Dampak Tidur Setelah Shalat Subuh dan Ashar

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Tidak hanya manusia, binatang pun membutuhkan tidur, walaupun tidak bisa dibuktikan bahwa semua binatang tertidur. Kebanyakan binatang darat tidur dengan mata tertutup. Namun binatang laut, peneliti tidak dapat 100% membuktikan mereka tertidur. Namun untuk paus dan lumba-lumba, mereka tertidur bahkan dengan mengorok.

Sepertiga usia manusia digunakan untuk tidur. Bukan hanya karena faktor kelelahan namun lebih karena faktor kebiasaan dan gaya hidup.

Pengertian Tidur

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tidur adalah keadaan berhenti (istirahat) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata). Namun menurut para ahli, ada beberapa pengertian. Menurut Potter & Perry (2005), tidur merupakan suatu proses fisiologis bersiklus yang bergantian dengan periode keterjagaan yang lebih singkat. Menurut Guyton & Hall (1997), tidur didefinisikan sebagai keadaan bawah sadar seseorang yang masih bisa dibangunkan dengan pemberian rangsangan (rangsang sensorik atau lainnya).

Waktu yang Dilarang untuk Tidur

Walaupun tidur merupakan kebutuhan kita semua, namun ada waktu-waktu yang dilarang untuk tidur, yaitu:

1. Tidur Pagi (Setelah Shalat Subuh)

Kita semua tahu bahwa waktu pagi merupakan waktu penuh keberkahan dan kita diperintahkan untuk mengerjakan hal yang bermanfaat. Namun kenyataannya banyak orang melalaikan waktu mulia ini. Yang seharusnya dipergunakan untuk beribadah, melakukan ketaatan dan bekerja, ternyata hanya dipergunakaan tidur.

Tidur pagi sangat dibenci orang-orang sholih terdahulu. Lihat saja penuturan Ibnul Qayyim saat menjelaskan tentang banyak tidur, yaitu menjadi bermalas-malasan dan lalai. Banyak tidur ada yang dilarang dan ada yang dapat menyebabkan bahaya bagi tubuh.

Dampak Tidur Setelah Shalat Subuh dan Ashar Terganggu Alarm Jam

Tidur Pagi Hari Akibat Begadang Semalam Karena Tidur Sore Hari

Berikut adalah beberapa kerugian dari tidur pagi, yaitu:

1. Tidak sesuai petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah.

2. Bukan termasuk kebiasaan dan akhlak para salafush shalih (generasi terbaik), bahkan perbuatan yang dibenci.

3. Tidak mendapatkan berkah di dalam waktu dan amalannya.

4. Membuat malas dan tidak bersemangat.

Ibnul Qayyim ra. berkata, “Pagi hari itu bagaikan waktu muda dan ketika tuanya ibarat waktu senja.” (Miftah Daris Sa’adah, 2/216). Amalan di waktu muda sangat berpengaruh terhadap amalannya kelak di waktu tua. Jadi jika ada orang di awal pagi sudah bermalas-malasan dengan melakukan tidur, maka di sore hari juga akan bermalas-malasan.

5. Menghambat datangnya rizki.

Ibnul Qayyim ra. berkata, “Empat hal penghambat rizki untuk datang yaitu: 1. tidur pagi, 2. sedikit sholat, 3. khianat dan 4. malas-malasan.”

6. Menyebabkan berbagai penyakit datang. (Zaadul Ma’ad, 4/222)

2. Tidur Setelah Shalat Ashar

Tidur sore hari dapat meningkatkan perubahan yang negatif pada hormon. Bagian tubuh akan menerima beban stress pada proses bangun di sore hari. Ada pula penelitian bahwa mimpi buruk disebabkan oleh tidur sore.

Tidur siang tidak boleh lebih dari 30 menit. Ini berdasarkan peneliti dari Huazhong University of Science and Technology di China. Kadar kolesterol dalam tubuh yang suka tidur siang hingga sore hari lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang hingga sore. Ditemukan pula dari hasil penelitian tersebut bahwa ada penurunan tingkat ingatan seseorang yang sering tidur sore hari.

Para ilmuwan mengatakan untuk mengurangi kemungkinan seseorang terkena diabetes maka tidur sore tidak boleh lebih dari 30 menit atau lebih baik untuk tidak tidur sore. Simpulan dari penelitian tersebut yaitu penyakit diabetes sangat beresiko bagi mereka yang sering tidur di sore hari, terlebih mereka yang kurang berolahraga. Tidak hanya itu, dengan tidur sore, maka seseorang akan sulit tidur di malam hari. Sehingga mengganggu siklus tubuh dan mempengaruhi saat memproduksi insulin.

Kesimpulan

Ada perbedaan pendapat mengenai hukum tidur setelah shalat subuh dan shalat ashar. Ada yang membolehkan ada pula yang melarang. Namun kembali lagi kepada kita. Karena jika dilihat dari dampak yang ditimbulkan dari tidur setelah sholat subuh dan ashar banyak sekali yang negatif. Sehingga alangkah baiknya jika kita menghindari untuk tidur di waktu tersebut.