Lari Pagi: Tidak Sekadar Ikut-ikutan, Rasakan Juga Manfaatnya!

Kalau ditanya olahraga apa sih yang sedang ngehits saat ini? Yup, jawabannya tentu saja lari pagi (jogging). Sejak diterapkannya car free day di beberapa kota besar di Indonesia, olahraga ini menjadi sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Tidak hanya kalangan remaja, dari mulai bayi sampai manula bisa kita temukan di car free day.

Car free day, bukan hanya mengurangi polusi udara yang disebabkan kendaraan bermotor. Lebih dari itu kita bisa merasakan nikmatnya lari pagi, bersepeda, atau hanya sekadar jalan-jalan saja tanpa harus khawatir dengan bisingnya kendaraan, pengapnya udara karena asap motor, dan macetnya jalanan.

Akivitas lari pagi jika dijalankan dengan rutin, tentunya akan berperngaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita. Pernah mendengar pepatah “di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat” bukan? Nah, jangan pernah lupakan pepatah itu! Pepatah itu bukan hanya untuk atlet saja, tetapi untuk kita semua yang merindukan kesehatan dan kekuatan jiwa.

Lalu, apa saja sih manfaat dari lari pagi?

Tidak Perlu Belajar Khusus

bukuberitaku.blogspot.com

bukuberitaku.blogspot.com

Lari merupakan olahraga termudah sepanjang masa. Bahkan dari sejak balita, kita manusia sudah bisa berlari. Untuk melakukan aktivitas ini, kita yang bukan atlet lari tentu tidak perlu belajar khusus trik-trik lari. Asal ada kemauan saja.

Tidak Perlu Mengeluarkan Uang

capitalbusinessblog.bcnys.org

capitalbusinessblog.bcnys.org

Olahraga termurah bahkan gratis adalah lari. Bagaimana tidak? Hanya tinggal ada kemauan, bangun pagi, keluar rumah, lalu anda berlari-lari kecil saja itu sudah cukup untuk meningkatkan semangat anda untuk menjalankan hari-hari. Tidak perlu membeli peralatan khusus, tidak perlu ke gedung olahraga, cukup di depan rumah saja anda sudah bisa melakukan aktivitas olahraga yang satu ini.

Mencegah Kencing Manis (Diabetes Melitus)

menurunkan kadar gula darah

www.sehatdanfit.com

Mother of disease ini ternyata dapat dicegah dengan lari pagi. Dengan berlari pagi tubuh kita akan mengeluarkan keringat yang artinya di dalam tubuh terjadi proses metabolisme yang meningkat. Biasanya, para penderita diabetes memiliki tingkat metabolisme yang rendah, sehingga lari pagi dapat membantuk tingkat metabolismenya menjadi tinggi. Manfaat lainnya yaitu membakar lemak dan gula tubuh yang akan menghasilkan energi dan menurunkan gula darah. Selain itu, lari pagi juga dapat memacu jantung untuk bekerja lebih keras.

Mencegah Obesitas

www.simptomi.rs

www.simptomi.rs

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lari pagi dapat membakar sejumlah kalori setiap harinya. Tentu saja jika dilakukan dengan rutin. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, lari pagi ini harus diikuti dengan  pengaturan pola makan yang baik.

Menambah Tinggi Badan

allball.blogs.nba.com

allball.blogs.nba.com

Lari pagi ternyata bisa membuat tubuh anda menjadi lebih tinggi. Namun, anda harus berlari lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut dipercaya dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan tulang. Otot kaki yang tertekan selama lari akan membuat otot dan tulang manusia memanjang.

Mencegah Rematik

bangaoo.blogspot.com

bangaoo.blogspot.com

Lari pagi akan membuat otot anda menjadi lebih lentur serta terhindar dari ketegangan otot. Dengan kondisi tersebut maka anda akan terhidar dari rematik.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

running.competitor.com

running.competitor.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan berlari pagi akan menghindarkan anda dari flu sebesar 18%. Orang yang tidak rutin lari pagi bahkan tidak pernah, akan lebih mudah terserang flu dibandingkan dengan orang yang rutin melakukan lari pagi.

Mencegah Kanker Usus

herbaneka.com

herbaneka.com

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, lari pagi selama 5-6 jam perminggu dapat menurunkan risiko terserang kanker sebesar 24%. Terutama kanker usus. Hal tersebut terjadi karena dengan berlari pagi maka akan menggertak usus besar untuk berkontraksi secara alami.

Semoga bermanfaat.

5 Comments

  1. Ranii November 7, 2015
  2. selimut December 28, 2015
  3. Heni Puspita January 3, 2016
  4. Hijab February 10, 2016
  5. iswinar2014 June 5, 2016

Add Comment