Manfaat air kelapa bagi kesehatan

9 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kelapa atau cocos nucifera dalam bahasa latin adalah tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat, mulai dari akar hingga buahnya. Salah satu bagian dari pohon yang menjadi daya tarik terbesar buah yang satu ini, tak lain adalah buahnya. Buah kelapa muda sangat baik untuk di konsumsi bagi siapa saja, tentu saja ini berkaitan dengan banyaknya khasiat yang terdapat dalam buah kelapa.

Jika diteliti lebih jauh, ternyata air kelapa juga kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin dan riboflavin. Itulah alasan mengapa air kelapa sering dipakai sebagai bahan dasar pengobatan tradisional dan bahan kosmetik kecantikan. Selain itu, air kelapa sangat tinggi kandungan kalium nya. Selain mineral, air kelapa juga kaya kandungan gula (1,7 – 2,6 %) dan protein (0,07- 0,55 %).

Apa Saja Manfaat Air Kelapa?

Air Kelapa Sebagai Diuretik

Air kelapa bersifat memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa juga sangat ampuh mengatasi dehidrasi dan membasmi cacing dalam perut anak-anak kecil.

Air Kelapa Sebagai Sumber Makanan Sehat

Air kelapa muda yang dicampur dengan susu sangat berkhasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah-muntah, sembelit dan sakit pencernaan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung
zonaomg.com

Kandungan Kalium di dalam air kelapa berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung, kesehatan otak, kesehatan ginjal, serta menjaga kestabilan jaringan otot. Dalam hal kesehatan lain, kalium juga mempunyai peran penting dalam mencegah penyakit stroke, hipertensi dan pencegah stress.

Obat Luka

Rendaman air kelapa bermanfaat sebagai obat luka, eksim dan telapak kaki pecah-pecah. Caranya dengan merendam segenggam beras dan air kelapa muda sekaligus dengan tempurungnya hingga beras terasa asam karena proses peragian, setelah itu kemudian beras digiling hingga halus. Tepung beras ini lalu bisa digunakan dengan cara dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang dirasa sakit.

Obat Luka Bakar

Air kelapa muda sebagai obat luka bakar, air kelapa muda yang dicampur dengan sedikit bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam takaran tertentu, ternyata mampu menjadi obat bagi luka bakar dan mengurangi rasa panas pada telapak kaki dan tangan akibat terbakar.

Sumber Elektrolit

Air kelapa sebagai sumber elektrolit alami. Air kelapa muda sangat kaya akan kandungan klorida, elektrolit, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Komposisi elektronik yang terkandung di dalam air kelapa ternyata sama dengan komposisi elektrolit di dalam tubuh, maka air kelapa yang masih muda sangat bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan memulihkan stamina tubuh yang sudah turun.

Anti Penyakit

Air kelapa sebagai anti-penyakit. Kandungan asam lauric yang terdapat di dalam air kelapa muda dapat membantu melawan berbagai jenis penyakit. Komposisi asam lauric yang terdapat di dalam air kelapa ternyata sama dengan komposisi yang terdapat pada air susu ibu yang sama-sama memiliki karakteristik anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus.

Membantu Pencernaan

Air kelapa juga berguna dalam memperbaiki fungsi pencernaan bagi ibu yang sedang memasuki masa kehamilan, dimana pada masa itu plasenta bertugas untuk memproduksi hormon progesteron yang berakibat melambatnya kontraksi otot di lambung sehingga pencernaan pun ikut melambat.

Meningkatkan HDL

Air kelapa muda juga bebas dari kandungan lemak dan kolesterol, bahkan menurut hasil riset ditunjukan bahwa air kelapa mampu meningkatkan kolesterol yang bersifat baik atau HDL di dalam tubuh.

Leave a Comment