Gerd Adalah Penyakit Lambung yang Harus Diwaspadai

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang memiliki fungsi vital. Di lambung pencernaan secara kimiawi mulai dilakukan, sehingga lambung umumnya menghasilkan asam lambung guna membantu pencernaan secara kimiawi tersebut. Namun biasanya penyakit lambung cenderung di sepelekan, padahal hal tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh penderita.

Salah satu penyakit lambung yang harus diwaspadai adalah Gerd atau Gastroesophageal Reflux Disease. Gerd adalah penyakit lambung yang kurang familiar di masyarakat, tidak seperti maag yang umum diketahui. Namun Gred juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius jika tidak ditangani dengan tepat.

Gerd Adalah Penyakit yang Memiliki Ciri Khas

GERD adalah penyakit yang ada pada saluran pencernaan, penyakit ini timbul akibat asam lambung yang naik ke esofagus atau kerongkongan. Penyakit yang satu ini akan sangat terasa mengganggu di daerah kerongkongan. Salah satu ciri mengalami Gerd adalah kerongkongan terasa panas atau memiliki sensasi terasa seperti terbakar.

Perasaan terbakar itu merupakan ciri khas dari Gerd. Hal ini disebabkan asam lambung yang memiliki sifat asam sedang mengiritasi kerongkongan, sehingga menimbulkan rasa panas yang kurang nyaman. Rasa panas ini berada di sekitar dada bagian atas. Ciri lain yang dimiliki oleh penyakit ini adalah mual dan muntah.

Selain itu, beberapa penderita juga mengalami sensasi rasa asam pada mulutnya. Kesulitan menelan, batuk kering, suara serak dan sakit pada tenggorokkan menjadi ciri lain yang kerap dialami oleh penderita Gered.

Ciri-ciri tersebut diatas tidak selalu muncul pada setiap penderita. Kemunculan ciri tersebut dipengaruhi oleh tingkat keparahan penyakit Gerd yang diderita seseorang. Selain itu daya tahan tubuh orang tersebut juga mempengaruhi ciri yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Penyebab Penyakit Gerd

waroengsehat.com

Penyakit Gerd terjadi karena adanya gangguan pada sphincter yang merupakan sebuah katup bagian bawah esofagus. Dalam keadaan normal sphicnter akan tertutup rapat dan kuat sehingga dapat menahan seluruh isi lambung agar tidak dapat naik ke atas. Namun ketika katup ini lemah, maka isi lambung memiliki kesempatan untuk naik ke atas dan menyebabkan penyakit Gerd.

Sphincter secara alamiah dapat mengencang dan mengendur dengan otomatis sesuai dengan ritme kita mengunyah dan menelan makanan. Ketika kita menelan makanan maka katup ini akan mengendur sehingga rongga tersebut terbuka dan makanan akan melewatinya dan masuk ke lambung. Setelah itu katup ini akan menutup lagi hingga rapat secara otomatis.

Ketikan katup sphincter ini mengalami gangguan maka ia tidak akan menutup secara rapat. Sehingga asam lambung dapat naik ke atas lebih tepatnya ke esofagus. Lama kelamaan asam lambung ini akan mengiritasi esofagus dan menimbulkan peradangan.

Jika tidak ditangani dengan benar maka asam lambung akan merusak lapisan esofagus. Hal ini akan menyebabkan risiko lainnya seperti pendarahan, penyempitan esofagus hingga dapat menimbulkan kanker pada daerah tersebut.

Pengobatan Penyakit Gerd

Jika kamu mengalami ciri-ciri tersebut diatas, maka janganlah diabaikan dan langsung berkonsultasi pada dokter. Dengan demikian penyakit ini akan dengan cepat diatasi dan tidak menimbulkan risiko yang lebih parah. Berikut adalah beberapa cara pengobatan untuk mengatasi keluhan Gerd :

Mengonsumsi obat

Obat yang biasa digunakan untuk meringankan gejala Gerd adalah obat yang dapat menetralisir sifat asam yang dimiliki oleh asam lambung yaitu antasida. Selain itu, konsumsilah obat untuk mengurangi produksi asam lambung seperti H2 Receptor Blocker, serta obat untuk menguatkan katup sphincer.

Mengubah pola hidup

otcdigest.id

Penyakit Gerd dapat di atasi juga dengan mengubah pola hidup kamu. yang pertama harus diperhatikan adalah memastikan berat badan kamu ideal, karena jika kamu mengalami kegemukan maka lemak di dalam tubuh akan menekan bagian lambung. Hal ini bisa menyebabkan asam lambung akan mudah naik.

Selain dari itu hindari penggunaan pakaian ketat terutama di bagian pinggang dan perut. Hal ini dikarenakan pakaian ketat akan menekan lambung. kamu juga perlu menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu produksi asam lambung berlebih seperti kopi, saus tomat, alkohol dan coklat.

Itulah sedikit info mengenai gerd. Setelah kamu mengetahui gerd adalah penyakit yang cukup berbahaya maka jangan abaikan jika kamu mengalami beberapa ciri tersebut. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengalami gejala gerd dan menganggapnya hanya penyakit maag biasa saja.

Leave a Comment