Faktor-Faktor yang Harus Ada di Konten Berkualitas

Setelah kita membuat website (baca cara membuat website pribadi), tentu kita ingin mengisinya, bukan? Entah itu dengan sebuah tulisan (kisah perjalanan hidup pribadi, tulisan ilmiah, fiksi atau lainnya), diisi dengan gambar dan/atau video. Sebenarnya sah-sah saja kita mau mengisi website kita dengan apapun. Namun, rasanya akan sia-sia jika kita tidak mengisinya dengan hal yang bermanfaat. Setidaknya ada informasi yang kita bagikan kepada pembaca. Isi sebuah website disebut konten. Apa itu konten? Bagaimana cara membuatnya?

Pengertian Konten

Konten merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu content. Artinya informasi yang disajikan di sebuah media, bisa media cetak atau media elektronik. Konten dapat berisi tulisan, gambar atau video. Bisa juga sebuah tulisan, gambar dan video ada dalam satu buah konten.

Membuat sebuah konten haruslah mudah dibaca, sehingga orang-orang akan betah berlama-lama di website kita. Namun jika website kita dimaksudkan untuk didaftarkan ke adsense, maka konten yang kita buat harus bagus juga dibaca oleh google. Sehingga ketika orang-orang mencari sebuah artikel dengan mengetik kata kunci tertentu, maka yang muncul di halaman pertama google adalah konten dari website kita.

Konten Berkualitas di Mata Google

Seperti yang disebutkan di atas, konten yang kita buat harus berkualitas, baik dinilai manusia ataupun oleh goolge. Kita akan mempelajari faktor-faktor yang membuat konten kita berkualitas di mata google. Faktor yang membuat konten kita berkualitas yaitu:

Minimal 500 Kata

Sebuah konten akan dinilai berkualitas oleh google jika berisi minimal 500 kata. Mengapa harus minimal 500 kata? Karena sebuah konten yang berisi minimal 500 kata dapat menjelaskan sebuah topik dengan baik. Minimal pembaca paham tentang topik tersebut.

Bagi pemula (yang tidak biasa menulis), menulis konten minimal 500 kata adalah sesuatu yang sulit. Namun jika dipaksa dan dibiasakan, maka menulis minimal 500 kata adalah sesuatu yang biasa saja. Maka biasakanlah menulis!

Minimal Terdapat 2 Gambar

Tidak bisa kita pungkiri, ketika mencari sebuah gambar, maka kita akan mencarinya di google. Oleh karena itu adanya gambar di sebuah konten akan menjadi nilai tambah. Bahkan bagi google, gambar merupakan salah satu elemen penting yang harus ada di sebuah konten berkualitas. Sekarang ini banyak web-web yang konten utamanya berisi gambar-gambar.

Memiliki Tag Heading H3 dan H4

Faktor-Faktor yang Harus Ada di Konten Berkualitas Tag Heading H3 dan H4

Contoh Tag Heading H3 dan H4

Tag heading juga sangat berpengaruh terhadap konten kita di mata google. Tag heading tidak hanya H3 dan H4, tetapi ada juga H1, H2, H5, dan H6. Sebenarnya masing-masing tag heading mempunyai fungsi masing-masing. Namun jika kita ingin membuat konten berkualitas, cukup konten kita berisi 3 buah H3 dan terdapat H4.

Tag heading H3 biasanya digunakan untuk penulisan nama sub-bab judul. Ini menandakan konten kita memiliki pembahasan yang cukup rinci. Sedangkan tag heading H4 biasanya digunakan untuk penulisan sub dari sub-bab judul.

Faktor-Faktor yang Harus Ada di Konten Berkualitas Perbedaan Ukuran Tag Heading

Perbedaan Ukuran Tag Heading H1 hingga H6

Internal Linking

Internal linking adalah link atau tautan yang mengarah kepada konten lain dalam website yang sama, yang isi kontennya masih berkaitan. Fungsi internal linking yaitu untuk memudahkan mesin pencari google dalam menjelajahi, mengindeks seluruh halaman dan melihat struktur web secara keseluruhan

Fungsi lainnya yaitu untuk memudahkan pembaca, terlebih tulisan kita menarik, maka akan berlama-lama di web kita dengan mengklik tautan yang berkaitan tersebut.

Kesimpulan

Konten berkualitas dapat dikatakan wajib bagi sebuah web jika ingin ramai dikunjungi dan diindex baik oleh google. Maka dari itu mulailah berlatih untuk membiasakan membuat konten berkualitas yang memiliki faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Ada juga konten-konten yang dilarang untuk dipublikasikan, seperti konten berisi pornografi, kekerasan, rasis, obat-obatan terlarang dan konten ilegal lainnya.

Intinya, konten yang kita buat haruslah yang bermanfaat, unik, orisinil dan up to date. Dengan begitu maka pengunjung dengan sendirinya akan datang dan google pun akan menilai web kita baik. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para newbie yang baru belajar membuat konten.