Waspadalah!! Ini Dia Gejala Awal Penyakit Lupus

Lupus merupakan salah satu dari penyakit berbahaya yang sangat ditakuti oleh masyarakat. Hal ini lantaran penyakit lupus ini merupakan suatu penyakit inflamasi kronis yang nantinya akan menjadi penyakit kompleks akibat terjadinya autoimun. Selain itu penyakit inipun masih memiliki tanda tanya besar didalamnya. Hal ini dikarenakan penyakit ini begitu sulit untuk dideteksi penyebabnya.

Selain itu penyakit ini juga belum ditemukan obatnya. Bisa dikatakan bahwa saat ini penyakit lupus belum benar-benar bisa disembuhkan. Belum ditemukan satu metode pun yang dapat membendung dan menghentikan segala kompleksitas yang timbul akibat penyakit ini.

Ditambah lagi adanya fenomena autoimun yang semakin memperparah penyakit ini. Bagaimana tidak, sistem imun yang seharusnya menjaga tubuh dari segala ancaman luar justru menyerang jaringan tubuh itu sendiri. Bahkan tak hanya berhenti disitu, organ ataupun jaringan yang rusak akan mengganggu fungsi kerja tubuh. Karena terganggu maka akan menyebabkan penyakit lainnya yang tentu berbahaya.

Selain itu, dengan belum ditemukannya metode pengobatan yang bisa menyembuhkan penderita lupus, seolah penyakit ini menjadi pembunuh berdarah dinginĀ  yang akan menggerogoti tubuh penderita secara perlahan. Sehingga yang bisa dilakukan oleh penderita hanyalah memperlambat meluasnya dampak penyakit lupus ini.

Sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana sebenarnya gejala awal penyakit lupus ini selain mengetahui cara mencegah penyakit lupus. Dengan mengetahui gejala awal penyakit lupus pada wanita ataupun pria maka kita selangkah lebih dekat untuk bisa terhindar dari penyakit ini. berikut beberapa gejala awal penyakit lupus yang perlu Anda ketahui.

Gejala Awal Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

banyak sekali penyebab penyakit lupus

www.autoimuncare.com

Penyakit lupus Erythematosus (SLE) merupakan suatu penyakit autoimun sistemik yang dapat mengganggu seluruh aktivitas tubuh. Penyakit ini biasanya lebih sering terjadi pada wanita dan anak-anak. Gejala yang muncul pada penyakit ini akan terlihat secara perlahan, namun dalam beberapa kasus gejalanya dapat muncul dengan cepat. Berikut gejala-gejalanya:

  • Rasa tidak nyaman
  • Demam
  • Kelelahan
  • Penurunan dan kenaikan berat badan secara mendadak.
  • Adanya fenomena raynaud, yaitu ujung jari berubah menjadi berwarna biru, merah, maupun putih
  • Anemia, akibat jumlah trombosit yang sangat sedikit
  • Mudah memar
  • Borok mulut
  • Rambut rontok
  • Nyeri dibagian dada saat bernafas
  • Otot dan sendi nyeri serta kaku

Penyakit lupus SLE ini dapat mempengaruhi organ-organ tubuh yang lain seperti ginjal, paru-paru dan hati. Tidak hanya itu dengan terjangkit penyakit lupus SLE ini risiko keguguran pun akan semakin besar.

Hal ini dikarenakan saat wanita hamil terjangkit penyakit lupus SLE ini maka antibodi lupus yang ada pada dirinya akan ditransferkan pada sang anak sehingga nantinya akan menyebabkan neonatal lupus erythematosus.

Gejala Awal Discoid Lupus Erythematosus

obatnanoteknologi.com

Jenis penyakit lupus yang lainnya yaitu Discoid Lupus Erythematosus. Penyakit lupus jenis ini merupakan salah satu bentuk ringan dari lupus erythematosus karena hanya kulit saja yang terkena dampak dari penyakit ini. Berikut beberapa gejala awal penyakit lupus jenis ini.

  • Munculnya jaringan parut akibat adanya ruam pada kepala, sehingga akan berdampak pada rontoknya rambut dan menyebabkan kebotakan.
  • Munculnya ruam-ruam merah pada kulit kepala dan juga wajah.

Dalam proses penyembuhan penyakit lupus, penyakit lupus DLE ini dapat dikontrol perkembangannya dengan mengonsumsi obat dan juga mengurangi intensitas terpaparnya sinar matahari. Walaupun biasanya DLE hanya akan mempengaruhi kulit, namun dalam beberapa kasus penyakit ini juga dapat menjangkiti organ lainnya.

Itulah beberapa gejala awal yang akan muncul berhubungan dengan penyakit lupus, hal ini begitu penting untuk diketahui agar Anda dapat lebih waspada dan mencegah kemungkinan terburuk nantinya.

Description: Gejala awal penyakit lupus sangat penting untuk Anda ketahui, karena gejalanya mirip seperti penyakit ringan, namun jika Anda mengabaikannya justru mematikan.

Add Comment