Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Trypophobia

Kamu tau apa itu fobia? Yaitu rasa takut yang berlebihan pada sesuatu atau fenomena. Biasanya pengidap suatu fobia sering dibully teman-temannya. Jenis fobia sangat banyak. Kali ini akan dibahas tentang trypophobia, penyebab dan cara menghilangkannya.

Peringatan: jangan mencoba mencari gambar tentang typophobia. Karena bisa jadi kamu salah satu penderitanya, namun kamu tidak menyadarinya.

Apa Itu Trypophobia?

Trypophobia yaitu fobia terhadap lubang-lubang pada sebuah permukaan. Jadi si pengidap akan merasa gelisah, takut bahkan mual ketika melihat lubang yang sangat banyak seperti pada spons, biji bunga teratai, sumsum tulang dan lainnya (contoh gambar di atas). Tidak hanya pada benda yang nyata, si pengidap trypophobia juga merasa takut dan mual ketika melihat gambar tubuh manusia yang penuh dengan lubang-lubang, walaupun itu sekedar hasil rekayasa gambar alias editan.

Tahukah Kamu Apa Penyebab dari Trypophobia?

Para ahli masih belum menemukan apa penyebab dari fobia yang cukup aneh tersebut. Beberapa kalangan berpendapat bahwa trypophobia sama seperti fobia lainnya yang sudah dialami sejak anak-anak. Besar kemungkinan akibat mengalami trauma saat memasuki tahap awal kehidupan. Karena penyebab trypophobia belum diketahui, maka belum ada semacam tes untuk memeriksa fobia ini.

Kamu Ingin Tau Cara Menghilangkan Trypophobia?

Pada dasarnya, cara menghilangkan fobia apapun hampir sama, yaitu dengan cara menghilangkan atau mengurangi sedikit demi sedikit rasa takut terhadap sesuatu tersebut. Namun, berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan trypophobia.

Hipnoterapi

Proses penyembuhan fobia dengan cara memberikan sugesti kepada penderita agar berkurang rasa takutnya terhadap lubang-lubang kecil pada permukaan.

Desentiasi Sistematis

Proses penyembuhan fobia dengan cara si penderita dibuat rileks, sehingga membayangkan suasana yang nyaman dan indah. Kemudian diperlihatkan gambar lubang-lubang pada tubuh manusia kepada si penderita.

Abreaksi

Penyembuhan fobia dengan cara pendekatan. Foto lubang-lubang pada tubuh manusia diperlihatkan dari kejauhan. Kemudian jika sudah agak terbiasa, sediki demi sedikit didekatkan. Hingga si penderita berani melihat dengan jarak yang sangat dekat.

Flooding

Cara menghilangkan trypophobia dengan cara menempatkan si penderita dengan gambar lubang-lubang di tubuh manusia atau sumsum tulang hingga tidak ada lagi rasa takut terhadaptnya. Namun cara ini dapat membuat si penderita pingsan atau muntah-muntah.

Reframing

Cara menghilangkan rasa takut terhadap lubang-lubang dengan membayangkan masa lalu, kemudian menceritakannya kepada yang mengobati bagaimana awalnya ia mengalami fobia.

Obat-obatan

Cara menghilangkan trypophobia dengan obat-obatan sangat tidak dianjurkan. Karena jika dalam pemakaian jangka panjang, akan menyebabkan efek samping lainnya. Namun jika kamu terpaksa, kamu dapat meminum obat antidepresan, beta-blocker dan obat sejenisnya.

PERINGATAN! Klik laman selanjutnya tidak dianjurkan terutama bagi penderita trypophobia.

43 thoughts on “Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Trypophobia

  1. Artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk para pembaca yang membutuhkannya. Terus menulis untuk membantu orang-orang yang membutuhkannya, salam sukses.

  2. Sya temasuk pnderita tripopobhia… duuuh… Klw liat yg dmk pingin nya teriak skeras”nya… Dg prasaan jijik… N gk tw lg hrs gmn…

  3. Klo ogutbliat gbr begituan yg bolong2 gli merinding. Tapi nagih mau liat lg. Mw diliat kyk ap juga tetep geli merinding..

  4. Jangan kuatir Fuad.. Saya juga sebelumnya seperti Anda.. Tapi saya punya keinginan yang sangat kuat untuk sembuh.. Makanya saya Google semua situs yang berhubungan dengan Tryphobia dan memaksakan diri untuk memandang setiap gambar yang ada dengan seksama bahkan saya zoom untuk melihat detailnya.. Pada dasarnya gambar-gambar tersebut adalah hasil rekayasa gambar atau yang biasa disebut gambar photoshop.. Tidak ada yang betulan.. Kalau toh ada yang natural justru biasanya tidak terlalu mengerikan.. Karena logikanya hanya orang bodoh yang mau membiarkan tubuhnya bolong-bolong tanpa diobati kan..

    Alhasil setelah tiga hari berturut-turut saya ‘pantengi’ gambar-gambar tersebut, sekarang saya jadi biasa aja bahkan suka tertawa geli kalau melihatnya lagi sambil berpikir.. ‘kog ada aja orang yang sempet-sempetnya bikin gambar-gambar tersebut.. over creative, kali yaa…’ Hehehe…..

    Selamat mencoba dan segera sembuh…

  5. saya penderita tryphobia dan hampir gila dibuatnya sampai tak bsa tdur tiap malam , selalu terbayang2 .sampai lemas dan tensi darah menurun. tlg share ya yg tau cara nyembuhinya… thx

  6. saya suka tbtb terbayang lubang2 ditangan yg “katanya” karena serangga. dan saat terbayang, saya merasa gatal gatal ditubuh :'( ini menyiksaa sekali

  7. Saya juga merinding gila-gilaan,..kadang malah ndak terkendali membayangkan lubang-lubang itu jadi merinding sendiri,..

  8. Kayanya diobjek dengan tubuh manusia saja saya merinding kalau spons, sarang lebah tidak tuh saya memang sedikit phobi melihat luka menganga

  9. Sebelumnya saya sudah sering meliat sarang lebah, atau gambar/benda2 dengan bentuk serupa dan tidak ada masalah tuh. Tapi setelah meliat gambar yg ada dibagian tubuh manusia, saya langsung jijik dan mual ! Walaupun saya tahu itu hasil rekayasa, mulanya saya pikir untuk menghilangkan jijik dan mual sebaiknya cari tahu yang sebenarnya, tapi setelah tahu saya malah jadi benar2 jijik melihat benda2 serupa lainnya…….., dan terutama saya bener jijik, mual dan bener2 marah terhadap orang yang memunculkan masalah ini…….!!!

  10. Berarti bukan hanya saya yang seperti itu ya,, ngrasain merindinh, jijik, gatal, dan mual,, sampai kebawa mimpi, gak terkendali…

  11. Aq mual mrindingnya saat lihat kaya lubang2 yg luka atu kaya penyakit2 ditubuh, kalo spons dll biasa aja, apa aq jga trmasuk trypophobia ?

  12. Sampek 7 hari saya terbayang lubang2 itu , sumpah , merinding bgt .. Gelisah , malah kadang2 kayak orang aneh .. Susah bgt ngelupainya 🙁

  13. Aku juga awalx merinding dan sulit tidur pas ngelihat foto editan tangan bekas gigitan serangga itu. Sampe aku temukan artikel ini, ternyata namax tyrophobia. Karena penasaran, aku baca artikelx dan memberanikan diri melihat gambar2 tsb, sambil mensugesti diri bahwa itu adalah editan. Ternyata sugesti sangat ampuh mengobati phobia ini….skrg perlahan2 aku gak phobia lagi….

  14. Sebelumnya g pernah geli ato merinding liat sarang lebah ato apalah. Tp semenjak liat editan foto ditangan kya gitu jadi merinding n badan trsa gatal. Tp lo lama2 diperhtikan bisa ilang lo pun cma sesaat aja. ?

  15. Informasinya sangat bermanfaat , saya bersyukur karna tidak pernah dan takan pernah terjangkit penyakit seperti ini

  16. sumpahh, merinding banget. Badan pun jdi gtal”, knpa ga bisa dikendalikan. Gila gara” itu gua pyah tidur trus tebayang gambar yg menjijikan itu. Macem mana ini??? :'(

  17. Cara mengobatinya adalah melakukan aktivitas lain hingga kita lupa sama gmbar editan tdi. Dan mengsugesti bahwa gambar gmabar tsb adalah editan

  18. Aku juga trypobhia ,,klaw lihatt yg brlubang,,aku jd merinding,jijik dan kebyang truss,rsaax pingen triak dan tdk tau gmna cra mnghilangknnya..

  19. Awal nya sih enak ngeliat yang kyak gituan….. Gak merinding atau gimana……. Tapi setelah melihat foto lubang2 kecil di tangan saya langsung merinding…….. Aneh ya:V

  20. awak biasa aja ngk ada kenapa2 tpi kok sjak lhat gambar itu kaki awak mlai ada lubang kecil2 gitu

  21. Saya mempunyai phobia trypophobia, saya menyadari phobia itu sejak kecil, sejak umur 5 tahun. Setahun yang lalu teman saya iseng memperlihatkan foto manusia yg permukaan kulitnya bolong, sejak umur 5 tahun itu saya lupa karena saya tidak pernah melihat benda yg permukaannya bolobg dan pada saat teman saya iseng itu saya berumur 17 tahun, saya tidak kuat untuk melihatnya walaupun saya tahu itu hanya editan manusia, tapi tubuh saya lemas saat melihat itu, merinding, bahkan saya merasa panas dalam tubuh saya dan yang lebih parah seluruh tubuh saya gatal sampai tidak bisa tidur dan tidak bisa beraktifitas. Akhirnya saya beristirahat di rumah selama 2 hari, dan akhirnya saya sudah pulih. Dan sejak saat itu saya sangat menyadari phobia saya sangat parah hingga seperti itu, dan akhirnya saya memutuskan untuk segera menutup mata bila melihat gambar seperti itu, dan saya belum sempat untuk melakukan pengobatan:(

  22. Saya mrasa takut k lubang kcil itu sjak kcil.stiap kli saya lihat rsanya Mual,Jijik,bdan trsa gatel,kya bagian tbuh saya pgal,bhkan kdang sya sampe triak dan lari.samp skrang saya msih blum sanggup buat lihat lubang”itu apa lagi yg di badan manisia.

  23. Mungkin sy termasuk mengidap trypophobia, jika melihat gambar bagian tubuh manusia sja yg berlubang, tp tidak jika bukan tubuh manusia.
    Terimakasih, terapi ini membuat trypophobia saya sedikit hilang karena terbiasa dgn gmbr2 tsb, terutama setelah dijelaskan bahwa lubang2 pada bagian tubuh manusia memang tak akan separah itu.
    Berharap smoga semakin hilang penyakit ini pada saya.

  24. Ketika saya melihat
    1.kepala yang banyak matanya.
    2.kaki yang ada duri duri,
    3.bintik bintik + lubang banyak.
    saya jadi merinding gak berhenti-berhenti rasa mual dan sangat jijik saat melihat gambar tersebut.sudah berulang kali saya banting hp saya ketika terdapat gambar seperti itu.
    Tolong beri saya solusi saya hampir gila saat melihat gambar seperti itu..

Leave a Comment