Inilah Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Tidak Boleh Terlewatkan

Ketika usia kandungan memasuki bulan terakhir, orang tua diharapkan sudah mempersiapkan perlengkapan bayi, terlebih jika itu merupakan kelahiran anak pertama. Jangan sampai ada yang terlewatkan mulai dari keperluan persalinan hingga hal-hal kecil lainnya. Di zaman yang sudah canggih ini, kita sudah dapat melihat gender dari anak kita kelak dengan USG. Ya walaupun sebaiknya pemeriksaan USG bukan untuk melihat jenis kelamin, melainkan untuk memonitor kesehatan si buah hati. Namun jika sudah mengetahuinya, akan sangat mudah bagi kita dalam mempersiapkan perlengkapan bayi yang baru lahir.

Pakaian Bayi

http://www.katalogibu.com/

http://www.katalogibu.com/

Perlengkapan yang paling penting untuk dipersiapkan yaitu pakaian bayi. Carilah pakaian bayi yang nyaman untuk dipakai. Setidaknya orang tua sudah menyiapkan setelan baju tangan lengan panjang dan celana panjang, baju lengan pendek, atasan lengan pangan, pakaian hangat seperti jaket atau cardigan dari wol. Siapkan juga perlengkapan lainnya seperti topi bayi, sarung tangan, kaos kaki, bedong dan gurita bayi, tatak iler dan popok kain agar bisa dicuci ulang.

Peralatan Mandi Bayi

titinritalestari.blogspot.com

titinritalestari.blogspot.com

Perlengkapan yang tidak kalah pentingnya yaitu peralatan mandi. Biasakanlah memandikan si buah hati pada pagi dan sore hari agar tetap bersih dan terhindar dari kuman atau pun biang keringat. Yang harus dipersiapkan yaitu bak mandi, perlak atau alas ganti pakaian, sabun beserta shampo (cari yang tidak pedih di mata), bedak talk, compact powder, tisu basah khusus bayi, handuk yang lembut, gunting kuku, body lotion atau baby oil, krim diaper, minyak telon, topi keramas dan kalau bisa mainan mandi.

Perlengkapan Tidur

hananikaru.wordpress.com

hananikaru.wordpress.com

Bayi yang rewel, salah satu faktornya yaitu tidurnya kurang nyenyak. Maka dari itu, sediakan tempat senyaman mungkin agar sang buah hati dapat tidur dengan lelap. Sediakan peralatan seperti kasur atau baby box, bantal beserta guling, selimut sehalus mungkin, perlak besar dan kecil, alas bayi (kain yang mudah menyerap keringat), bed cover serta kelambu.

Peralatan Makan

tokopedia.com

tokopedia.com

Dalam memilih peralatan makan untuk bayi, perhatikanlah label pada peralatan makan berbahan pelastik. Pilihlah yang berlabel BPA Free. Peralatan makan yang harus disiapkan yaitu botol susu, steam sterilizer, sikat botol, container susu, bottle warmer, dan thermos botol.

Peralatan P3K

tokopedia.com

tokopedia.com

Sudah menjadi keharusan peralatan P3K tersedia di rumah kita. Karena ini merupakan salah satu upaya preventif agar gangguan kesehatan yang menyerang bayi tidak makin parah. Setidaknya di dalam kotak P3K ada thermometer untuk mengukur suhu buah hati, kain kassa, alkohol 70%, sikat lidah untuk bayi, betadine, peniti, kapas steril, dan sedotan ingus.

Perlengkapan Berpergian atau Jalan-jalan

tokomery.blogspot.com

tokomery.blogspot.com

Buat kamu yang merasa jenuh berada terus di dalam rumah, ada baiknya untuk melakukan jalan-jalan bersama sang buah hati. Namun sebelumnya persiapkan terlebih dahulu perlengkapannya. Mulai dari gendongan bayi silang yang cukup nyaman untuk buah hati maupun ibu bayi, baby holder, bottle keper, tas yang cukup untuk membawa pakaian bayi dan jangan lupa lupa membawa topi atau payung untuk melindungi buah hati dari terik matahari pada siang hari.

3 Comments

  1. evrinasp October 12, 2015
  2. Free Stock Photo October 12, 2015
  3. Ririe Khayan October 13, 2015

Add Comment