Inilah 7 Langkah Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Sebuah ide sederhana terkadang jadi ide yang terbaik. Di sini, kita akan membuat sebuah bingkai foto untuk setiap hasil cetak foto kamu yang ingin dipajang di sebuah acara atau hanya untuk disimpan di meja. Jika kita bisa membuatnya sendiri, mengapa harus menghabiskan banyak uang hanya untuk sebuah bingkai foto? Yuk kumpulkan beberapa kardus bekas, alat potong dan lukis. Kurang lebih hasilnya akan seperti ini:

www.instructables.com

www.instructables.com

Mau bingkai foto seperti itu? Yuk bikin sendiri tanpa harus mengeluarkan uang banyak-banyak. Langsung saja, inilah cara membuat bingkai foto dari kardus!

Langkah 1: Mengumpulkan Bahan dan Peralatan

www.instructables.com

www.instructables.com

Kumpulkan beberapa kardus bekas, bisa kardus sereal atau kardus lainnya yang memiliki ukuran yang cukup untuk bingkai foto. Kali ini bahan yang yang digunakan yaitu kotak sereal dan beberapa kardus kaku dari bahan kemasan lainnya. Atau jika kamu tidak mempunyai kardus bekas, kamu dapat membeli kardus di sini. Gunting, cutter, spidol, penggaris, peralatan menggambar dan melukis diperlukan juga. Beberapa lem berkualitas baik juga diperlukan.

Langkah 2: Potong Kardus Sesuai Ukuran yang Akan Kita Buat

www.instructables.com

Pertama potong kardus menjadi sebuah kotak dengan menggunakan alat pemotong yang kamu punya. Ukuran bingkai pada umumnya 4×6 atau 5×7. Kamu dapat menyesuaikan dengan ukuran foto yang akan dipajang. Kemudian tentukan berapa lebar bingkai yang kamu inginkan? Misalkan untuk ukuran foto 4×6 dan ingin mempunyai lebar bingkai 2 inchi, maka kita harus memotong kardus menjadi kotak dengan ukuran 6×8.

Langkah 3: Potong Seluas Foto

www.instructables.com

www.instructables.com

Jika kita sudah memiliki kardus yang berukuran 6×8, maka sekarang saatnya untuk memotong bagian tengah kardus tersebut. Cara mudahnya sih tempelkan foto kita tepat di tengah-tengah kardus tersebut. Tandai, lalu potonglah.

Langkah 4: Membuat Garis di Dalam Bingkai (Inner Liner)

www.instructables.com

www.instructables.com

Agar bingkai fotonya terlihat bagus, ada baiknya membuat seperti double frame. Caranya cukup memotong kertas karton yang berwarna putih, ukurannya lebih kecil dari bingkai luar. Gunakan cutter agar hasilnya rapi.

Langkah 5: Cat atau Hiasi Bingkai Foto

www.instructables.com

www.instructables.com

Kamu bisa menggunakan apapun untuk menghiasi bingkai foto yang kamu buat. Misal dengan cat akrilik, atau bisa juga dilapisi dengan kertas dekoratif, kain, stiker atau apapun yang bagus menurut kamu. Yang jelas ini akan memperindah bingkai yang kamu buat.

Langkah 6: Membuat Bagian Belakang Bingkai dengan Bahan yang Sama dan Lem Semua Bagian

www.instructables.com

www.instructables.com

Potong kardus sebesar bingkai yang kita buat. Berikan lem di setiap sudut bingkai. Rekatkan bingkai luar, inner liner dan foto. Bisa juga menggunakan selotip, namun seiring dengan waktu selotip akan lepas. Jadi lebih baik menggunakan lem, tapi jangan kebanyakan juga. Oiya, jangan lupa tambahkan plastik bening jika kamu merasa perlu. Sehingga urutannya bingkai luar, inner liner, plastik bening, foto dan cover belakang.

Langkah 7: Membuat Penyangga Bingkai Foto

www.instructables.com

www.instructables.com

Pilihlah kardus yang cukup tebal. Potong seperti pada gambar. Hiasi penyangga tersebut sesuai dengan selera kamu. Tempelkan di bagian cover belakang bingkai foto. Dan bingkai foto pun selesai dibuat.

Itulah cara membuat bingkai foto dengan kardus. Ini hanyalah gambarannya saja. Kamu dapat mengembangkannya lebih baik lagi. Mohon maaf jika ada kalimat yang kurang dimengerti. Terimakasih.

19 Comments

  1. wisatania October 15, 2015
  2. Keke Naima October 18, 2015
  3. Hazmi Srondol October 18, 2015
  4. noniq October 28, 2015
  5. Nozawaa rahel November 27, 2015
  6. IMAN April 19, 2016
  7. cetak foto di kayu April 21, 2016
  8. Anita permatasari April 30, 2016
  9. se July 20, 2016
  10. mudo July 27, 2016
  11. karang August 2, 2016
  12. ilhamzz August 3, 2016
  13. Ragil Wahyu Lestari August 20, 2016
  14. Nolvi Bareut August 25, 2016
  15. Stenovazaza September 1, 2016
  16. nayla sayka September 2, 2016
  17. Halimah simamora September 2, 2016
  18. Natasya Regita Pramesty (Gita) September 6, 2016
  19. Agung wahyudi October 2, 2016

Leave a Reply