Kedatangan Tamu Sakti Sore-sore

Kedatangan Tamu Sakti

Hari Sabtu kemarin, 14 Februari, kami kedatangan pemateri yang merupakan temannya mas Vatih. Beliau merupakan mastah Internet Marketing. Mas Vatih memberitahukan kepada kami bahwa pemateri akan tiba pukul 13.30 WIB. Namun, mungkin karena macet di perjalanan, pemateri tiba di sini pukul 14.00.

Kedatangan Tamu Sakti asal DIY
Akun facebook mas Gugus Sakti

 

Sesi Formal

Seperti biasa, diawal pembicaraan pemateri memperkenalkan diri. Beliau memiliki nama lengkap Gugus A. Sakti. Mungkin inilah yang menginspirasiku untuk memberikan judul “Kedatangan Tamu Sakti”, karena memang nama sang tamu.

Beliau tidak membawa materi secara khusus, karena langsung ditodong mas Vatih untuk datang mengisi materi di Pondok Sintesa ini. Namun, beliau sedikit memberikan penjelasan mengenai tips dan trik dalam berbisnis terutama pemasaran melalui internet atau internet marketing, perbedaan antara facebook ads, google adword dan SEO.

Facebook Ads, Google Adword dan SEO

  1. Facebook AdsIklan Facebook akan menargetkan user atau pengguna akun berdasarkan Facebook Opengraph API. Sistem ini membantu Facebook untuk membuat banyak kategori objek. Bisa berdasarkan lokasi, hobi, usia, jenis kelamin dan masih banyak lagi.Beberapa Facebook Ads yang paling sering digunakan oleh Advertiser atau pengiklan adalah sebagai berikut:
    • Eksternal Ads

    Advertiser yang ingin mengiklankan websitenya dapat menggunakan eksternal ads. Cara kerjanya, jika ada pengguna akun facebook mengklik iklan tersebut maka akan dibawa ke suatu website.

    • Page Like

    Khusus untuk advertiser  yang ingin mengiklankan fanpage sehingga banyak yang me-like fanpage tersebut.

    • Sponsored

    Iklan ini memanfaatkan efek viral yang dimiliki oleh Facebook. Jadi ketika iklan tersebut di-like atau di-comment oleh salah seorang pengguna facebook, maka iklan tersebut akan muncul di beranda temannya.

    • Page Post Ads

    Tidak jauh berbeda dengan page like atau fanpage like. Hanya saja iklan ini dikhususkan untuk sebuah postingan tertentu.

    Kelebihan Facebook ads:

    Facebook ads memiliki beberapa kelebihan, diantanya:

    • Pilihan iklan yang banyak
    • Iklan yang unik. Misal kita ingin memperbanyak klik di fanpage kita, maka kita hanya akan membayar jika ada user yang melakukan like di fanpage kita setelah melihat iklan
    • Target yang lebih khusus. Karena bisa berdasarkan usia, lokasi, minat dan sebagainya

    Kelemahan facebook ads:

    Facebook ads hanya muncul di facebook. Sedangkan pengguna internet tidak selalu login ke facebook.

  2. Google AdwordsGoogle AdWords adalah media periklanan google, dimana iklan akan muncul di hasil pencarian terutama di halaman awal google. Untuk mendapatkan target, google mempunyai 3 cara, diantaranya:
    • Google Search

    Ketika kita mencari suatu keyword atau kata kunci tertentu, maka akan muncul iklan yang memiliki keyword yang sama dengan yang kita gunakan.

    • Contextual Target

    Iklan website yang terhubung dengan GDN atau Google Display Network, secara otomatis akan ditampilkan oleh google.

    • Placement Targeting

    Ini dapat membantu kita untuk menampilkan iklan kepada target berdasarkan lokasi geografis yang kita pilih. Sehingga iklan tersebut hanya tampil di lokasi tersebut.Kelebihan google adwords:

    Kelebihan google adwords:

    Google memiliki banyak sekali layanan. Sehingga ketika kita memasang suatu iklan, maka iklan tersebut akan muncul di semua layanan google tersebut. Namun tetap saja kita dapat memfokuskan iklan hanya muncul di search engine saja. Google adwords memang sangat efektif untuk iklan penjualan produk. Karena orang-orang akan mencari sebuah produk di search engine google.

    Kelemahan google adwords:

    Kita hanya akan menunggu orang yang menggunakan kata kunci yang cocok dengan kata kunci yang kita iklankan. Ketika ada yang memasang iklan dengan kata kunci yang sama, maka yang ditampilakn paling atas adalah yang memiliki klik paling banyak. Untuk yang memiliki budget terbatas, tidak cocok menggunakan google adwords.

  3. SEOSEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah sebuah cara untuk menempatkan posisi websitenya di halaman pertama di mesin pencari google.

    Kelebihan SEO

    Kelebihan dari SEO adalah dapat menempatkan website kita di halaman pertama mesin pencari google tanpa harus mengeluarkan biaya untuk iklan dan lainnya.

    Kekurangan SEO

    Kekurangan SEO adalah tidak adanya jaminan bahwa sebuah website akan selalu berada di ranking satu google. Akan selalu ada perubahan, bisa saja turun bahkan hilang. Ini disebabkan oleh persaingan yang semakin ketat, perubahan algoritma dari mesin pencari, salah mengoptimasi dan lainnya.

 Tips dan Trik dalam Bisnis

Ada beberapa tips dan trik dalam berbisnis diantaranya:

  1. Relasi
  2. Pasar/Target
  3. Model Bisnis
  4. Pastikan menghasilkan uang
  5. Hobi
  6. Mudah dilakukan

Sesi Santai

Sejak awal mas Gugus sudah mengatakan bahwa beliau tidak membawa materi khusus yang akan diajarkan. Sehingga sesi formal cukup singkat hanya hingga waktu sholat ashar. Namun mas Gugus bersedia melanjutkan dengan sesi santai setelah sholat ashar. Mas Gugus memberikan kesempatan untuk siapapun bertanya.

Ada beberapa pertanyaan yang cukup bagus, diantaranya pertanyaan tentang manajemen keuangan. Jawab mas Gugus, dalam mengelola keuangan, pengeluaran apapun harus dicatat. Dan sudah seharusnya rekening pribadi dan rekening bisnis kita dipisah. Kita harus menggaji diri kita sendiri. Dan uang dari gaji tersebutlah yang hanya boleh kita gunakan selama sebulan ke depan. Dan yang paling penting, life style kita jangan berubah. Kalaupun berubah jangan berlebihan.

Hujan cukup deras mengguyur kota ini. Obrolan semakin asyik saja. Namun tiba-tiba mas Gugus berkata, “ada tidak ya delivery gorengan?” dengan nada bercanda. Semuanya tertawa. Namun mungkin dalam hati masing-masing juga merasakan perut yang kosong. Tiba-tiba ada yang menawarkan diri untuk pergi membeli gorengan. Ya dialah pahlawan kita, Sadam Husen beserta partnernya bersedia membeli gorengan ditengah hujan yang cukup deras.

Kedatangan Tamu Sakti Sore-sore
Foto Bareng Mas Gugus Sakti, mastah Internet Marketing

Setelah beberapa menit, Sadam kembali dengan membawa gorengan, mulai dari tempe mendoan hingga telo goreng. Selanjutnya sudah dapat diprediksi. Gorengan yang cukup banyak tersebut dalam sekejap menyusut. Alhamdulillah, nikmatnya makan gorengan hangat di tengah dinginnya karena hujan yang cukup deras.

Langit mulai gelap, dan hujan sudah mulai mereda. Mas Gugus bersiap pulang. Namun sebelum pulang, kami berfoto bersama. Narsis.