manfaat buah nangka untuk ibu hamil

Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil – Setiap ibu hamil dituntut untuk menjaga kesehatannya juga janin yang dikandungnya, diantaranya dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat, menghindari makanan yang menjadi pantangan, dan terus menjaga pola hidupnya. Hal sekecil apapun seringkali dikhawatirkan ibu hamil, sehingga akan selalu berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi.

Akan tetapi kekhawatiran yang berlebihan bisa membuat mereka paranoid, termasuk juga saat mengkonsumsi buah nangka yang beredar banyak anggapan berbeda di masyarakat. Hal ini dikarenakan sebagian besar ada yang beranggapan bahwa mengkonsumsi buah nangka seringkali menyebabkan perut terasa tidak enak.

Apalagi bila dikonsumsi ibu hamil akan ada kemungkinan membuatnya mengalami keguguran. Namun sebagian lain ada juga yang menyatakan buah nangka aman dikonsumsi ibu hamil.

Kandungan Gizi (Nutrisi) Pada Buah Nangka

Buah nangka banyak dijumpai di berbagai jenis hidangan seperti es buah, es nangka, sayur nangka dan sebagainya. Nama latin dari buah nangka yang tumbuh di tanah tropis ini dikenal dengan Artocarpus heterophyllus merupakan tumbuhan buah yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Buah nangka mempunyai banyak kandungan nutrisi, diantaranya seperti :

  1. Buah nangka mempunyai kandungan niasin, , vitamin A dan C, asam folat, tiamin, serta riboflavin.
  2. Buah nangka rendah akan sodium, lemak jenuh juga kolesterol.
  3. Buah nangka mengandung gula sederhana, seperti sukrosa dan fruktosa.
  4. Buah nangka mengandung mineral yang sangat penting seperti magnesium, kalium, kalsium, seng, mangan, zat besi, fosfor, dan selenium.
  5. Buah nangka tergolong sebagai buah yang kaya akan serat dan memenuhi hampir 11% dari kebutuhan serat harian.

Manfaat Buah Nangka

Banyak kandungan gizi yang dimiliki buah nangka. Apabila mengkonsumsinya tentu akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu:

  1. Mengkonsumsi buah nangka bisa membantu mengatasi masalah sembelit dan memperlancar buang air besar. Hal ini dikarenakan buah nangka kaya akan kandungan serat.
  2. Kandungan anti-kanker yang terdapat pada buah nangka mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  3. Buah nangka kaya akan kandungan mineral seperti magnesium yang bisa membantu dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga memberikan manfaat untuk kesehatan tulang.

Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil

Kandungan vitamin A pada buah nangka penting untuk perkembangan janin, terutama membantu pembentukan organ penglihatannya (mata). Buah nangka juga kaya akan kandungan B3 yang bisa membantu mengatur hormon, meningkatkan imunitas dan mengontrol tingkat stres yang dialami ibu hamil. Dengan demikian, buah nangka aman dikonsumsi ibu hamil.

Sebenarnya anggapan buah nangka akan membuat ibu hamil mengalami keguguran merupakan mitos belaka karena sampai saat ini belum ditemukan bukti nyata secara ilmiah. Buah nangka faktanya kaya akan nutrisi dan manfaat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungannya.

Leave a Comment