7 Jenis Tanaman Hias yang Menambah Keindahan Rumah Kamu

Memilih jenis tanaman hias tidaklah sulit apalagi kalau hanya untuk memperindah lingkungan di sekitar rumah. Sebenarnya ada banyak sekali jenis – jenis tanaman yang cukup mudah perawatan sehingga tak memerlukan perlakuan khusus ketika ditanam di atas pot atau tanah.

Nah, bagi kamu yang ingin menanam jenis bunga dengan warna dan bentuk yang indah, sebaiknya baca informasi dibawah ini sampai selesai karena ada beberapa rekomendasi supaya kamu tak kerepotan saat merawatnya. Penasaran, ingin tahu? Baiklah, daripada menunggu lama, yuk simak pembahasannya lebih lanjut berikut ini.

Inilah 7 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Menghiasi Rumah Kamu

1. Amarilis

Tanaman hias ini bernama bunga amarilis

www.everystockphoto.com

Merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah sekali berbunga. Maka dari itu, kebanyakan orang memanfaatkanya sebagai hiasan di lingkungan rumah. Kamu pun bisa menerapkanya mengingat varian – varian yang dimiliki bunga amarilis bermacam – macam. Cara paling gampang untuk menanamnya yakni melalui pot. Disamping itu, penanama tersebut juga dipercaya mampu mengusi serangga, nyamuk atau sejenisnya.

2. Kenanga

jenis tanaman hias ini bernama bunga kenanga

beta.kidnesia.com

Bunga yang satu ini termasuk tanaman asli dari Indonesia. Jadi tak heran, bila kamu lebih mudah menemukanya beberapa tempat utamanya provinsi Sumatra karena memang asalnya dari sana. Nama ilmiahnya sendiri pun sangat unik yaitu Cananga odorata.

Disisi lain kelopak bunga kenangan juga memiliki variasi unik dimana saat usia muda berwarna hijau lalu berubah menjadi kekuningan ketika sudah tua. Untuk membudidayakanya, terbilang cukup mudah dan kamu bisa langsung menanamnya di atas pot atau taman di belakang rumah.

3. Alamanda

www.kebunpedia.com

www.kebunpedia.com

Siapa yang tak kenal dengan bunga ini? pasti kamu pernah menjumpainya kan? Tanaman alamanda tumbuh secara bergerombol sehingga perkembanganya lebih cepat. Itulah alasan kenapa tanaman tersebut terlihat menarik dan cocok dijadikan tanaman hias.

Di Indonesia sendiri, spesies alamanda yang populer adalah Allamanda Cathartica atau orang – orang menyebutnya dengan bunga terompet emas, golden terompet dan bunga lonceng kuning. Aslinya bunga ini berasal dari Amerika Tengan dan Selatan. Walau tak memiliki harum yang menyengat namun warnan kuningnya membuat penampilanya begitu indah dipandang.

4. Kembang Sepatu

wikimedia.org

wikimedia.org

Jenis Tanaman Hias selanjutnya adalah kembang sepatu. Bahwa jenis tanaman ini mampu tumbuh besar sehingga bagi kamu yang ingin menanam di lingkungan rumah sebaiknya gunakan pot saja supaya perkembanganya dapat dikendalikan. Umumnya kembang sepatu memiliki warna ungu yang mencorak dan itulah daya tariknya.

Meski begitu, bunga ini tidaklah mirip sekali dengan sepatu. Jika di daerah Melayu biasanya sering disebut dengan bunga raya sedangkan di bagian jawa menyebutnya worawari.

5. Asoka

www.fotolepas.com

www.fotolepas.com

Mungkin namanya terdengar asing namun jangan salah bahwa bunga asoka sangat mempesona sekali. Diwaktu kecil, pasti kamu pernah memetik suatu bunga lalu mencari yang manis – manis didalamnya. Ya, benar itulah salah satu jenis bunga asoka yang ada di Indonesia.

Memiliki nama ilmiah Saraca indica, bunga ini diketahui memang banyak jenisnya. Diantaranya ada jenis bunga berbagai macam warna dalam satu pohon dan sepertinya cocok untuk menghiasi lingkungan rumah kamu bukan?

6. Melati

Bunga melati sebagai tanaman hias

lelietjevandalen.blogspot.com

Sama seperti bunga anggrek, bunga Melati sudah menjadi bunga fenomenal di tanah air. Bahkan jenis melati putih (Jasminum sambac) juga telah ditetapkan sebagai bunga nasional di Indonesia bersamaan dengan bunga Rafflesia arnoldi dan bunga anggrek bulan. Selain warna putih yang indah, bunga ini memiliki bau harum khas dimana setiap orang pasti akan tergoda.

Jika ingin menanam dan merawatanya, kamu tak perlu melakukan hal – hal khusus karena bunga melati termasuk tanaman perdu. Jadi kamu hanya perlu melakukan pemangkasan serta menjaga ukuranya agar tidak semakin membesar.

7. Bougenville

Baby Karst

www.dmkert.hu

Bunga ini biasa dijuluki dengan bunga kertas. Coba kamu pegang langsung kelopaknya pasti mirip seperti kertas. Walau asalnya dari Amerika Selatan, kamu masih bisa menjumpai tanaman ini tumbuh subur di Indonesia utamanya di daearah kawasan beriklim tropis. Untuk teknik penanamnya sama seperti menanam bunga di atas pot pada umumnya dan cukup sirami 2-3 kali sehari agar tetap tumbuh subur.

Demikianlah Jenis Tanaman Hias yang bisa kamu tanam langsung di pekarangan atau halaman rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Add Comment