Leukosit adalah Salah Satu Penentu Kesehatan Tubuh, Maka Kenalilah!

Jika kita merasakan keluhan sakit pada tubuh kita, dan setelah mengonsumsi obat tidak mengalami perubahan yang signifikan, maka melakukan tes darah menjadi langkah yang harus ditempuh. Pada saat tes darah ini terdapat beberapa komponen yang dilihat, dan salah satunya adalah leukosit. Leukosit adalah sel darah putih yang merupakan salah satu komponen sistem kekebalan tubuh.

Fungsi leukosit adalah membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman ataupun bakteri. Leukosit bekerja dengan cara memakan kuman atau virus penyebab penyakit tersebut, yang biasa dikenal dengan fagositosis.

Jumlah leukosit normal yang ada di dalam tubuh kurang lebih 4.000 hingga 10.000/ mm3. Jika jumlah leukosit yang ada di dalam tubuh berkadar diatas jumlah tersebut maka Kamu mengalami leukosit tinggi. Kamu harus waspada jika kadar leukosit dalam darah tinggi, hal ini dikarenakan bisa jadi Kamu sedang menderita penyakit yang berbahaya.

Penyebab Leukosit Tinggi dalam Tubuh

biologi-sel.com

Jika hasil tes darah Kamu menunjukkan jumlah leukosit di atas 10.000/ mm3, maka dapat dipastikan tubuh Kamu tengah melawan sebuah penyakit. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan jumlah leukosit tinggi di dalam tubuh :

Infeksi

Penyebab yang satu ini merupakan penyebab umum yang kerap membuat jumlah leukosit yang ada di dalam tubuh seseorang meningkat. Infeksi biasanya di sebabkan oleh masuknya bakteri atau kuman ke dalam tubuh.

Masuknya bakteri atau kuman tersebut dapat melalui makanan, udara ataupun luka yang ada di tubuh. Pada saat bakteri dan kuman masuk, maka mereka akan menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika hal ini terjadi maka respon leukosit adalah meningkatkan jumlahnya agar dapat membunuh bakteri dan virus tersebut.

Ciri umum yang kerap timbul akibat dari infeksi adalah demam. Demam ini pun memiliki dua karakteristik yang berbeda. Jika demam tinggi hingga 39-40o maka biasanya infeksi disebabkan oleh virus. Namun jika demam hanya berkisar di 38o maka biasanya disebabkan oleh bakteri.

Alergi

Penyebab lainnya yang menyebabkan jumlah leukosit tinggi yaitu alergi. Pada penderita hipersensitifitas atau yang biasa di sebut dengan alergi, jumlah leukosit juga kadang meningkat. Hal ini terjadi pada saat alergi kambuh.

Gangguan Tulang Sum-sum

Penyebab lain yang dapat meningkatkan jumlah leukosit adalah adanya gangguna tulang sum-sum belakang. Dimana sum-sum tulang belakang memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang berlebih. Selain itu, hal lain yang menyebabkan jumlah leukosit tinggi adalah stres baik yang dialami oleh fisik ataupun psikis.

Jumlah Leukosit adalah Salah Satu Penyebab Beberapa Penyakit

youtube.com

Jika jumlah leukosit dalam tubuh tidak terkendali, maka akan menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan oleh jumlah leukosit yang tidak normal:

Leukimia

Penyakit leukimia adalah penyakit yang timbul akibat jumlah sel darah putih yang sangat tinggi. Jumlah sel darah putih yang terlalu tinggi membuatnya juga memakan sel darah merah. Hal ini sudah dapat di pastikan akan mengganggu kesehatan. Karena jika sel darah merah berkurang maka suplai oksigen dan makanan untuk seluruh anggota tubuh akan terganggu.

Demam Berulang

Seseorang yang memiliki jumlah leukosit tinggi dapat terserang demam yang terus akan berulang. Hal ini berarti penyebab tingginya leukosit belum ditangani dengan baik. Misalkan jika penyebabnya bakteri maka bakteri yang menyerang tubuh belum sepenuhnya mati. Sehingga harus dibantu antibiotik.

Namun jika penyebabnya adalah virus, maka sistem kekebalan tubuh harus lebih ditingkatkan lagi. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan dengan baik dan ditambah dengan suplemen seperti vitamin ataupun mengonsumsi madu.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan leukosit yang perlu Kamu ketahui. Dengan mengetahui informasi mengenai leukosit Kamu dapat mewaspadai dan menjaga kesehatan tubuh Kamu dengan baik.

 

Leave a Comment