Homemade Pizza

Inilah Resep Homemade Pizza dari Peter Reinhart

Pizza merupakan sejenis roti berbentuk pipih yang dipanggang dan biasanya dilumuri dengan saus tomat plus keju serta ditambah bahan makanan lainnya seperti daging buah atau sayuran. Pizza walaupun bukan makanan asli Indonesia, namun kehadirannya direspon cukup baik oleh masyarakat di tanah air. Di kota-kota besar Indonesia setidaknya ada satu restoran Pizza Hut. Belum lagi toko-toko pizza lokal sudah merambah ke kota-kota kecil. Sehingga saat ini pizza sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

Peter Reinhart adalah seorang master pizza (roti dan lainnya), yang juga seorang penulis dan teolog, memberikan resep terbaik membuat homemade pizza. So, kita tak perlu lagi pergi ke kota untuk membeli pizza. Cukup sediakan bahan-bahan yang diperlukan dan pizza pun bisa langsung dihidangkan untuk keluarga.

Bahan-bahan Untuk Membuat Homemade Pizza

Bahan untuk membuat pizza
dearbarbie23.wordpress.com

Resep berikut ini akan menghasilkan 2 loyang pizza berdiameter ± 25 cm

Bahan Adonan Pizza:

500 gr tepung terigu protein tinggi (misal merk cakra kembar)
7 gr (1 sdt) ragi instan
400 ml air es
50 ml minyak
1 ½ sdt garam

Bahan Saus:

Bahan-bahan untuk membuat Pizza
wearandcheer.com

1 buah bawang bombay, cincang halus
¼ sdt merica
¼ sdt kaldu bubuk
¼ sdt garam
1 ½ sdt gula pasir
2 butir bawang putih, cincang halus
Seujung kuku mixed herbs
70 gr saus tomat botolan
20 gr saus sambal botolan
50 ml air

Bahan Topping:

Bahan Saus Pizza
juliebussis.blogspot.com

Sesuai selera (jamur, ayam, tomat, bawang bombay, jagung, dll)
Keju mozzarella (kraft quick melt)

Cara Membuat

Pemanggangan Pizza
whisksandruffles.wordpress.com
  1. Siapkan mangkuk besar, masukan tepung terigu dan ragi. Aduk hingga benar-benar rata.
  2. Masukan minyak dan air es.
  3. Masukan garam (garam dan ragi jangan langsung bertemu, nanti ragi akan mati).
  4. Aduk dengan spatula hingga menjadi adonan yang basah.
  5. Mulai uleni dengan menggunakan tangan, celupkan dahulu tangan ke minyak agar tidak lengket. Adonan yang terbentuk lembek, lembut dan sangat elastis. Adonan dianggap jadi jika sudah tidak menempel lagi di pinggir mangkuk tapi masih menempel di dasar.
  6. Bagi adonan menjadi 4, kucuri dengan minyak agak banyak. Masukan ke dalam plastik dan ikat rapat-rapat ujung plastik.
  7. Masukan ke dalam chiller kulkas selama semalaman agar adonan lebih lembut dan lezat rasanya. Adonan pizza ini bisa dibekukan dalam freezer dan tahan hingga 3 bulan. Jadi membuat adonan ini bisa dalam porsi banyak. Saat akan digunakan, tinggal keluarkan adonan dari freezer dan simpan dalam chiller pada malam harinya. Dan paginya adonan akan lembut kembali dan bisa langsung dipanggang dengan topping sesuai selera. Jadi sangat praktis terutama bagi wanita karir yang memiliki waktu sedikit tapi tetap ingin menghidangkan makan lezat untuk keluarga.
  8. Membuat saus panaskan 1 sdm minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga kecoklatan. Kecilkan api, masukan semua bahan saus lainnya. Aduk rata, tambahkan 50 ml air. Masak hingga saus mengental.
  9. Menata pizza panaskan oven, set disuhu 175ºC. Keluarkan adonan dari dalam kulkas. Tekan-tekan dengan ujung jari hingga memenuhi permukaan loyang. Oleskan permukaan dengan saus, tata topping. Panggang selama 30 menit atau hingga pizza mulai berwarna kuning kecoklatan. Jika pada saat memanggang permukaan pizza tampak kecoklatan sementara roti belum matang, tutupi permukaan pizza dengan alumunium foil kemudian panggang hingga pizza matang. Waktu memanggang tergantung pada oven masing-masing. Terlalu lama memanggang pizza akan membuat pizza jadi keras. Jika menggunakan otang (oven tangkring) warna pizza tidak akan sekuning menggunakan oven listrik atau oven dengan api atas dan bawah. Jadi segera angkat sebelum pizza berubah jadi keras. Homemade pizza siap disantap! Yakin tak akan pernah tergoda lagi jajan-jajan pizza di luar.

Note:

Jika tak ingin ribet membuat saus seperti di atas, ini dia resep saus yang lebih simple: cukup campurkan 3 sdm saus spaghetti botolan, seujung kuku mixed herbs, 1 sdt gula pasir, 1 sdm saus sambal botolan, 1 sdm saus tomat botolan. Jadilah saus pizza yang yummy!

Leave a Comment