Ini Dia Contoh Surat Resmi yang Harus Kamu Ketahui

Dalam kegiatan sehari-hari terutama dilembaga atau instansi resmi, pasti tidak asing dengan penggunaan surat resmi untuk berbagai kegiatan perizinan, undangan, ataupun permohonan. Surat resmi ini merupakan salah satu bentuk komunikasi dari satu pihak ke pihak lainnya yang memiliki pertanggungjawaban secara hukum. Banyak sekali contoh surat resmi yang sering kita temui setiap hari.

Seiring dengan perkembangan zaman, penyebaran informasi menjadi lebih mudah. Kita bisa mengundang, memberikan pemberitahuan, atau meminta izin langsung melalui telepon genggam. Namun ada banyak kegiatan formal yang tentunya membutuhkan surat resmi karena akan dirasa kurang sopan serta tidak profesional jika menggunakan pesan singkat melalui ponsel.

Contoh-Contoh Surat Resmi yang Ada Saat Ini

kesambettt.blogspot.com

Contoh surat resmi dari sekolah adalah surat perizinan untuk kegiatan ekstrakurikuler, surat undangan untuk wali murid, surat perizinan untuk kegiatan tertentu yang diadakan sekolah. Surat-surat tersebut digunakan untuk menginformasikan suatu kegiatan oleh pihak sekolah kepada murid dan wali murid. Pemberitahuan yang dikeluarkan ini bersifat formal dan resmi.

Berbagai kegiatan dari satu divisi ke divisi lain pada instansi atau lembaga-lembaga resmi membutuhkan surat pengantar. Pengantar tersebut memiliki identitas dan tujuan yang berbeda sehingga dapat diarsipkan dan ditelusuri ketika suatu saat kamu membutuhkannya. Contoh surat resmi dinas, pengadaan barang, permohonan izin, pemberitahuan, dan surat kegiatan adalah contoh surat resmi.

Ada banyak surat resmi lain yang dikeluarkan oleh lembaga atau instansi untuk melakukan segala kegiatan kerjanya. Pentingnya penggunaan surat resmi sudah menjadi hal yang umum. Oleh karena itu, kita perlu mempelajari apa saja contohnya, cara penulisannya dan juga hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat akan membuat surat resmi.

Ciri Surat Resmi yang Benar

iapky.wordpress.com

Surat resmi memiliki ketentuan-ketentuan khusus yang harus dipatuhi oleh pembuatnya. Ciri-ciri surat resmi yang biasa dikeluarkan oleh berbagai lembaga di antaranya adalah penggunaan bahasa baku untuk penulisannya. Bahasa baku digunakan karena surat ini diperuntukkan untuk urusan formal dan profesional. Akan sangat tidak sopan jika membuat surat resmi dengan bahasa slang.

Ciri lainnya dari surat resmi adalah memiliki kop surat. Kop surat ini bertujuan untuk mengetahui dari lembaga mana surat ini datang atau dikirim. Terdapat tanggal surat serta alamat tujuan. Bagian ini jelas penting, karena tanpa tujuan surat tersebut tidak mungkin sampai pada siapa pun.

Tujuan ini merupakan identitas dari si penerima surat. Contohnya seperti wali murid, kepala perusahaan, kepala divisi, ketua, ataupun dapat pula berupa orang jamak seperti pemberitahuan untuk kelompok tertentu ataupun kepada masyarakat secara luas.

Ciri selanjutnya adalah nomor pengarsipan. Nomor ini penting untuk melacak surat keluar dan surat masuk dari suatu lembaga ataupun perorangan untuk tujuan arsip. Bagian surat resmi lainnya adalah isi surat. Ini jelas adalah hal yang paling penting dari keseluruhan. Berisi pemberitahuan, informasi, ataupun segala hal yang perlu disampaikan kepada penerima surat.

Ciri surat resmi yang terakhir adalah harus diberi tanda tangan dan dibubuhi stempel instansi atau lembaga yang mengirimnya. Dengan adanya tanda tangan dan stempel resmi dari surat lembaga maka surat ini adalah surat yang memang resmi dikeluarkan oleh lembaga tersebut. Tembusan, hanya jika diperlukan saja.

Nah, sekian ulasan mengenai contoh surat resmi dan ciri-cirinya. Jadi kamu tak perlu ragu lagi untuk mengenal dan membuat surat resmi ini. Surat resmi memang butuh dipelajari apalagi ketika kamu bekerja di surat instansi atau lembaga. Semoga informasi tersebut dapat membantu ya!

Leave a Comment