untuk perkembangan sel hingga jaringan.
Diet

Kandungan protein yang tinggi pada putih telur dapat menggantikan kebutuhan karbohidrat bagi tubuh. Protein seperti halnya karbohidrat berfungsi sebagai penghasil energi. Dengan mengonsumsi putih telur, nafsu makan akan turun. Sehibgga dapat membantu diet yang sedang dilakukan untuk membentuk tubuh ideal.

Kesehatan Mata

www.artikeldokter.com

www.artikeldokter.com

Putih telur telah digunakan untuk mengobati katarak. Katarak sendiri adalah kekeruhan yang terjadi pada lensa mata, yang menghalangi sinar masuk ke dalam mata. Biasanya katarak terjadi pada manula.

Semoga bermanfaat. Namun tetap perlu diingat, jangan mengonsumsi secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik!

Leave a Reply