10 Contoh Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Beserta Tips Membuatnya

Barang bekas dapat menjadi masalah jika kita tidak mampu memanfaatkannya. Setiap harinya barang bekas selalu bertambah. Biasanya kita akan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Namun hal tersebut dapat mencemari lingkungan. Tetapi jika tidak dibuang atau dimanfaatkan, maka akan membuat rumah penuh dengan barang bekas yang tidak ada gunanya.

Sebenarnya barang-barang bekas tersebut dapat kita sulap menjadi sesuatu yang bermanfaat. Banyak sekali contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat. Bahan dan alatnya pun mudah kita dapatkan. Nah, berikut ini beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas dan cara pembuatannya.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

kerajinan tangan dari botol bekas mulai populer

youtube.com

Botol bekas biasanya sering diabaikan. Setiap hari membeli minuman dingin saat di perjalanan, ketika sampai rumah, botolnya ditarus begitu saja atau disimpan di pojokan lalu dibuangnya setelah bertumpuk banyak. Yang lebih parahnya, setelah minumannya habis botolnya dibuang begitu saja. Tentu saja ini akan menjadi masalah serius yang dapat menyebabkan banjir.

Untuk itu diperlukan kreatifitas dari kita mengubah botol bekas tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Berikut ini beberapa contoh kerajinan tangan dari botol bekas.

Pot dari Botol Bekas

Jika kamu senang bercocok tanam, kamu bisa memanfaatkan botol bekas untuk dijadikan pot. Caranya sangat mudah. Kamu cukup memotong sebagian botol seperti pada gambar berikut ini.

ikzirtamhar.blogspot.com

ikzirtamhar.blogspot.com

Untuk terlihat lebih indah, kamu dapat mengecat dengan warna kesukaan kamu. Atau kamu juga dapat memotong bagian tengah botol dan dihias sesuai keinginan kamu. Hasilnya seperti di bawah ini.

pot dari botol bekas terlihat unik

hipmagrounswagati.wordpress.com

Tempat Penyimpanan dari Botol Bekas

Botol bekas yang biasanya kita buang begitu saja, ternyata memiliki banyak manfaat jika kita sedikit saja mau kreatif. Kamu dapat menjadikan botol bekas sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang biasanya mudah hilang. Caranya mudah, kamu cukup memotong botol dan ambil bagian bawahnya. Kemudian bekas potongannya diberikan kain agar terlihat indah. Contohnya seperti berikut:

botol bekas dapat dimanfaatkan menjadi tempat penyimpanan barang

www.nupinupi.com

Kamu juga dapat memanfaatkan botol bekas untuk menyimpan alat tulis. Untuk yang simpel, kamu cukup potong botol menjadi dua bagian. Kemudian diberikan sedikit hiasan agar terlihat bagus.

botol dapat dijadikan tempat menyimpan alat tulis

pondokmomi.blogspot.com

Atau kamu potong dan bentuk sesuai dengan ide yang kamu miliki.

Lampu Hias dari Botol Bekas

Jika kamu ingin mempercantik rumah dengan dekorasi unik namun kekurangan modal, kamu dapat memanfaatkan botol bekas. Ya, sulap botol bekas menjadi lampu hias. Cara membuatnya tidak sulit. Kamu cukup masukan kabel dan lampu seperti gambar berikut ini:

menghias rumah dengan lampu hias dari botol bekas memang unik

fabelio.com

Atau kamu juga dapat mengekspresikan ide kamu dengan membuat lampu hias sesuai dengan keinginan.

Kreasi dari Botol Bekas

Banyak sekali yang dapat kamu buat dari botol bekas. Kamu dapat meniru yang sudah ada atau kamu berani mengeluarkan ide sendiri. Yang pasti orang-orang akan kagum ketika di rumah kamu terdapat hiasan atau lainnya yang terbuat dari botol bekas. Mungkin kamu juga bisa menjadikan ini sebagai bisnis sampingan kamu. Berikut ini beberapa contoh lainnya kreasi dari botol bekas yang dapat kamu jadikan inspirasi.

contoh kreasi dari botol bekas

www.bisnisborneo.com

banyak contoh dari kreativitas dari botol bekas

dewipangalila.wordpress.com

Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Saat ini kardus merupakan primadona untuk mengemas suatu produk. Jadi tidak heran jika setiap harinya banyak sekali limbah kardus. Mulai dari kemasan elektronik hingga makanan menggunakan kardus. Daripada kamu dipusingkan oleh banyaknya limbah kardus, lebih baik kamu mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Kardus sangat fleksibel untuk dijadikan apapun sesuai keinginan kita. Bahan dan alatnya pun tidak sulit didapatkan. Berikut ini beberapa contoh dari kerajinan tangan dari kardus bekas.

Alat Bermain Anak dari Kardus Bekas

labirin dari kardus bekas dapat membuat anak senang

www.bintang.com

Jika kamu sebagai orang tua, tentunya kamu ingin membuat anak kamu bahagia dong? Nah, yang namanya anak pasti akan bahagia jika diberikan mainan. Namun mainan-mainan yang ada harganya cukup mahal, sehingga membuat kamu berpikir ulang untuk membelinya. Namun jangan berkecil hati. Berikut ini beberapa contoh alat bermain anak dari kardus bekas yang dapat kamu bikin di rumah.

Alat bermain anak haruslah memiliki nilai plus, baik itu untuk membantu perkembangan otak maupun fisik anak. Nah, rasanya alat bermain anak seperti mini labirin sangat bermanfaat dalam membantu perkembangan si anak. Kamu dapat membuatnya dari beberapa kardus bekas yang disusun sedemikian rupa. Kamu dapat menempatkannya di ruangan rumah dan bermain bersama anak kamu.

miniatur tempat parkir dari kardus bekas

rumahidaman.co

Apabila kamu memiliki anak laki-laki, rasanya alat bermain berikut sangat cocok. Ya, miniatur tempat parkir ini cukup mudah dibuat. Kamu cukup menyusunnya seperti tempat parkir di mall, lengkap dengan jalannya. Anak kamu pasti senang banget terlebih kamu memberikan tambahan koleksi mobil-mobilan. Contoh lain dari kerajinan tangan dari kerdus bekas yaitu Bingkai Foto dari Kardus Bekas.

Itulah beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas. Artikel ini akan terus diupdate, jadi terus pantengin aja ya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Add Comment