Gejala ekslampsia pada ibu hamil

Gejala Ekslampsia Pada Ibu Hamil, Berbahayakah?

Gejala Ekslampsia Pada Ibu Hamil – Pre-eklampsia adalah sebuah keadaan umum yang sering terjadi pada ibu hamil, ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi juga peningkatan kandungan protein di dalam urin. Ibu hamil yang mengalami pre-eklampsia dan tidak mendapatkan penanganan penanganan khusus ataupun dikontrol dapat mengakibatkan terjadinya eklampsia.

Karakteristik dari eklampsia ketika hamil hampir sama juga dengan pre-eklampsia, yaitu seperti tekanan darah tinggi, terjadi pembengkakan pada bagian tubuh serta adanya protein saat mengeluarkan urin. Sebenarnya sampai saat ini belum ada pernyataan pasti yang menyebabkan timbulnya komplikasi kehamilan ini, sehingga faktor penyebab dari pre-eklampsia maupun eklampsia masih diteliti oleh para ilmuwan di dunia. Untuk lebih jelas dan mengenah lebih dalam gejala ekslampsia, langsung saja simak hingga akhir artikel ini.

Mengenali Gejala Eklampsia

Gejala yang paling umum dari komplikasi ekplampsia lanjutan ditandai dengan adanya serangan penyakit yang secara tiba-tiba ketika sudah mendekati ataupun selama proses melahirkan berlangsung. Serangan setelah ibu hamil melahirkan umumnya terjadi masih dalam waktu 48 jam setelah proses persalinan.

Ketika ibu hamil mengalami komplikasi eklampsia lanjutan, maka menyebabkan suatu risiko yang tinggi terhadap kelahiran prematur. Hal ini dikarenakan mempercepat kelahiran bayi merupakan satu-satunya solusi untuk mengatasi komplikasi eklampsi tersebut.

Komplikasi lanjutan ini bisa mengganggu kesehatan ibu hamil, bahkan berisiko kematian namun di beberapa negara cukup rendah terjadi. Oleh karena itulah penanganan optimal juga pengawasan kesehatan yang baik harus dilakukan. Sebagian besar wanita yang mengalami komplikasi lanjutan ini bisa sehat kembali dan normal setelah melahirkan.

Tingkat Kemungkinan Eklampsia

Kemungkinan adanya komplikasi lanjutan dikarenakan eklampsia ini umumnya jarang sekali terjadi dibandingkan dengan pre-eklampsia, bahkan perbandingannya bisa dikatakan 1 di antara 2 hingga 3 ribu dari kehamilan. Ibu hamil yang mengalami pre-eklampsia mempunyai suatu resiko terkena komplikasi tingkat lebih lanjut.

Kebanyakan dari penderita pre-eklampsia mendapatkan penanganan medis yang cukup baik, sehingga sedikit sekali yang akhirnya berlanjut menjadi eklampsia dengan tingka yang lebih serius.

Demikian pembahasan tentang gejala ekslampsia pada ibu hamil, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran yang membangun silakan komentar di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment