6 Kata yang Harus Dihindari Orang Tua Ketika Marah

Menjadi orang tua tidaklah semudah apa yang anda pikirkan. Terkadang orang tua kerap melakukan kesalahan-kesalahan sehingga membuat anaknya tumbuh menjadi pribadi yang tidak baik. orang tua yang bijak tidak akan menyalahkan anaknya ketika anak menjadi nakal karena itu semua adalah kesalahan orang tua sendiri yang selama ini salah mendidik anak.

Anak yang nakal terkadang membuat orang tua kesal dan habis kesabaran dalam mendidiknya. Banyak juga orang tua bertindak kasar kepada anaknya, sehingga anak menjadi malas dan tidak menghargai orang tua. Ada beberapa kata yang harus dihindari orang tua ketika ia sedang memarahi anaknya. Apa saja kata-kata tersebut?

Kata yang Harus Dihindari Orang Tua Ketika Marah

kata yang harus dihindari orang tua ketika marah

momsmagazine.com

Dasar Goblok!

Orang tua yang sering berlaku kasar kepada anaknya dan kerap mengeluarkan cacian misalnya dasar goblok akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang minder. Ia akan merasa bahwa dirinya tidak becus dan tidak dapat diandalkan dalam mengerjakan sesuatu.

Dasar Anak Setan!

Emosi orang dewasa memang terkadang meletup-letup dan tidak terkontrol maka banyak dari mereka yang mengelurkan kata-kata kasar atau umpatan dari dalam mulutnya. Anda yang sering menggunakan ungkapan dasar anak setan adalah hal yang salah karena anak akan sangat tidak menghormati anda di kemudian harinya.

Dasar Kurang Ajar!

Kata-kata ini cocok ditujukan bagi mereka yang melakukan tindakan kejahatan misalnya membunuh, mencuri atau memperkosa. Apabila anak anda tidak melakukan hal di atas maka jangan pernah mengungkapkan kalimat di atas. Mereka masih kecil dan belum mengetahui sepenuhnya apa yang telah ia lakukan.

Dasar Berengsek!

Ketika orang tua selalu memarahi anak dengan kaliman ini maka membuat anak merasa malas menghormati anda. bahkan lebih parahnya lagi ia akan meniru anda dan mengucapkan hal yang sama kepada orang lain terutama kepada teman-temannya.

Ini Semua Salahmu!

Melakukan kesalahan adalah hal biasa dilakukan oleh anak-anak. Anda tidak boleh menghancurkan semua rasa ingin tahunya atau bahkan menghancurkan rasa percaya dirinya. Mengucapkan kalimat ini semua salahmu akan membuat anak merasa bersalah dan mereka tidak lebih berkembang dalam mengeluarkan semua keinginannya.

Kami Tidak Mengharapkanmu!

Jangan pernah mengatakan bahwa anda tidak mengharapkan mereka ketika anak anda melakukan kesalahan. Kalimat ini diibaratkan kutukan kepada anak maka anda jangan pernah melukai hati anak anda walaupun anda sedang marah. Anak yang mendapat cacian seperti ini dari orang tuanya tidak akan pernah melupakan dan menyembuhkan luka hatinya kapanpun itu.

Kata yang harus dihindari orang tua ketika marah di atas sebaiknya jangan pernah terlontar dari orang tua. Jika hal ini terjadi maka akan melukai perasaan anak anda selamanya.

Add Comment