kasus hamil diluar nikah harus segera diatasi

Tips Mendidik Anak Agar Terhindar Dari Kehamilan di Luar Nikah

Kasus hamil diluar nikah yang dialami oleh remaja adalah kasus yang paling banyak dijumpai di sekitar kita. Banyak hal yang membuat hal ini dapat terjadi misalnya kurang perhatian dari orang tua atau karena pergaulan yang terlalu bebas sehingga membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang liar dan susah diatur.

Orang tua harus mampu mendidik anaknya agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi di kemudian hari. Apabila remaja putri mengalami hamil di luar nikah maka banyak orang menyalahkan orang tuanya karena dianggap tidak becus mengurus anak sendiri. Anda dapat belajar tips mendidik anak agar terhindar dari kehamilan di luar nikah di bawah ini. Tujuannya agar anda dapat menjaga buah hati anda dengan hati-hati.

Tips Mendidik Anak Agar Terhindar Dari Kehamilan di Luar Nikah

Seks adalah Sakral

Anda harus menanamkan atau menjelaskan kepada anak anda bahwa seks adalah hal yang sakral dan memiliki ketentuan untuk dapat melakukannya. Katakan kepada anak anda bahwa yang boleh melakukan hal tersebut hanya suami istri, bukan dari situ adalah kesalahan yang besar baik dari agama atau hukum.

Berikan Anak Kesibukan

Berilah anak anda kesibukan atau melakukan kegiatan positif demi menyalurkan bakatnya daripada harus bermain atau melakukan hal yang tidak penting. Misalnya anda dapat mendaftarkan anak untuk berlatih klub olahraga, bermain musik dan lain sebagainya.

Tingkatkan Keimanan Anak

Jadilah suri teladan yang baik untuk anak-anak anda, misalnya tidak melakukan hal tidak baik yang kemudian dapat dicontoh anak. Anda harus mencontohkan bagaimana mendekatkan diri kepada sang pencipta. Keimanan yang kuat terbukti ampuh menghindari anak-anak dari hal-hal buruk ke depannya.

Kasihi Pasangan Anda

Tips mendidik anak agar terhindar dari kehamilan di luar nikah selanjutnya adalah anda harus menjadi contoh untuk anak anda dengan mengasihi pasangan anda dengan tulus. Kasihlah istri atau suami anda dengan sepenuh hati, anda harus menghindari setiap pertikaian yang ada di dalam rumah tangga. Apabila anak anda melihat anda berdua saling mencintai maka mereka akan belajar mengasihi calon pasangan mereka kelak.

Pacar Bukan Objek Senang-Senang

Mungkin ketika anak anda remaja mereka sudah mulai menginjak masa-masa pacaran dan anda harus wajib mengingatkan bahwa pacarnya bukanlah objek senang-senang. Katakan bahwa pasangannya yang sekarang adalah orang yang kelak menjadi pendampingnya maka anda harus menghargai dan menghormatinya sebagai rekan yang sepadan.

Setiap remaja yang berhasil melewati setiap perjalanannya dari remaja menuju kedewasaan tidak lepas dukungan keluarga dan bantuan dari orang-orang yang dikasihinya. Anda adalah orang terdekat dari mereka dan cobalah untuk menjelaskan kepada mereka bahwa mereka nantinya akan menjadi orang tua juga dan memiliki tanggung jawab suatu hari nanti.

Leave a Comment