Inilah Dampak Positif dari Kedekatan Ayah dengan Sang Buah Hati

Selama ini, seorang ibu biasanya yang paling berperan dalam proses tumbuh kembang si kecil. Tapi perlu diketahui, peran Ayah juga nggak kalah penting, lho! Yuk intip pentingnya peran seorang Ayah terhadap tumbuh kembang anak.

Penelitian Dampak Kedekatan Seorang Anak dan Ayahnya

Father Involvement Research Alliace dalam studi terbarunya menemukan petunjuk bahwa bayi yang dekat dengan ayah, emosinya cenderung stabil. Bahkan lebih percaya diri saat tumbuh dewasa dibandingkan mereka yang tidak dekat dengan ayahnya. Tidak heran, anak lebih bersemangat dalam mengeksplorasi potensi dirinya dan merealisasikan ide maupun impian ketika mereka dekat ayahnya.

Dalam lingkungan pergaulan, anak yang dekat dengan ayah lebih terlihat menyenangkan sehingga cenderung lebih mudah bersosialisasi dan punya banyak teman.

Sebuah studi yang lain berkesimpulan bahwa kecerdasan dan kesuksesan anak di masa depan dapat didongkrak dengan seberapa dekat anak tersebut dengan ayahnya. Semakin dekat si anak dengan ayahnya, akan semakin cerdas dan lebih sukses di masa depannya.

Dalam empat dasawarsa terakhir, ratusan penelitian menemukan adanya pengaruh kuat atas prestasi sekolah anak ketika sang ayah ikut membantu ibu menjaga, mengasuh, dan membesarkan anak. Dalam lingkungan sosial, perkembangan kepribadian dan watak anak ditentukan pula oleh kehadiran sang ayah.

Peran seorang ibu dalam mengasuh anak agar berperilaku baik dan berprestasi merupakan sesuatu yang mutlak. Namun, sosok figur dari seorang ayah sangat berpengaruh dan menentukan dalam fase tumbuh kembang anak.

Anak Perempuan Dekat dengan Ayah

ryanrasmusseninprogress.com

Anak usia tiga tahun yang memiliki IQ lebih tinggi dan lebih memiliki kemampuan memecahkan masalah dibandingkan teman sebayanya memiliki hubungan baik dan hangat dengan ayahnya. Fakta ini sangat perlu dipertimbangkan oleh para ayah agar selalu berusaha lebih dekat lagi dengan buah hatinya.

Seburuk apapun hubungan dalam rumah tangga antar suami dan istri jangan sampai merusak peran ayah maupun peran ibu. Memilih ikut ayah atau ikut ibu saja adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh anak. Maka tetap jaga hubungan antara orang tua dan anak-anaknya, walaupun terpaksa harus berpisah.

Dampak Kedekatan Sang Buah Hati dengan Ayahnya Menurut Para Ahli

Ayah Membimbing Anak-anaknya

www.scholarscanada.com

Dr. Kyle Pruett

Dr. Kyle Pruett berpendapat bahwa adanya dampak positif pada anak yang mendapatkan bimbingan langsung dari ayahnya dalam proses belajar. Dampak positif tersebut mencakup perkembangan fisik, emosi, kognitif dan kebiasaan atau sikap anak. Kenyamanan dari figur seorang ibu memang yang paling dicari anak, namun interaksi yang intensif dengan ayah dibutuhkan pula oleh si kecil.
Oxford University telah melakukan sebuah penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa ada kaitan antara keberhasilan akademisnya di sekolah dengan kedekatan anak terhadap ayah.

Dr. David Popenoe

Dr. David Popenoe, seorang sosiolog dan Co-Director di The National Marriage Project Rutgers, The University of New Jersey, memperkuat pernyataan tentang IQ yang dimiliki anak yang banyak berinteraksi dengan ayahnya lebih tinggi dibanding anak yang kurang berinteraksi dengan sang ayah.
Bahkan lebih dari itu, kemampuan berbahasa dan kognitif yang dimiliki mereka juga lebih baik. Ada penemuan dalam penelitian lain bahwa anak yang terdidik dengan baik oleh ayahnya memiliki masalah di sekolah yang lebih sedikit dan ketika ia beranjak dewasa jauh dari masalah narkoba.

Yang Seharusnya Dilakukan Seorang Ayah

Ayah sebagai Pembimbing Belajar

Mengulang Pelajaran Sekolah Bersama Ayah

edukacional.com.br

Berdasarkan beberapa penelitian di atas, jelas bahwa ayah memiliki peran penting dalam kemampuan akademis anak. Untuk itu, orang tua harus bekerja sama dan membagi tugas dalam membimbing si kecil belajar, terlebih ketika ia menghadapi ujian. Ayah jangan sungkan untuk mengajak sang anak mengulang kembali pelajaran di sekolah.

Tidak hanya itu, Ayah harus membantu kesiapan mental si kecil, sehingga ia percaya diri dan dapat melewati ujiannya dengan baik tanpa mencontek. Karakter ayah dengan ibu tentu berbeda, sehingga akan menciptakan cara mendidik yang berbeda pula terhadap anak. Jadi, ciptakan suasana yang menyenangkan agar si kecil pun lebih semangat saat belajar.

Kreatif dalam Mengemas Cara Belajar

Belajar Bersama Ayah

www.growingyourbaby.com

Menjadi ayah haruslah kreatif. Misalkan membuat quiz interaktif seperti cerdas cermat. Ayah berperan sebagai pembawa acara dan memberikan pertanyaan seputar materi-materi pelajaran yang sekiranya akan muncul dalam ujian si kecil. Dan di akhir acara, si kecil diberikan reward jika dapat menjawab sesuai target. Bisa juga bermain kartu tebak-tebakan dengan menulis sebuah materi di kartu dan minta si kecil menjelaskannya. Atau kamu juga bisa ikut menghafal materi atau menyelesaikan latihan soal bersama-sama.

Pokoknya, aturlah agar tidak monoton sehingga membuat si kecil lebih mudah memahami materi pelajarannya. Bukan sekadar urusan kedekatan semata, tapi keberhasilannya di sekolah ditentukan pula oleh cara interaksimu dengan sang buah hati, lho. So, goodluck, Dads!

One Response

  1. Jefry Dewangga October 25, 2015

Leave a Reply