7 Tips Agar Gula Darah Kamu Normal

Menjaga kadar gula darah supaya tetap normal merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang, tidak saja bagi mereka yang menderita diabetes, namun juga sangat perlu diterapkan bagi siapapun yang peduli akan kesehatan. Banyak orang yang bertanya berapakah kadar gula darah normal? Namun sebelum menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita mengetahui apa itu gula darah.

Apa Itu Gula Darah?

Gula darah diartikan sebagai istilah dalam dunia kedokteran yang mengacu pada kondisi glukosa di dalam darah, sementara besarnya jumlah glukosa yang terdapat di dalam darah disebut dengan kadar gula darah.

Berapa Kadar Gula Darah Normal?

Kadar gula darah bersifat dinamis, ini berarti kadar gula darah terus mengalami perubahan dan besarannya tergantung pada kapan waktu pengukurannya. Oleh karenanya, munculah beberapa istilah gula darah tergantung kapan waktu pengukuran dilakukan.

  1. Gula darah puasa (GDP), pengukuran gula darah yang diukur ketika seseorang sedang puasa (tidak makan dan minum) dalam kurun 8 jam sebelum pengukuran.
  2. Gula darah 2 jam setelah makan (GDPP), pengukuran gula darah yang diambil 2 jam setelah makan (makanan kurang dari 140 mg/dL).
  3. Gula darah sesaat (GDS), pengukuran gula darah diluar 2 waktu pengukuran di atas.

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

menurunkan kadar gula darah

www.sehatdanfit.com

Menjaga kadar gula darah agar berada pada ambang normal berarti kadar gula darah tidak boleh terlalu rendah (hipoglikemia) dan jangan juga terlalu tinggi (hipertensi). Angka kadar gula darah normal berada pada level 70-120 mg/dL dan gula darah masih dianggap normal jika setelah makan angkanya masih dibawah 220 mg/dL. Jadi apa yang mesti kita lakukan untuk mempertahankan angka kadar gula darah kita berada di rentang aman?

Apa Itu Hipoglikemia?

Jika gula darah berada di bawah 60 mg/dl maka seseorang akan mengidap hipoglikemia atau kadar gula rendah. Gula darah yang terlalu rendah bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran (koma). Ciri-cirinya : mudah lelah, fungsi mental menurun, perasaan gemetar, berkeringat, perih pada mulut, pusing, perasaan linglung dan jantung berdetak keras.

Penyebab gula darah rendah biasanya kurang mengonsumsi makanan yang manis, kurang asupan karbohidrat, melakukan aktivitas yang berlebihan dan mengonsumsi alkohol.

Tips Agar Gula Darah Tidak Terlalu Rendah

  1. 1.Makan teratur dan tepat waktu dengan asupan gizi yang seimbang
  2. Biasakan ngemil di sela-sela jam makan harian, makanan yang dipilih bisa snack rendah lemak atau buah-buahan.
  3. Menghindari kopi dan minuman ber-alkohol
  4. Tidak merokok

Apa Itu Hipertensi?

Gula darah disebut tinggi jika angka gula darah sudah melebihi angka 220 mg/dL. Kondisi hipertensi seperti ini bisa menyebabkan seseorang terkena stroke, serangan jantung dan diabetes. Gula darah yang tinggi tentu menjadi masalah karena komplikasi dan penanganannya yang tidak mudah.

Tips Agar Gula Darah Tidak Terlalu Tinggi

  1. Hindari stres karena pada kondisi tubuh stres, gula darah akan sulit dikontrol.
  2. Olahraga selama 20-30 menit setiap hari. Misalnya: berjalan kaki.
  3. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, nasi, gandum, roti dsb.
  4. Menambahkan kayu manis pada makanan karena membuat tubuh lebih sensitif terjadap insulin.
  5. Rajin mengkonsumsi jeruk lemon atau jeruk limau karena kemampuannya mengurangi indeks glisemik terhadap makanan.
  6. Ganti makanan ber-karbohidrat tinggi dengan makanan tinggi serat dan protein contohnya : sayuran mentah, ndum dan biji-bijian.
  7. Mengkonsumsi teh hijau secangkir sehari.

Leave a Reply